Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Sakit Ginjal Ini Perlu Anda Batasi Konsumsinya!

Makanan Penyebab Sakit Ginjal Ini Perlu Anda Batasi Konsumsinya!

Makanan penyebab sakit ginjal sangatlah bervariasi dan sering kita konsumsi. Agar tidak menjadi penyebab penyakit ginjal, kita harus membatasi jumlah konsumsi jenis makanan tersebut. Dengan memperhatikan beberapa makanan pantangan, Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan, termasuk ginjal.

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam tubuh seseorang. Sebab, racun yang terdapat dalam tubuh kita bisa tersaring oleh ginjal ini. Jika ginjal bermasalah, maka akan banyak penyakit yang muncul dalam tubuh kita.

Karena fungsinya sangat vital, maka wajib bagi seseorang untuk menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya dengan menghindari berbagai macam hal yang bisa membuat fungsi ginjal rusak, salah satunya makanan.

Baca Juga: Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini Ternyata Favorit Banyak Orang

Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai

Agar ginjal kita sehat, maka kita harus menerapkan pola hidup yang sehat. Baik itu kebiasaan maupun jenis makanan yang kita konsumsi.

Nah, supaya Anda bisa terhindar dari penyakit ginjal, maka Anda harus waspada terhadap makanan penyebab sakit ginjal berikut ini!

Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Apabila Anda sering mengkonsumsi makanan yang kandungan garamnya tinggi, maka tekanan darah bisa cepat meningkat. Jika Anda memiliki kebiasaan makan makanan dengan tinggi garam, maka hal ini bisa membahayakan ginjal.

Mengonsumsi garam memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi penggunaan yang berlebih mampu membuat kesehatan ginjal menjadi menurun.

Bahkan bila perlu, sebaiknya Anda bisa mengurangi asupan garam dengan bertahap. Untuk memperkaya rasa, Anda bisa memadukan dengan bumbu lainnya seperti rempah-rempah.

Kebiasaan makan makanan dengan kadar garam yang tidak terlalu tinggi bisa membuat kondisi ginjal Anda menjadi semakin kuat.

Makanan Tinggi Gula

Selain makanan dengan kandungan garam yang tinggi, makanan tinggi gula juga bisa menjadi makanan penyebab sakit ginjal.

Sebab, gula bisa memicu pada masalah obesitas. Nah, obesitas ini menjadi masalah yang bisa meningkatkan risiko seperti tekanan darah tinggi hingga diabetes.

Sedangkan, penyakit darah tinggi dan diabetes ini merupakan penyebab utama dari gagal ginjal. Maka dari itu, Anda perlu mengenali jenis makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi.

Mulai dari cake, aneka kue kering, dessert box, hingga makanan instan yang memiliki rasa manis yang kuat. Contohnya seperti roti, sereal, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Makanan Penyebab Darah Tinggi dan Penurunnya yang Efektif

Daging

Protein merupakan salah satu zat dalam makanan yang sangat baik manfaatnya untuk tubuh. Bahkan sangat dibutuhkan oleh setiap orang agar fungsi tubuh bisa maksimal.

Salah satu makanan tinggi protein yaitu daging. Meski tinggi protein, konsumsi makanan seperti daging ini tetap perlu Anda batasi. Sebab jika berlebihan tidak akan baik untuk ginjal Anda.

Kandungan protein yang terdapat pada daging akan menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah. Hal seperti inilah yang sangat berbahaya bagi ginjal.

Kandungan asam dalam darah yang tinggi juga bisa mengakibatkan gangguan ginjal. Sebab ginjal akan merasa kesulitan dalam menghilangkan asam tersebut.

Walaupun protein dalam daging sangat penting untuk tubuh, namun semua itu ada batasannya. Jangan berlebihan mengonsumsi daging.

Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang sehat.

Beras Merah

Beras merah menjadi makanan penyebab sakit ginjal. Mengapa demikian? Sebab, dalam beras merah terdapat kandungan potasium dan fosfor yang lebih tinggi daripada nasi putih. Padahal zat potasium dan fosfor bisa memicu penyakit ginjal.

Maka dari itu, batasi dalam konsumsi beras merah. Biasanya orang yang sedang diet akan mengonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Nah, dalam hal ini sebaiknya Anda membatasi dan mengimbanginya dengan makanan sehat yang lain.

Baca Juga: Makanan Penyebab Liver, Anda Wajib Tahu!

Minuman Bersoda

Minuman manis bersoda merupakan minuman yang memiliki kadar kalori yang tinggi. Parahnya, minuman ini juga tidak mengandung nilai gizi dan mengandung zat aditif fosfor.

Nah, zat yang terdapat pada minuman bersoda ini mampu menimbulkan kerusakan pada ginjal. Apabila Anda hobi minum minuman bersoda, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Anda bisa menggantinya dengan minum air putih hangat yang banyak setiap harinya.

Selain membatasi makanan penyebab sakit ginjal di atas, pastikan juga Anda menerapkan pola hidup sehat agar ginjal Anda tetap sehat.  Jangan lupa olahraga agar tubuh Anda tetap bugar dan sehat. (R10/HR-Online)