Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Dihindari

Makanan penyebab asam lambung naik perlu diwaspadai oleh para penderitanya. Asam lambung naik tidak hanya dari makanan pantangan yang kerap menjadi penyebabnya. Namun ada banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung.

Jika Anda salah satu penderita asam lambung cari tahu jenis makanan apa saja yang wajib Anda hindari. Berikut ini kami sampaikan penjelasan tentang beberapa jenis makanan tersebut.

Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Sakit maag sering sekali dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sakit maag atau asam lambung menjadi penyakit pencernaan yang muncul akibat beberapa faktor.

Baca Juga: Makanan Pencegah Asam Lambung Aman dan Sehat Dikonsumsi, Cek!

Salah satu penyebab asam lambung naik yaitu dari makanan. Ada baiknya bagi penderita mengurangi atau bahkan menghindari jenis makanan pemicu naiknya asam lambung.

Jika sampai salah konsumsi makanan justru berakibat fatal. Saat asam lambung naik sakit maag pun akan kambuh. Kondisi asam lambung kronis biasanya memiliki gejala, pusing, mual, tenggorokan terasa tercekik dan rasa terbakar di bagian dada.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita maag atau asam lambung. Dengan menghindarinya, risiko asam lambung naik dapat berkurang bahkan sakit maag tidak mudah kambuh.

Makanan Pedas dan Berlemak Sebabkan Asam Lambung Naik

Bagi penderita yang menghindari dan memilih mengonsumsi makanan aman bagi lambung merupakan keputusan bijak. Jenis yang tidak baik untuk penderita adalah makanan pedas dan belemak.

Hal ini karena keduanya mampu meningkatkan rasa terbakar pada bagian perut. Jika Anda memiliki riwayat sakit pencernaan ada baiknya untuk menghindarinya.

Gejala GERD atau asam lambung dapat meningkat jika Anda mengonsumsi lada atau cabai secara berlebih. Makanan dengan kandungan lemak tinggi dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Baca Juga: Pantangan Makanan Asam Lambung yang Harus Dihindari

Makanan dengan kandungan lemak akan mencegah sfingter esofagus di bagian bawah menutup. Sehingga akan menciptakan celah, asam lambung dapat mengalir ke atas.

Makanan berlemak juga akan sulit dicerna dan memperlambat pengosongan perut. Adapun beberapa makanan pantangan yang mengandung lemak diantaranya gorengan, daging merah, makanan bersantan, keju dan jenis makanan lainnya.

Minuman Beralkohol dan Bersoda

Selain makanan, penyebab asam lambung naik bisa datang dari jenis minuman beralkohol atau bersoda. Kedua jenis minuman yang mengandung alkohol atau soda faktanya justru akan mengakibatkan asam lambung naik.

Selain itu, sistem pencernaan juga akan terganggu. Minuman beralkohol akan mengikis atau melukai lapisan perut pada beberapa kondisi. Jika mengonsumsinya secara terus-menerus maka asam lambung akan melukai perut yang terkikis dalam beberapa waktu.

Baca Juga: Cara Meringankan Asam Lambung Naik Berdasarkan Penyebabnya

Minuman bersoda atau dengan kandungan karbonat memang terasa segar ketika meminumnya saat cuaca panas. Karena sensasi gelembung yang dihasilkan juga menghasilkan rasa segar.

Namun kenyataanya gelembung pada minuman soda tersebut adalah karbondioksida yang berubah menjadi asam karbonat. Efeknya sama dengan makanan penyebab asam lambung naik.

Tidak hanya itu saja, soda juga memiliki pH yang rendah. Sehingga masuk ke dalam minuman berkadar asam tinggi.

Hindari Makanan Berminyak

Jenis makanan pemicu asam lambung naik juga bisa datang dari sajian berminyak atau gorengan. Masyarakat Indonesia sebagian besar mengolah menu makanannya dengan cara penggorengan minyak.

Makanan yang pengolahannya dengan penggorengan minyak memang memiliki rasa lezat dan membuat ketagihan. Namun untuk penderita asam lambung ada baiknya tidak mengonsumsi gorengan secara berlebihan.

Jika penderita mengonsumsi makanan gorengan dalam jumlah berlebih, maka potensi menyebabkan asam lambung naik cepat sekali. Beberapa jenis makanan olahan dengan digoreng biasanya mengandung banyak lemak trans.

Sehingga memiliki kandungan lemak tinggi yang mengakibatkan melemahnya otot pada katup kerongkongan. Asam lambung akan naik dan menjalar ke beberapa area termasuk ulu hati, dada, sampai ke kerongkongan.

Baca Juga: Makanan untuk Mencegah Asam Lambung yang Efektif, Ini Pilihannya

Masih banyak jenis makanan yang perlu penderita asam lambung hindari. Mulai dari cokelat, kopi, buah citrus, tomat, dan makanan siap saji.

Asam lambung termasuk dalam salah satu masalah pada sistem pencernaan yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami masalah pada sistem tersebut pasti akan kesulitan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain minuman dan makanan pantangan, terdapat faktor lain yang dapat memicu asam lambung naik, mulai dari pikiran stres hingga merokok. Untuk itu, penderita sebaiknya menghindari makanan dan faktor lainnya yang menjadi penyebab asam lambung naik. Hal itu bertujuan agar kondisi tidak semakin parah dan akut. (R10/HR-Online)