Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan cukup beragam. Akar alang-alang menjadi salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan yang dianggap parasit ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain kaya manfaat, alang-alang juga menjadi tumbuhan yang cukup mudah tumbuh dan ditemukan. Jika Anda masih belum memiliki wawasan luas tentang tumbuhan ini, yuk simak penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Johar yang Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan Tubuh

Sebagian besar orang menganggap jika alang-alang adalah tumbuhan parasit yang sering ditemukan pada padang rumput. Alang-alang memiliki nama ilmiah Imperata Cylindrica L dan masuk dalam tumbuhan Gramineae atau Poaceae.

Banyak yang menganggap tumbuhan ini sebagai tanaman liar pengganggu tanaman lain. Meski demikian, namun tanaman liar yang satu ini ternyata kaya manfaat. Bahkan membantu menyehatkan tubuh baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Ada beberapa khasiat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat dan cara pengolahan akar alang-alang sebagai obat herbal.

Baca Juga: Manfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan, Efektif Mengobati Typus

Akar Alang-Alang untuk Ginjal

Sebenarnya ada banyak khasiat serta manfaat yang bisa Anda dapatkan dari akar alang-alang. Salah satunya untuk mengatasi radang ginjal yang sebagian besar orang sering derita.

Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak dapat melakukan fungsinya dengan tepat. Sehingga ginjal tidak dapat menyaring serta membuang limbah racun dalam tubuh.

Rusaknya organ ginjal menyebabkan penderitanya sulit buang air kecil. Meski demikian, namun ada banyak cara yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan termasuk akar alang-alang.

Cara untuk mengobati radang ginjal cukup sederhana menggunakan akar alang-alang. Cara untuk mengolahnya cukup sederhana.

  1. Siapkan akar alang-alang yang telah Anda keringkan
  2. Jika sudah Anda bisa menumbuknya hingga halus
  3. Rebus 1 sendok bubuk akar alang-alang dengan 3 gelas air

Biarkan air rebusan mendidih hingga air menyusut menjadi 1,5 gelas. Minum air rebusan akar alang-alang secara rutin 3x sehari.

Dengan mengonsumsinya secara rutin kemungkinan besar radang ginjal dapat terobati.

Manfaat Akar Alang-Alang untuk Pria

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa khasiat akar alang-alang cukup banyak. Ternyata tumbuhan liar ini juga bisa bermanfaat untuk kaum pria.

Kandungan yang ada dalam akar alang-alang berfungsi untuk pengobatan dan menjaga tubuh.

Kandungan enzim arginine dalam akar alang-alang mampu mendongkrak aliran darah ke daerah vital. Sehingga dengan konsumsi akar alang-alang mampu meningkatkan vitalitas pria. Adapun ramuan yang bisa Anda buat untuk pengobatan ini yaitu:

  • 2 butir telur ayam kampung
  • 35 gram daun kaki kuda
  • 25 gram sembung legi
  • 20 gram biji pronojiwo
  • 10 gram akar valeria
  • 10 gram alang-alang

Setelah semua bahan ramuan tersedia, Anda bisa segera merebusnya. Rebus semua bahan dengan 4 cangkir air hingga tinggal sisa setengahnya.

Minum air rebusan 2x sebanyak 1 cangkir. Setiap minum satu cangkir Anda bisa tambahkan satu butir kuning telur ayam kampung.

Baca Juga: Manfaat Akar Pinang yang Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiatnya!

Efek Samping Konsumsi Akar Alang-Alang

Selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, akar alang-alang ternyata juga memiliki efek samping. Akar alang-alang bisa berbentuk suplemen, ramuan, dan yang lainnya.

Sebenarnya efek negatif tumbuhan ini akibat ekstrak yang diminum dalam jumlah berlebihan.

Sehingga dosisnya tidak sesuai aturan yaitu terjadinya defisiensi thiamin akibat kandungan enzim thiaminase. Kondisi ini akan memecah vitamin B1 dalam tubuh. Kemudian membuangnya dalam jumlah besar.

Selain adanya efek samping konsumsi akar alang-alang juga memiliki kontra indikasi. Sehingga untuk mengonsumsinya ada baiknya tidak Anda berikan pada mereka dengan kriteria berikut ini:

  • Ibu hamil dan menyusui. Sebab belum ada penelitian yang mengatakan jika konsumsi akar alang-alang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Daripada menimbulkan risiko, ada baiknya untuk menghindari untuk mengonsumsinya.
  • Pasien defisiensi themine karena dapat memecah penyakit lebih cepat.
  • Penderita diabetes. Meski mampu mengurangi kadar gula darah, namun jika konsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kadar gula ke tingkat berbahaya.
  • Orang yang memiliki kecanduan terhadap alkohol. Tumbuhan ini dapat mengurangi vitamin B1 sehingga tidak akan mampu menangkal efek buruk alkohol.
  • Penderita hipokalemia. Akar alang-alang sebagai zat diuretik yang berisiko seseorang kehilangan kalium melalui urine.

Seperti penjelasan sebelumnya jika manfaat akar alang-alang cukup beragam. Namun untuk mengonsumsinya harus tepat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi efek samping. (R10/HR-Online)