Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMemilih Aki Mobil Berkualitas dengan 5 Langkah Mudah

Memilih Aki Mobil Berkualitas dengan 5 Langkah Mudah

Memilih aki mobil tidak bisa Anda lakukan asal-asalan. Pasalnya, aki mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Tanpa komponen mobil yang satu ini, maka kendaraan Anda tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Penggantian aki, perlu Anda lakukan secara rutin, terutama jika aki tersebut sudah habis. Supaya mobil dapat bekerja secara maksimal, penggantian aki ini perlu mempertimbangkan berbagai hal.  Seperti kualitas aki, kesesuaian dengan mobil, dan hal lainnya.

Baca juga: Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman

Tips Memilih Aki Mobil

Tidak semua aki mobil memiliki kualitas yang bagus. Sementara itu, tidak semua orang bisa memilih aki dengan tepat. Demi menjawab keresahan Anda, berikut ini adalah cara memilih aki mobil yang bisa diterapkan dengan mudah.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Mobil

Seperti yang Anda tahu, setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk memilih aki, perhatikan spesifikasinya terlebih dahulu.

Selain itu, saat ini ada banyak jenis aki yang bisa Anda gunakan. Supaya aki tersebut cocok untuk mobil Anda, maka pastikan tegangan atau voltage aki yang lama.

Pasalnya, aki yang baru harus memiliki tegangan yang sama dengan aki lama. Tak kalah penting, perhatikan pula nilai ampere-nya.

Aki dengan kualitas baik, memiliki ampere tidak lebih dari 15%. Angka ini merupakan standar untuk aki mobil.

2. Pilihlah Aki dengan Merek Terbaik

Memilih aki mobil juga perlu memperhatikan merek dari aki itu sendiri. Carilah merek aki terbaik, dengan begitu Anda bisa mendapatkan aki berkualitas.

Hati-hati dalam memilih merek aki, karena saat ini sudah banyak beredar aki palsu di pasaran. Supaya tidak salah memilih, Anda bisa cek harganya.

Merek aki yang baik, tentu saja sebanding dengan harganya. Namun, tetap harus memperhatikan budget yang Anda miliki.

Beberapa merek aki yang cukup populer di kalangan pengguna mobil antara lain Delkor, GS, Yuasa, Amaron, maupun merek aki lainnya.

Baca juga: Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

3. Perhatikan Jenis Akinya

Dalam memilih aki mobil, ada baiknya untuk memperhatikan jenisnya. Umumnya, terdapat dua jenis aki yang bisa sering pengguna pilih, yakni aki kering dan aki basah.

Selain kedua jenis aki tersebut, ada pula jenis lainnya, seperti hybrid hingga gel. Baik aki basah maupun aki kering, keduanya memiliki kelebihan tersendiri.

Aki kering memiliki masa penggunaan yang lebih lama daripada aki basah. Tak heran jika harga aki kering ini relative mahal.

Selain itu, aki kering memiliki daya tahan yang rendah terhadap panas. Berbeda dengan aki basah.

Aki basah bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah. Untuk daya tahannya terhadap panas juga cenderung lebih tinggi.

Bila memilih aki basah, itu artinya harus sering-sering melakukan pengecekan cairan elektrolitnya. Tak kalah penting, sebelum melakukan penggantian, perhatikan volume cairannya.

Terutama, jika volume cairan aki terletak antara batas minimum dan batas maksimum.

4. Perhatikan Kapasitas Aki Mobil

Memilih aki mobil juga tidak lepas dari kapasitas aki itu sendiri. Pabrikan mobil, sudah menentukan kapasitas aki tersebut sejak pembuatannya.

Biasanya, data-data aki terutama keterangan kapasitasnya ini sudah tertera pada samping aki. Sebelum memilih aki tersebut, lihat data yang tertera secara cermat dan teliti.

Selain itu, baik aki kering maupun basah, memiliki kapasitas yang berbeda. Itulah mengapa penting untuk melihat ampere, ukuran, dimensi, hingga tegangan pada aki tersebut.

Baca juga: Cara Menguras Air Aki Mobil dari Rumah yang Mudah, Simak!

5. Jangan Menggunakan Aki Bekas

Tak sedikit, beberapa bengkel menyediakan aki rekondisi atau aki bekas. Untuk harganya sendiri memang lebih murah.

Akan tetapi, penggunaan aki bekas memiliki dampak yang kurang baik bagi mobil. Salah satunya dapat menyebabkan gangguan kelistrikan pada mobil.

Selain itu, aki bekas ini juga memiliki daya maupun kapasitas yang tidak stabil. Hal ini dapat membuat mobil mengalami korsleting listrik.

Jika Anda ingin mendapatkan aki mobil berkualitas, maka hindari menggunakan aki bekas atau rekondisi.

Tak ada salahnya jika Anda membeli aki mobil tersebut di bengkel umum. Namun, tetap harus mencari yang terpercaya.

Hanya bengkel terpercayalah yang menyediakan aki mobil resmi dan asli. Jika memilih aki mobil sendiri cukup sulit, langsung saja datang ke bengkel tersebut. Anda pun bisa mendapatkan aki mobil sesuai dengan kebutuhan.  (R10/HR-Online)