Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Obesitas yang Perlu Anda Hindari

Makanan Penyebab Obesitas yang Perlu Anda Hindari

Makanan penyebab obesitas sebaiknya dihindari sejak awal. Apalagi obesitas dapat dipengaruhi dari berbagai hal termasuk makanan penyebabnya.

Obesitas menjadi hal yang sering membuat penderitanya bisa berisiko mengidap berbagai penyakit. Kondisi ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, namun tidak memandang usia.

Obesitas bisa terjadi pada remaja bahkan anak-anak. Untuk dapat menghindarinya, Anda perlu tahu jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Berbagai jenis makanan yang bisa mengakibatkan Anda mengalami obesitas dan tidak baik untuk dikonsumsi juga perlu diketahui.

Baca Juga: Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan Mulai dari Gen Hingga Obesitas

Jenis Makanan Penyebab Obesitas

Memiliki berat badan berlebih atau biasa disebut dengan obesitas ternyata penting untuk diperhatikan. Kondisi ini membuat tubuh kelebihan lemak yang menimbulkan risiko lebih mudah terserang penyakit serius.

Misalnya jantung, stroke, kanker dan diabetes. Terjadinya obesitas banyak yang mempengaruhi seperti akibat pola hidup yang tidak sehat. Apalagi saat ini sudah banyak makanan yang mengandung kalori dan lemak.

Padahal makanan jenis tersebut tidak baik untuk kesehatan dan menimbulkan terjadinya penumpukan lemak. Bagi Anda yang makan dengan porsi besar membuat risiko obesitas akan cepat terjadi. Asupan kalori yang terus menerus akan mengakibatkan berat badan mengalami kenaikan.

Untuk bisa memiliki berat badan ideal ada baiknya jika Anda mengontrol porsi makan untuk memperoleh berat badan ideal. Kontrol porsi makan dan membatasi asupan beberapa jenis makanan pemicu obesitas.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan pemicu meningkatkan berat badan secara cepat. Saat Anda mengetahui hal itu, maka Anda mampu menghindarinya agar berat badan tetap ideal. Risiko terserang penyakit pun dapat teratasi sejak dini. Adapun beberapa jenis makanan tersebut antara lain:

Baca Juga: Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan Mulai dari Gen Hingga Obesitas

Makanan Cepat Saji

Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih cara praktis konsumsi makanan siap saji. Padahal jenis makanan yang satu ini justru mengandung lemak jenuh dan trans cukup tinggi.

Selain lemak jahat makanan siap saji juga mengandung kalori, gula pada setiap menu yang mereka tawarkan. Dengan konsumsi makanan tersebut berat badan bisa mengalami kenaikan cukup besar.

Makanan ini juga dengan mudah Anda temukan baik di warung, supermarket atau toko-toko lainnya. Hindari makanan siap saji untuk menghindari perut buncit. Makanan olahan seperti kornet, sosis dan makan beku adalah beberapa wajib untuk dihindari.

Apalagi makanan tersebut tidak hanya mengandung lemak jahat dan kalori. Namun ada juga kandungan garam pemicu obesitas. Ada baiknya untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jahat, kalori dan garam.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak atau melalui proses penggorengan juga menjadi penyebab obesitas. Konsumsi gorengan memang cukup mudah diterima lidah orang Indonesia.

Banyak jenis gorengan yang kini tersedia di warung-warung makan. Selain harganya yang ekonomis gorengan juga memiliki rasa enak. Salah satu yang cukup populer dan favorit yaitu kentang goreng.

Makanan ini cukup praktis dan membuat orang ketagihan untuk bisa segera memakannya. Meski rasanya yang lezat, akan tetapi mampu memicu berat badan naik jika mengonsumsinya secara terus menerus.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng juga meningkatkan kolesterol dengan cepat. Risiko terserang penyakit seperti jantung pun jauh lebih tinggi. Tidak hanya dari bahan makanan goreng itu saja, namun minyak goreng itu sendiri sudah mengandung lemak trans dan jenuh.

Lemak yang terkandung dalam minyak tersebut mengakibatkan kenaikan berat badan. Meski rasanya enak ada baiknya jika Anda konsumsi makanan mengandung minyak ini tidak terlalu sering.

Apalagi biasanya minyak untuk menggoreng tidak hanya Anda gunakan 1 atau 2 kali penggorengan. Karena alasan inilah ada baiknya untuk mengurangi makanan jenis gorengan agar terhindar dari obesitas.

Baca Juga: Bahaya Makan Gorengan, Waspadai Bahaya yang Mengintai!

Daging Merah

Selain makanan siap saji dan gorengan ada banyak jenis lainnya yang perlu Anda hindari. Makanan penyebab obesitas juga datang dari daging merah.

Seperti halnya gula, daging merah mampu meningkatkan risiko berat badan berlebih. Hal ini bukan tanpa alasan, namun ada penelitian dari para ilmuwan University of Adelaide jika karbohidrat dan lemak akan memberikan energi yang cukup pada tubuh.

Bahkan lebih mudah dicerna daripada protein. Energi yang tersimpan dalam daging merah baru akan berfungsi setelah proses tersebut. Sehingga akan tersimpan menjadi lemak dalam tubuh.

Mengetahui berbagai makanan penyebab obesitas mampu mengurangi risiko berat badan berlebih. Bahkan juga membantu Anda terhindar dari risiko terserang penyakit berat. (R10/HR-Online)