Kamis, Desember 8, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Sembukan untuk Kesehatan Tubuh, Anda Wajib Tahu

Manfaat Daun Sembukan untuk Kesehatan Tubuh, Anda Wajib Tahu

Manfaat daun sembukan untuk kesehatan mampu mengatasi berbagai penyakit. Sayangnya tumbuhan yang sering disebut dengan daun kentut ini masih banyak yang belum tahu. Padahal daun sembukan menjadi salah satu obat herbal yang kaya manfaat.

Biasanya banyak yang menggunakannya sebagai obat herbal, khususnya untuk bayi. Lantas apa saja yang bisa kita manfaatkan dari daun yang satu ini? Mari kita simak penjelasan tentang daun sembukan secara lengkap.

Baca Juga: Manfaat Daun Pandan Wangi Sebagai Obat dengan Cara Direbus

Ketahui Manfaat Daun Sembukan untuk Kesehatan Tubuh

Masih banyak masyarakat yang kurang paham dengan daun sembukan. Memang daun jenis yang satu ini masih jarang yang mengetahuinya, sehingga manfaatnya pun tidak dapat terlihat jelas.

Padahal siapa sangka jika daun sembukan bagi kesehatan tubuh memiliki peran cukup besar.

Salah satunya mampu meredakan saluran pernafasan. Sembukan memiliki nama ilmiah Paederiae Foetida Folium atau banyak yang mengenalnya dengan sebutan daun kentut.

Tumbuhan herbal yang satu ini masuk jenis tanaman rambat yang biasa hidup di semak.

Memiliki aroma yang kurang enak saat meremas daunnya. Daun tunggal, bertangkai, tersebar dengan helai daun berhadapan, serta memiliki bentuk bulat memanjang.

Meski baunya yang kurang enak, namun dari daunnya inilah kita dapat memperoleh manfaatnya. Baunya yang busuk dan rasanya yang pahit membuat tumbuhan ini mengandung zat kimia penting untuk tubuh.

Kelebihan dari daun sembukan yaitu sebagai antibiotik, anti radang, detoksifikasi, peluruh dahak, dan masih banyak yang lainnya.

Secara tradisional sembukan sebagai obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Berikut ini ada beberapa khasiat yang bisa Anda peroleh dari daun sembukan, antara lain:

Baca Juga: Manfaat Daun Salam, Sembuhkan Penyakit Ringan hingga Kronis

Mengatasi Perut Kembung

Sebenarnya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat daun sembukan. Padahal dari baunya yang tidak enak mampu memberikan manfaat begitu besar. Salah satunya mampu mengatasi perut kembung.

Sebenarnya ada banyak masalah yang bisa dialami pada sistem pencernaan. Perut kembung menjadi salah satu masalah yang sering terjadi dan membuat perut seseorang terasa kurang nyaman.

Saat mengalami kembung perut akan terasa penuh, buncit, kencang, akibat banyak gas yang ada dalam perut. Kondisi ini mengakibatkan seseorang mudah sendawa, kentut, dan terlihat perutnya yang membesar.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan perut kembung dan menyimpan banyak udara dalam perut. Biasanya akibat mengunyah makanan terlalu cepat atau konsumsi minuman bersoda.

Jika Anda pernah mengalami perut kembung, ada baiknya mengatasinya dengan obat herbal yang satu ini. Manfaatkan daun kentut dengan cara sederhana.

Anda bisa menggunakan batang sembukan dan melilitkannya ke bagian perut. Jika tidak dimanfaatkan daunnya dengan menggunakannya sebagai lalapan. Silahkan mencobanya untuk dapat mengatasi perut kembung.

Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat daun sembukan selanjutnya yaitu tinggi antioksidan di dalamnya. Makanan yang memiliki kandungan antioksidan mampu memberikan berbagai khasiat untuk tubuh.

Misalnya mampu melindungi dari berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas. Selain itu, mampu mencegah timbulnya penuaan dini yang diperoleh dari vitamin C yang ada di dalamnya. Selain antioksidan, masih banyak kandungan zat dalam sembukan.

Mulai dari kandungan kimia paederosida, glikosida iridoid, paederolon, paederin, paederenin, alkaloid, sitosterol, stigmasterol, karbohidrat, asam amino, protein, dan minyak.

Anda dapat memanfaatkan tumbuhan herbal dengan segudang kandungan di dalamnya tersebut.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambang Darah, Mampu untuk Menyembuhkan Luka!

Mengobati Gangguan Kulit

Sering kali terdengar jika seseorang terserang penyakit kulit. Ada banyak jenis penyakit kulit yang umumnya terjadi. Namun herpes adalah salah satu penyakit kulit yang cukup berbahaya.

Anda bisa merasakan manfaat daun sembukan untuk mengatasi herpes. Herpes adalah jenis penyakit yang memiliki tanda munculnya lepuhan yang berwarna kemerahan dan berisi cairan di kulit.

Penyakit herpes tergolong cukup berbahaya, bahkan mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Semua orang memiliki risiko terserang penyakit yang satu ini, baik itu anak-anak atau dewasa.

Untuk dapat melakukan pencegahannya, ada baiknya ketahui sedari awal. Salah satu mengatasinya yaitu dengan daun sembukan. Beberapa kandungan penting di dalam daun sembukan membantu mengatasi herpes.

Daun yang mengandung alkaloid, etanol, dan paederin ini berperan penting untuk menyembuhkan penyakit kulit. Caranya cukup sederhana, yaitu menumbuknya sampai halus dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena herpes.

Manfaat daun sembukan masih banyak, jika Anda ingin mencoba obat herbal yang satu ini tidak ada salahnya. Manfaatkan obat herbal untuk mengatasi penyakit ringan maupun berat sekalipun. (R10/HR-Online)