Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Sembung Nyawa, Ternyata Bisa Obati Kanker

Manfaat Daun Sembung Nyawa, Ternyata Bisa Obati Kanker

Manfaat daun sembung nyawa sangat beragam. Daun sembung nyawa ini sudah terkenal memiliki manfaat sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Dari penyakit biasa hingga parah dapat tanaman herbal ini sembuhkan.

Tanaman ini juga tidak asing lagi di sebagian besar masyarakat Indonesia. Sudah sejak dulu sembung nyawa terkenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit.

Daun sembung nyawa tersedia di berbagai daerah mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, hingga Bali. Cara menanamnya yang mudah membuat banyak orang memelihara tanaman herbal penuh khasiat satu ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Sendok dan Cara Mengonsumsinya untuk Obat!

Ketahui Manfaat Daun Sembung Nyawa untuk Kesehatan

Sembung nyawa adalah salah satu dari jenis tanaman Indonesia yang berguna untuk pengobatan. Daun ini sudah sejak lama dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya daun sembung nyawa ini adalah tanaman liar yang dapat hidup di mana saja.

Namun setelah manfaatnya terdeteksi, daun sembung nyawa mulai banyak orang tanam di pekarangan rumah. Adapun pengolahan daun sembung nyawa untuk obat sangatlah beragam.

Seperti Apa Daun Sembung Nyawa?

Daun sembung nyawa memiliki tampilan yang mirip dengan daun lainnya, yaitu berwarna hijau dan berbentuk lonjong. Namun, daun sembung nyawa memiliki bulu-bulu halus.

Nama latin dari tanaman ini adalah gynura pocumbens. Selain di Indonesia, daun sembung nyawa juga tumbuh di China, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Orang-orang China menyebutnya sebagai daun dewa. Di dalam daun ini terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan seperti saponin, steroid, triterpenoid, tanin, polifenol, quercetin, dan lainnya.

Ada juga kandungan mineral seperti kalium dan natrium yang memberikan efek baik untuk kesehatan. Sehingga, manfaat daun sembung nyawa sangat baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Sembukan untuk Kesehatan Tubuh, Anda Wajib Tahu

Apa Manfaat dari Daun Sembung Nyawa

Berdasarkan berbagai penelitian, berikut manfaat dari daun ini:

1. Mencegah Kanker atau Tumor

Kandungan senyawa antioksidan di dalam sembung nyawa dapat menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu kanker dan tumor. Daun ini juga bisa menyembuhkannya.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Di dalam daun sembung nyawa terdapat antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah. Efek diuretiknya juga bisa membantu mengeluarkan natrium dalam tubuh yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Gangguan pencernaan menjadi penyakit paling umum saat ini. Manfaat daun sembung nyawa selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

Daun ini membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan baik untuk mengobati radang lambung atau maag

4. Membantu Mengobati Sakit Ginjal

Selanjutnya daun sembung nyawa juga bisa untuk membantu mengobati sakit ginjal. Anda hanya perlu mengonsumsinya dengan rutin, maka kondisi ginjal akan membaik.

5. Mengatasi Wasir atau Ambeien

Wasir dan ambeien adalah salah satu penyakit yang sulit untuk sembuh. Ketika kambuh, para penderita penyakit ini akan sangat terganggu.

Jika Anda salah satu penderita dari wasir atau ambeien, maka bisa mencoba mengonsumsi daun sembung nyawa. Sebab, kandungan di dalam daun sembung nyawa dapat mengobati gejala wasir yang mengganggu.

Baca Juga: Manfaat Daun Pandan Wangi Sebagai Obat dengan Cara Direbus

Apakah Daun Sembung Nyawa Ada Efek Sampingnya?

Pada dasarnya untuk mendapatkan manfaat daun sembung nyawa, maka Anda harus mengonsumsinya. Namun yang menjadi pertanyaan saat ini adalah efek sampingnya pada tubuh.

Adapun mengonsumsi daun sembung nyawa tidaklah sulit. Karena pada dasarnya, pengolahan daun sembung nyawa akan tergantung dengan penyakit apa yang Anda derita.

Apabila Anda mengonsumsi daun sembung nyawa untuk mengobati penyakit maag, ginjal, kanker, ambeien, dan darah tinggi, artinya Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau direbus.

Sebenarnya daun sembung nyawa akan aman jika Anda mengonsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan. Anjuran mengonsumsi daun sembung nyawa adalah dua kali sehari dengan jumlah tiga lembar saja.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan apa efek samping dari daun sembung nyawa. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mengalami gejala alergi.

Jika terjadi masalah alergi, maka sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Selain penyakit dalam, manfaat daun sembung nyawa juga bisa Anda gunakan untuk menjadi antiseptik luka terbuka di kulit. Daun sembung nyawa akan sangat bagus untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat. (R10/HR-Online)