Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruMemilih Ban Motor yang Tepat Agar Awet, Simak Beberapa Cara Ini!

Memilih Ban Motor yang Tepat Agar Awet, Simak Beberapa Cara Ini!

Memilih ban motor yang benar, maka akan membuatnya lebih awet. Sehingga Anda harus bisa memilih jenis ban motor dengan cara seperti ini. Mengingat bahwa ban adalah komponen motor yang penting untuk menopang beban.

Namun sayangnya lambat laun performa dari ban motor Anda juga bisa menurun akibat traksi oleh ban dengan jalanan yang menyebabkannya jadi aus. Oleh karena itu, pemilihan ban yang sesuai adalah hal penting untuk Anda ketahui dan pahami mulai sekarang.

Baca Juga: Cara Ban Motor Tetap Awet, Coba Perhatikan Beberapa Trik Ini!

Cara Memilih Ban Motor yang Harus Anda Ketahui

Menjadi salah satu komponen yang penting, maka pemilihan ban juga harus kita ketahui berdasarkan fungsi dan kategorinya. Pasalnya ban ini memiliki peran penting untuk meningkatkan traksi roda pada jalan dan meredam getaran saat berkendara.

Keberadaan dan fungsi ban juga teramat penting untuk melancarkan kegiatan berkendara penggunanya. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik motor juga harus mengetahui cara untuk memilih ban yang tepat supaya bisa awet.

Walaupun sering dianggap sepele, namun pada kenyataannya pemilihan ban yang tepat merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Karena jika pemilihan ban secara sembarangan, maka tingkat kenyamanan akan semakin berkurang.

Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna kendaraan bermotor, harus lebih teliti lagi ketika hendak memilih dan menentukan jenis ban.

Ada banyak tips mudah yang bisa Anda contoh supaya pemilihan ban benar-benar tepat, agar bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Ban Motor Pecah Tiba-Tiba, Waspadalah Mungkin Ini Penyebabnya

Mengetahui Ukurannya

Cara untuk memilih ban motor yang tepat pertama ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu ukurannya. Karena ukuran ban untuk setiap jenis kendaraan roda dua pasti akan memiliki perbedaan dengan motor lain.

Sebagai contoh adalah seperti antara motor sport dan motor matic, maka kedua jenis kendaraan ini memiliki banyak perbedaan termasuk ban. Nah, pada motor sport maka ukurannya lebih besar, berbeda dengan motor matic yang ukurannya relatif lebih pendek dan kecil.

Oleh karena itu, dengan mengetahui ukuran ban adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Tidak hanya itu saja, melainkan jenis penggunaan rupanya juga akan memberikan pengaruh dalam pemilihan ukuran ban sepeda motor.

Jika motor yang Anda gunakan hanya untuk bepergian dari rumah ke kampus atau kantor, sebaiknya pilih ukuran ban standar saja. Akan tetapi apabila motor akan Anda gunakan untuk mengangkut beban-beban berat, sebaiknya pilih ukuran ban yang lebih besar.

Sesuaikan dengan Velg Motor

Untuk memilih ban motor yang tepat adalah dengan cara menyesuaikan terlebih dahulu dengan velg kendaraan roda dua itu. Pasalnya kita mengetahui bahwa ada dua jenis ban motor, yakni ban yang tak menggunakan ban dalam (tubeless) dan ban menggunakan ban dalam (tube type).

Jadi untuk memilih jenis ban yang cocok, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu jenis velg pada kendaraan motor tersebut. Jika Anda menggunakan jenis velg dengan pinggiran yang tajam, sebaiknya gunakan jenis ban tubeless.

Pasalnya ban tubeless yang tidak menggunakan ban dalam tidak akan mudah bocor ketika terkena benda-benda tajam lain. Begitu juga dengan sebaliknya, Anda bisa menggunakan ban yang menggunakan ban dalam.

Biasanya penggunaan ban tube seperti ini seringkali digunakan pada jenis velg spoke wheel dan cast wheel. Perlu Anda ketahui, bahwa bila salah dalam memilih jenis ban, maka kemungkinan besar komponen tersebut akan cepat rusak.

Baca Juga: Jenis Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Mengetahui Jenis Ban

Cara memilih ban motor selanjutnya yang benar adalah dengan mengetahui jenis atau tipe-tipe ban tersebut. Karena ban motor sendiri akan dibedakan ke dalam beberapa jenis berdasarkan medan yang ada.

Sebut saja seperti ban untuk daerah kering, untuk daerah basah, dan ban khusus untuk medan kering dan basah sekaligus. Biasanya untuk ban dalam penggunaan medan basah, akan ada banyak alur yang menjangkau sampai tepian ban untuk membuang air.

Sedangkan jika akan melalui medan kering, maka ban tersebut akan lebih cepat gundul sebab tak sesuai dengan jenis medan itu sendiri.

Begitu juga dengan sebaliknya, ban kering adalah jenis yang hanya memiliki alur sedikit sehingga cocok Anda gunakan pada jalanan kering.

Tetapi jika Anda gunakan dalam jalanan basah, maka harus lebih berhati-hati lagi karena akan licin. Sementara untuk ban basah kering ini merupakan gabungan dari kedua jenis sebelumnya tadi dan cocok untuk penggunaan jalan kering maupun basah.

Terakhir untuk memilih ban motor yang sesuai, sebaiknya pilihlah dengan merek terkenal dengan spesifikasi mumpuni. Sehingga dengan demikian akan bertahan lebih lama dan awet. (R10/HR-Online)