Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Getah Pepaya Muda yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Getah Pepaya Muda yang Belum Banyak Diketahui

Getah pepaya muda ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Pepaya muda tidak hanya untuk sayuran saja, namun getahnya juga kaya manfaat. Tidak banyak masyarakat yang tahu jika getah pepaya memiliki peran penting sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia ini memiliki beragam manfaat. Tidak hanya pada buah, biji dan daunnya saja, kini Anda bisa memanfaatkan bagian getahnya.

Manfaat Getah Pepaya Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mungkin sebagian besar orang sering menjumpai pepaya sebagai buah yang sering dijual di toko buah. Pepaya adalah buah yang kaya manfaat dan kandungannya yang beragam.

Baca Juga: Manfaat Biji Pepaya yang Anti Kanker, Anti Virus dan Mengatasi Parasit

Selain buah dan daun, ternyata getah pepaya muda juga baik untuk obat. Getah pepaya yang berwarna putih susu tersebut mengandung enzim pemecah protein atau papain.

Perusahaan farmasi biasa menggunakan enzim sebagai bahan dalam memproduksi obat. Tidak hanya untuk kesehatan saja, getah buah pepaya juga berkhasiat untuk kecantikan.

Buah yang memiliki nama latin carica papaya ini sudah familier dengan masyarakat Indonesia. Getah pepaya kaya akan kandungan yang berguna dalam pengobatan dan kecantikan.

Asam amino yang ada pada getah buah pepaya tersebut mampu meregenerasi sel-sel yang rusak berubah menjadi baru. Selain itu, kandungan protein tersebut juga berfungsi untuk pertumbuhan sel.

Manfaat Getah Pepaya Muda untuk Obat Sakit Gigi

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari getah buah pepaya muda yaitu untuk obat sakit gigi. Bahan alami ini dipercaya dapat meredakan rasa nyeri atau rasa sakit pada gigi berlubang.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

Memanfaatkan getah pepaya cukup mudah. Cukup ambil getah berwarna putih pucat dari buah pepaya yang sudah dicuci bersih. Gunakan kapas dan oleskan getah pepaya tepat pada gigi yang sakit.

Kemudian tunggu beberapa saat hingga gigi yang sakit sembuh. Selain itu, ada banyak khasiat getah pepaya muda. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai pengobatan termasuk bisul.

Anda bisa oleskan getah tersebut pada bisul dan tunggu beberapa detik. Gunakan cara ini kurang lebih 2x sehari untuk pengobatan bisul pagi dan malam.

Khasiat Getah Pepaya untuk Kecantikan

Selain manfaat getah pepaya untuk kesehatan atau obat herbal faktanya juga baik untuk kecantikan wajah. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah pepaya.

Apalagi saat ini cukup banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan baku pepaya. Namun selain buahnya, getah pepaya muda juga bisa berkhasiat untuk kesehatan. Salah satunya mampu mengobati jerawat.

Apalagi mengingat jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh siapa saja. Jerawat akan mengganggu penampilan.

Baca Juga: Tumis Pepaya Muda, Masakan Favorit Jokowi yang Kaya Manfaat

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang merasa kurang percaya diri ketika wajahnya berjerawat. Selain melalui produk kecantikan, kini ada cara sederhana yang bisa membantu mengatasi jerawat yaitu getah pepaya muda.

Bahan alami dari getah pepaya muda ini memiliki manfaat mengobati jerawat secara efektif. Cara untuk mengaplikasikannya cukup sederhana, mulai dari membersihkan wajah terlebih dulu.

Selanjutnya Anda bisa ambil buah pepaya muda yang sudah dicuci bersih. Ambil getahnya dengan cara menggosoknya. Ambil getah yang berwarna putih pucat.

Setelah itu, bisa oleskan pada bagian jerawat. Tunggu hingga beberapa menit dan biarkan mengering. Jika sudah Anda bisa membalasnya hingga bersih.

Mengobati Luka Bakar

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat bisul dan sakit gigi saja, ternyata getah pepaya muda berfungsi untuk mengobati luka bakar. Obat alami yang satu ini mampu mengobati luka bakar dan bekasnya.

Luka bakar timbul akibat percikan api atau benda yang panas. Anda bisa siram bagian luka dengan air mengalir. Setelah itu, oleskan secara perlahan getah pepaya ke bagian tersebut.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya atau Daun Singkong, Mana Lebih Baik?

Sehingga luka bakar tidak akan semakin parah. Selain bisa bermanfaat untuk penolongan pertama luka bakar juga berfungsi untuk mengobati bekasnya.

Saat luka bakar meninggalkan bekas, Anda bisa mengolesnya dengan getah pepaya muda. Caranya sama dan aplikasikan secara rutin hingga luka bakar dan bekasnya cepat hilang. Mungkin sebagian besar masyarakat masih kurang memahami manfaat getah pepaya muda. Namun setelah Anda membaca artikel ini bisa mengaplikasikannya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. (R10/HR-Online)