Rabu, November 30, 2022
BerandaBerita PangandaranLongsor Tutup Jalan Karangkamiri-Gunungkelir Pangandaran

Longsor Tutup Jalan Karangkamiri-Gunungkelir Pangandaran

harapanrakyat.com,- Longsor tutup akses jalan penghubung Karangkamiri-Gunungkelir, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022).

Kepala Desa Karangkamiri Agus Salim mengatakan, hujan deras sejak Selasa hingga Rabu pagi mengakibatkan tebing setinggi 10 meter longsor dengan panjang longsoran sekitar 20 meter.

Material longsor menutupi badan jalan Karangkamiri-Gunungkelir, tepatnya di Dusun Sidamukti, Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar.

“Longsor terjadi sekitar pukul 21.30 WIB Selasa malam, akibat longsoran itu kendaraan dari kedua arah lumpuh total karena tidak bisa dilewati sama sekali,” katanya.

Baca Juga: Dilanda Banjir, Dua Lokasi objek Wisata di Pangandaran Tutup Sementara

Material longsor tak bisa dibersihkan dengan alat seadanya, karena itu pihaknya mendatangkan alat berat.

“Kita datangkan alat berat milik Pemda Pangandaran, namun karena jarak dari Pangandaran ke lokasi longsor cukup jauh, alat berat baru bisa beroperasi sekitar pukul 13.00 WIB dan alhamdulilah sekitar pukul 16.00 WIB jalan sudah bisa dilalui,” paparnya.

Lebih lanjut Agus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan apalagi hujan kemungkinan akan terus mengguyur wilayah Langkaplancar.

“Hindari daerah rawan longsor dan pohon tumbang, mengingat cuaca akhir-akhir ini cukup ekstrim. Tingkatkan kewaspadaan, utamakan keselamatan jiwa,” katanya.

Agus juga meminta masyarakat memelihara saluran air, jangan sampai air bah masuk ke jalan raya sehingga merusak konstruksi jalan.

“Jangan buang sampah sembarangan agar saluran air tidak tersumbat dan menimbulkan banjir,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online/Editor-Ndu)