Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Lidah Buaya untuk Berbagai Jenis Penyakit, Simak di Sini!

Manfaat Lidah Buaya untuk Berbagai Jenis Penyakit, Simak di Sini!

Manfaat lidah buaya sangat melimpah. Bahkan sepertinya sudah banyak orang yang mengetahui manfaat dari lidah buaya ini. Jika Anda belum tahu, lidah buaya adalah salah satu tanaman yang seringkali menjadi obat herbal.

Tanaman ini sekilas memang mirip seperti kaktus dengan bentuk yang memanjang. Ciri khas dari tanaman satu ini adalah warnanya yang hijau dan juga memiliki lendir.

Lendir tersebutlah yang sangat bermanfaat. Bahkan bukan hanya sebagai obat, lidah buaya juga menjadi bahan produk perawatan kulit wajah, tubuh, hingga perawatan rambut.

Baca Juga: Manfaat Daun Sembung Nyawa, Ternyata Bisa Obati Kanker

Berbagai Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Tanaman lidah buaya bukan suatu hal yang asing. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah melihat tanaman satu ini.

Itu karena memang lidah buaya seringkali menjadi tanaman hias. Meski bentuknya termasuk simpel, tapi siapa sangka bahwa lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Tanaman lidah buaya ini menyimpan banyak kandungan gizi di dalamnya. Sehingga, lidah buaya sering kali dimanfaatkan untuk bahan pengobatan dan juga perawatan.

Kandungan pada Gel Lidah Buaya

Perlu Anda ketahui bahwa bagian terpenting dari lidah buaya adalah lendir atau gelnya. Itu karena gel lidah buaya memiliki banyak kandungan yang baik.

Lidah buaya mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C, dan juga vitamin E. Ketiga jenis ini terkenal sebagai antioksidan alami.

Kemudian, berbagai sumber juga menyebut bahwa tumbuhan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, sehingga menambah nilai plus untuk manfaat lidah buaya ini.

Lidah Buaya Bermanfaat untuk Apa Saja?

Anda mungkin sudah cukup sering menemukan lidah buaya sebagai bahan-bahan perawatan rambut maupun kesehatan kulit. Namun, sebenarnya manfaat lidah buaya lebih dari itu.

Tanaman ini juga bagus untuk menyembuhkan berbagai keluhan penyakit, yaitu sebagai berikut:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu kandungan di dalam lidah buaya adalah antioksidan yang tinggi. Kandungan ini mampu mengobati masalah yang terjadi pada usus atau saluran cerna.

Sifat anti inflamasi yang tinggi juga terbukti ampuh untuk mengobati segala jenis masalah pencernaan. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi lidah buaya ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Sendok dan Cara Mengonsumsinya untuk Obat!

2. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol adalah salah satu penyakit berbahaya. Siapa sangka bahwa ternyata lidah buaya dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Hal itu tentunya berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga gula darah dan juga kolesterol terkontrol dengan baik.

3. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Sama seperti kolesterol, diabetes juga menjadi salah satu dari jenis penyakit berbahaya. Bahkan keduanya mendapat julukan silent killer.

Jika Anda penderita diabetes, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi lidah buaya. Sebab, tumbuhan ini dapat mengatur tingkat gula darah di dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Mengonsumsi lidah buaya secara rutin juga ternyata dapat mencegah pembentukan plak pada gigi. Karena sifat pencahar yang terkandung di dalamnya, maka mereka juga bisa mencegah munculnya sariawan.

Berbagai macam studi menyebut bahwa manfaat lidah buaya jika dikonsumsi secara rutin akan membuat segala urusan mengenai kebersihan dan kesehatan mulut akan menghilang.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan sebuah kondisi yang membuat para penderitanya sulit mengeluarkan air besar atau feses. Ini tentu saja tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi lidah buaya karena tanaman ini dapat menstabilkan kadar alkali di dalam tubuh sehingga mampu menenangkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Rumput Teki Jarang Diketahui, Bisa Mengatasi Nyeri Haid!

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Obat

Perlu Anda ketahui juga bahwa penggunaan lidah buaya untuk produk kecantikan dan menyembuhkan penyakit itu berbeda. Jika untuk rambut dan kulit hanya perlu mengambil getahnya saja, maka sebagai obat lidah buaya harus Anda olah.

Anda bisa mencoba mengolah jus lidah buaya yang lezat. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti lidah buaya dan alpukat matang, 80 ml gula cair, air mineral, dan blender.

Kemudian, Anda perlu mengupas kulit lidah buaya terlebih dahulu. Jika sudah, selanjutnya campurkan bahan-bahan yang ada ke dalam blender dan giling hingga halus.

Setelah selesai, segera saring dan tuang ke dalam gelas. Agar lebih lezat, lebih baik tambahkan es batu.

Nah, itulah berbagai macam manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Ternyata tanaman satu ini ampuh menangani berbagai macam jenis penyakit. (R10/HR-Online)