Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Liver, Anda Wajib Tahu!

Makanan Penyebab Liver, Anda Wajib Tahu!

Makanan penyebab liver perlu diwaspadai. Jangan sampai Anda konsumsi makanan yang ternyata jadi penyebab liver sehingga menurunkan kesehatan. Pada dasarnya, makanan pantangan bagi penderita liver sangat beragam.

Baca Juga: Makanan Pantangan Diabetes dan Kolesterol, Temukan Alternatifnya

Deretan Makanan Penyebab Liver

Di bawah ini adalah berbagai makanan pemicu penyakit liver yang penting untuk Anda ketahui. Pastikan Anda membatasi bahkan menghindari makanan tersebut demi menjaga kesehatan hati. Anda perlu memperhatikannya secara seksama.

Makanan Kalengan

Salah satu makanan yang perlu untuk Anda batasi yaitu makanan dalam kemasan kaleng. Sebagaimana yang kita tahu bahwa makanan yang dikemas dengan kaleng memiliki kandungan pengawet tinggi.

Apabila Anda mengonsumsinya terlalu sering atau dengan porsi banyak, maka semakin banyak pula pengawet yang tertelan.

Melihat fakta tersebut, lebih baik Anda membatasi konsumsi makanan dalam kemasan kaleng.

Bahkan apabila bisa, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan penyebab liver ini sama sekali. Dengan begitu, kesehatan hati bisa terjaga secara baik.

Makanan Laut

Jenis makanan lainnya yang juga bisa menyebabkan penyakit hati yaitu makanan laut. Mengapa demikian? Hal ini karena makanan laut mempunyai kadar merkuri cukup tinggi.

Merkuri ini dari limbah yang bersarang di laut. Apabila mengonsumsi makanan laut dengan jumlah besar, bisa membuat pembuluh darah yang menuju ke liver mengalami penyumbatan.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kita dilarang untuk membuang sampah di laut.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penyakit Hipertensi, Ini Daftarnya!

Kentang Goreng

Penyakit hati juga bisa muncul dari konsumsi kentang goreng. Bukan suatu hal yang aneh, sebab di dalam kentang goreng terdapat kandungan kolesterol jahat.

Dengan alasan tersebut, tentu Anda harus membatasi konsumsi makanan penyebab penyakit liver ini.

Kentang goreng memang menjadi salah satu cemilan yang lezat. Namun apabila Anda peduli dengan kesehatan hati, lebih baik tak mengonsumsinya terlalu sering. Alangkah baiknya apabila Anda memilih cemilan sehat seperti buah-buahan.

Makanan dengan Garam Tinggi

Makanan lainnya yang baiknya Anda hindari yaitu makanan dengan kandungan garam tinggi. Sudah bukan rahasia lagi jika makanan dengan kandungan gaya yang tinggi bisa memicu tekanan darah tinggi. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan hati.

Dalam sehari, Anda sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi tak lebih dari 2300 mg.

Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan kadar garam yang digunakan saat memasak. Jangan terlalu banyak ataupun terlalu sering mengonsumsi makanan penyebab liver ini.

Minuman Alkohol

Alkohol memang tak baik bagi kesehatan. Adapun salah satunya alasannya yaitu bisa memicu penyakit hati. Perlu untuk Anda tahu bahwa alkohol bisa terserap ke darah secara cepat.

Dalam hal ini, usus dan mukosa lambung mengemban peran penyerapan tersebut. Sebelum tersalur ke jantung, darah akan melewati hati. Tak heran apabila kesehatan hati bisa terganggu.

Minuman Bersoda

Pastikan juga Anda hindari atau batasi minum minuman bersoda. Di dalam minuman bersoda terdapat 55% fruktosa.

Dengan kandungan tersebut, kerusakan hati bisa lebih rentan terjadi jika mengonsumsinya terlalu sering.

Baca Juga: Makanan Penyebab Radang Empedu yang Perlu Dihindari, Catat!

Akibat Penyakit Liver

Dengan tujuan untuk menjaga kesehatan hati, sudah seharusnya Anda memperhatikan dan menghindari berbagai pantangan makanan penyebab liver di atas.

Semakin penting karena tak sedikit penderita penyakit liver mengalami komplikasi. Mulai dari kanker hati, merusak organ hati, memicu sirosis hati, dan masih banyak lagi.

Supaya bisa terhindar dari berbagai hal tersebut, pastikan konsumsi makanan sehat. Selain buah-buahan, konsumsi pula ikan salmon. Hal ini karena ikan salmon kaya akan kandungan omega-3.

Apabila Anda kurang suka dengan ikan salmon, bisa konsumsi alternatif makanan yang juga mengandung omega-3, misalnya saja tuna dan ikan kembung.

Namun pastikan jangan beli di sembarang tempat karena takutnya mengandung merkuri. Langkah ini bisa langsung Anda lakukan ketika mengalami gejala-gejalanya.

Saat sakit liver, pada umumnya penderita akan kehilangan nafsu makan, mual, muntah, kelelahan, hingga perubahan warna urin yang menghitam.

Begitupun dengan warna kotoran atau feses. Semakin jelas apabila kulit dan mata jadi berwarna kuning.

Untuk menjaga kesehatan hati, pastikan Anda cermati berbagai makanan penyebab liver. Imbangi pula dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lain halnya jika Anda sudah mengalami gejalanya, sebaiknya juga periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. (R10/HR-Online)