Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat lengkuas untuk kesehatan termasuk mampu mencegah kanker. Lengkuas kaya akan manfaat baik untuk menjaga kesehatan pria atau wanita. Seperti yang kita ketahui lengkuas adalah salah satu bumbu rempah yang digunakan untuk memasak dan juga sebagai obat herbal.

Bumbu rempah tersebut dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya masih ada beberapa orang yang belum tahu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari lengkuas. Bagi Anda yang belum tahu khasiat lengkuas bisa simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Fakta Menarik Tentang Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas memiliki nama ilmiah Alpinia Galanga termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Masuk dalam keluarga yang sama dengan jahe sehingga memiliki bentuk mirip, namun rasanya berbeda.

Baca juga: Mengatasi Selangkangan Gatal dan Hitam dengan Obat Alami

Lengkuas adalah bumbu rempah dengan cita rasa pedas dan tidak terlalu manis. Kulitnya pun terlihat pucat dan halus dengan daging keras. Cita rasa lengkuas dalam masakan pun akan memberikan aroma nikmat.

Namun ternyata tidak hanya sebagai bumbu rempah saja, kandungan berbagai gizi dalam lengkuas faktanya mampu menjadi obat herbal. Anda pun dapat memanfaatkan lengkuas sebagai obat tradisional untuk kesehatan.

Selain manfaatnya yang banyak, cara mengonsumsinya juga cukup beragam. Lengkuas bisa Anda konsumsi sebagai bahan masakan dan pastikan lapisan luar atau kulit terkelupas.

Ada baiknya menyimpan lengkuas di kulkas dalam suhu tertentu. Saat Anda memiliki lengkuas kering, biasanya Anda perlu merendamnya. Ada banyak jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan konsumsi lengkuas secara tepat.

Lengkuas untuk Kesehatan Kulit

Lengkuas atau biasa dikenal dengan sebutan laos memiliki banyak khasiat. Bumbu rumah yang satu ini biasa digunakan dalam mengolah makanan sebagai penambah cita rasa. Lengkuas dapat digunakan saat kondisinya segar maupun kering.

Hanya saja untuk lengkuas kering biasanya memiliki rasa lebih pedas daripada yang masih segar. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari lengkuas tidak hanya datang untuk kesehatan tubuh saja.

Baca juga: Obat Malaria Alami yang Berkhasiat Selain Kina, Perlu Dicoba!

Namun ternyata lengkuas pun dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Bumbu rempah yang satu ini dapat digunakan sebagai antiseptik. Sehingga dapat menjaga kebersihan kulit agar tetap cerah dan halus.

Bahkan menariknya lagi, lengkuas juga memiliki kandungan yang mampu mengobati jerawat di wajah. Selain itu, juga membantu membersihkan bakteri di kulit.

Cara untuk memanfaatkannya cukup sederhana, sebab lengkuas dapat diaplikasikan langsung ke kulit dengan aman. Misalnya digunakan sebagai sabun, sampo, krim dan sejenisnya.

Mampu Meningkatkan Kesuburan Pria

Selain mampu membantu untuk mencerahkan kulit, manfaat lengkuas untuk kesehatan cukup beragam. Anda dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesuburan kaum pria. 

Dalam 10 gram lengkuas terdapat banyak sekali kandungan di dalamnya. Ada 15 gram karbohidrat, 2 gram serat, 149 kalori, 4 gram vitamin C, 1 gram protein, dan 1 gram lemak total. 

Tidak hanya itu saja, di dalam lengkuas juga terdapat kandungan mineral dan flavonoid untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Herbal untuk Imunitas Tubuh, dari Jahe hingga Buah Mengkudu

Karena banyaknya kandungan di dalamnya lengkuas juga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini sudah terbukti melalui studi di Iranian Journal of Reproductive Medicine.

Lengkuas Beri Manfaat untuk Kesehatan Wanita

Mengingat lengkuas biasa digunakan sebagai bumbu dapur, kenyataannya mampu memberikan banyak manfaat bagi kaum wanita. Lengkuas merupakan inang dari berbagai zat antioksidan.

Sehingga mampu melawan radikal bebas dengan adanya flavonoid yang disebut dengan galangin. Lengkuas mampu mengatasi kanker payudara, di mana mampu mencegah saluran sintesis enzim Xantin yang memicu tumor mudah berkembang.

Dengan konsumsi sepotong lengkuas juga membantu kesehatan wanita saat mengalami gangguan menstruasi. Lengkuas memiliki efek kardiovaskuler yang berkhasiat untuk pertumbuhan akar rambut.

Baca juga: Perkembangbiakan Vegetatif Alami yang Ada pada Tumbuhan

Efek menyehatkan dari lengkuas mampu meningkatkan distribusi oksigen ke akar rambut dengan meningkatkan kekuatannya. Meski kaya akan manfaat, namun perlu adanya bukti penelitian terlebih dulu agar khasiat lengkuas untuk wanita bisa Anda dapatkan.

Memanfaatkan obat herbal atau tanaman rempah tidak ada salahnya. Apalagi berbagai kandungan di dalamnya cukup banyak yang membantu mencegah atau mengobati berbagai penyakit jika mengonsumsinya secara tepat.

Misalnya mengurangi peradangan, memperkuat imun tubuh, melancarkan pencernaan, membantu menutrisi otak, dan masih banyak yang lainnya. Sebaiknya konsumsi secara tepat agar manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan. (R10/HR-Online)