Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita CiamisLongsor Tutup Akses Jalan Kampung Madu Ciamis

Longsor Tutup Akses Jalan Kampung Madu Ciamis

harapanrakyat.com,- Tebing setinggi 8 meter longsor akibat guyuran hujan yang terjadi selama dua hari. Akibatnya jalan menuju Breeding Center serta kampung madu Curug Gumawang di Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tertutup, Kamis (27/10/2022).

Informasi yang didapat harapanrakyat.com, akibat longsor tersebut akses jalan warga pun terputus. Warga pun bergotong royong membuang material longsor agar jalan bisa kembali dilalui.

Baca Juga: Banjir Setinggi 50 Sentimeter Landa Pamokolan Ciamis, Akses Jalan Terganggu

Wanto warga sekitar mengatakan, akibat terjadinya longsor akses jalan keluar masuk warga di Kampung Madu Ciamis sempat terputus.

“Saat kejadian kami telah melakukan koordinasi serta meminta bantuan ke pemerintah setempat, namun sepertinya kurang begitu mendapat respon. Makanya kami sepakat dengan warga untuk bergotong royong secara swadaya. Agar akses keluar masuk warga khususnya warga di kampung madu bisa kembali normal,” katanya, Kamis (27/10/2022).

Menurut Wanto, ada beberapa tebing di sepanjang jalur menuju kampung madu kerap terjadi longsor saat terjadinya curah hujan yang lebat. 

“Karena itu diimbau warga yang sering melintasi jalur yang tebingnya rawan longsor untuk selalu hati-hati, terlebih saat ini curah hujan cukup deras,” tandasnya. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Diskominfo Kota Banjar