Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Kayu Secang sebagai Pencegah Pertumbuhan Sel Tumor

Manfaat Kayu Secang sebagai Pencegah Pertumbuhan Sel Tumor

Manfaat kayu secang yang masih belum banyak orang ketahui. Kayu secang bisa bermanfaat sebagai obat tradisional di beberapa daerah. Tidak ada salahnya jika mengkonsumsinya secara rutin obat herbal ini.

Bahkan obat tradisional ini juga dapat mengobati penyakit mematikan seperti tumor. Dengan memanfaatkan batang tanaman atau kayunya Anda bisa memperoleh obat tradisional yang diolah sebagai ramuan.

Beberapa Manfaat Kayu Secang Sebagai Obat Tradisional

Kayu secang lebih populer sebagai bahan untuk pembuatan sirup yang enak dan menyegarkan. Dengan memanfaatkan kayunya akan membantu menghasilkan sirup berwarna merah dengan rasa agak mint akibat adanya kandungan kimia di dalamnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam, Sembuhkan Penyakit Ringan hingga Kronis

Namun di balik dari kepopulerannya tersebut ternyata kayu secang memiliki manfaat dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Secang memiliki nama ilmiah Caesalpinia sappan L menjadi obat herbal di beberapa negara Asia Tenggara.

Tumbuhan ini juga biasa dikenal dengan nama sepang, lacang, cacang, sopang, atau seupeung. Nama asing kayu secang yaitu sappanwood. Bahkan karena warnanya yang merah sering berfungsi sebagai pewarna alami.

Kandungan Manfaat dalam Kayu Secang

Ada banyak kandungan yang ada di dalam tumbuhan herbal ini. Kandungan utama yang terdapat pada kayu secang yaitu senyawa fenolik. Senyawa tersebut berupa brazilin, protosappanin A, dan protosappanin B yang memiliki efek anti kanker potensial.

Adapun beberapa jenis dari senyawa fenolik yaitu sappanchalcone, brazilian, brazilian, protosappanin A, protosappanin B, protosappanin E, caesalpine J, dan hematein.

Baca Juga: Manfaat Daun Johar yang Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, Malaysia, dan India ini kaya manfaat. Lantas apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai pengobatan.

Mengobat Masalah Kulit

Ada banyak masalah kesehatan kulit yang sering beberapa orang alami. Dengan manfaat kayu secang ternyata mampu mengatasi masalah tersebut.

Kayu secang dapat mengatasi penuaan dini, mencerahkan kulit, mencegah timbulnya infeksi, obat jerawat, dan menangkal radikal bebas. Karena alasan inilah tidak ada salahnya jika Anda konsumsi obat herbal dari kayu secang.

Seiring berjalannya waktu kulit wajah akan keriput dan kusam yang menandakan adanya penuaan pada wajah. Adanya kandungan antioksidan mampu melindungi kulit dari masalah tersebut.

Selain itu, tumbuhan herbal ini juga memiliki kandungan antimikroba dan metanol yang bertugas melawan bakteri. Sehingga mampu mencegah timbulnya infeksi kulit.

Kulit yang kusam juga membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Konsumsi wedang yang terbuat dari kayu secang secara rutin.

Kayu secang ini berfungsi dan memiliki manfaat dalam membantu Anda mewujudkan kulit lebih cantik, sehat, dan cerah.

Bahkan antioksidan yang ada dalam kayu secang juga mampu mengatasi serangan radikal bebas. Caranya cukup dengan aplikasikan air rebusan untuk mencuci muka secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Jenggot Musa, Bisa Mengobati Penyakit Bahaya!

Jerawat juga menjadi penyakit kulit yang sering muncul pada siapa saja. Kandungan brazilin mampu melawan propionibacterium penyebab jerawat.

Sebagai Obat Penyakit Mematikan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kayu secang yaitu sebagai antitumor. Ekstrak air dari batang secang dengan tambahan etanol 50% mampu menghambat sel tumor berkembang. Penelitian ini sudah terbukti pada perantara tikus.

Tumor itu sendiri adalah perkembangan jaringan sel yang tidak normal. Tumor terdiri dari 2 jenis yaitu jinak dn ganas yang bersifat kanker.

Dengan mengonsumsi ramuan herbal dari kayu secang membantu menghambat pertumbuhan jaringan sel tumor. Dengan takaran yang tepat mengonsumsi rebusan kayu secang mampu mencegah sel tumor dan kanker semakin berkembang.

Baca juga: Dipercaya Ampuh, Warga Kota Banjar Manfaatkan Kayu Secang Obati Kencing Batu

Selain sebagai antitumor secang juga bisa berfungsi mencegah kerusakan hati. Hal ini membuktikan jika kayu secang ini juga berkhasiat dan memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit berat.

Melalui kandungannya dapat mencegah penurunan angka SAT. Bahkan bagi Anda yang menderita jantung koroner bisa konsumsi rebusan kayu secang. Selain antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan penyumbatan arteri.

Diabetes jika tidak diobati akan mengakibatkan penyakit semakin parah. Kandungan sappan kalkon, kaesalpin P, dan protosappanin A berfungsi menghambat enzim aldose reduktase penyebab komplikasi diabetes.

Kayu secang selain berfungsi untuk obat herbal penyakit berat dan ringan juga bisa digunakan sebagai minuman herbal. Anda bisa konsumsi obat herbal ini secara rutin. Sebaiknya gunakan takaran dan cara pengolahan yang tepat untuk membuktikan jika manfaat kayu secang memang cukup berkhasiat. (R10/HR-Online)