Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruMemilih Kaca Film Mobil yang Tepat, Jangan Asal-asalan!

Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat, Jangan Asal-asalan!

Memilih kaca film mobil tidak bisa kita lakukan asal-asalan. Pasalnya, kaca film mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting. Tak hanya sebagai aksesoris saja, komponen mobil yang satu ini dapat memberikan perlindungan dari panasnya sinar matahari.

Fungsi lainnya, bisa sebagai dekorasi, menjaga privasi, hingga meningkatkan keamanan. Itulah mengapa, dalam pemilihannya kita harus memperhatikan beberapa aspek penting.

Baca Juga: Pelindung Kaca Mobil, Gunakan Tips Memilih yang Berkualitas Bagus

Tips Mudah Memilih Kaca Film Mobil

Berikut ini terdapat beberapa tips sederhana yang bisa kita terapkan. Melalui tips ini, dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat memilih.

1. Perhatikan Karakteristik Kaca Film

Tips yang pertama, perhatikan karakteristik kaca film tersebut. Karakteristik kaca film yang baik akan tetap terang ketika kita lihat saat berada dalam mobil.

Jika menemukan kaca film yang redup, maka jangan kita pilih. Pasalnya, kaca film yang redup sangat berbahaya karena dapat mengganggu pandangan, terutama pengemudi.

Kaca film yang tembus pandang atau transparan, sebaiknya kita pasang pada semua bagian mobil. Mulai dari belakang, depan, maupun samping.

Selain itu, tetap tembus pandang jika kita lihat dari luar ke dalam dan dalam ke luar. Karakteristik lainnya, kaca film tidak mudah pecah.

Pastikan, bahan dan bentuknya sesuai standar, supaya tidak mengganggu pengemudi, penumpang, maupun semua orang yang melihatnya.

Memilih kaca film mobil, juga perlu memperhatikan pantulan cahayanya. Kaca film merupakan benda bening yang dapat memantulkan cahaya.

Pilihlah kaca film dengan pantulan cahaya yang rendah dan tidak berlebihan. Dengan begitu, tidak akan mengganggu pemandangan.

Baca Juga: Aturan Kegelapan Kaca Film Mobil Mampu Menjaga Privasi Pengendara

2. Pertimbangkan Tingkat Gelap Kaca Film

Dalam memilih kaca film mobil, pertimbangkan tingkat kegelapannya. Tingkat kegelapan kaca belakang, samping kanan kiri, maupun depan berbeda-beda.

Khusus kaca film mobil pada bagian belakang, ada baiknya tidak menggunakan tingkat kegelapan lebih dari 80 persen. Hal ini bertujuan, supaya tidak mengganggu pandangan kita saat berjalan mundur.

Selain itu, untuk tingkat kegelapan kaca film depan, yakni hanya sekitar 20 persen hingga 40 persen. Kaca film depan tidak boleh terlalu gelap, hal ini bisa mempengaruhi pandangan, terutama pengemudi.

Sedangkan kaca film samping kanan kiri, penentuan tingkat kegelapannya menyesuaikan dengan bagian depannya. Kaca film samping yang terlalu gelap dan mengganggu pandangan dari kaca spion.

Cara menentukannya seperti ini, jika kaca depan menggunakan tingkat kegelapan 20 persen, maka kaca samping 40 persen. Begitu pula sebaliknya, jika kaca depan tingkat kegelapannya 40 persen, maka kaca samping 20 persen.

3. Perhatikan Tingkat Keamanannya

Memilih kaca film mobil, sudah barang tentu tidak boleh melewatkan tingkat keamanannya. Kaca film mobil yang aman untuk kita gunakan, memiliki kriteria tersendiri.

Pertama, memiliki fitur perlindungan UV 400. Fitur ini berfungsi untuk menjaga panasnya sinar matahari saat berada dalam mobil.

Dengan begitu, perjalanan kita semakin nyaman. Kaca film yang aman memiliki fitur night vision.

Adanya fitur ini, dapat meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Baik itu dari sisi pengemudi maupun penumpang.

Berkat fitur ini, orang luar tidak bisa melihat ke dalam. Namun, orang yang berada dalam mobil bisa melihat ke arah luar dengan jelas.

Pastikan memilih kaca dengan fitur anti blue light. Fitur ini berfungsi untuk mereduksi cahaya dari luar secara optimal.

Selain itu, fitur ini juga mampu mencegah pengemudi mengantuk maupun kehilangan konsentrasi saat dalam perjalanan. Sehingga, perjalanan menjadi aman dan lancar.

Baca Juga: Poles Kaca Mobil Bisa Atasi Baret dan Goresan dengan Cepat

4. Pastikan Mendapatkan Garansi

Memilih kaca film mobil, juga harus mempertimbangkan garansi. Hal ini sebagai salah satu bukti, jika kaca film yang kita beli memang berkualitas.

Apalagi, jika garansi tersebut memiliki jangka yang panjang, sudah dapat kita pastikan jika kaca film bermutu tinggi. Produsen yang yakin dengan kualitas produknya, tidak akan pernah ragu dalam memberikan garansi.

Melalui garansi ini juga bisa menghemat pengeluaran kita. Terutama ketika kaca film rusak, hilang, maupun hal merugikan lainnya.

Mengingat begitu banyaknya manfaat dan kelebihannya, jangan sembarangan saat memilih kaca film mobil. Kondisi kaca film mobil yang baik, akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, lancar, dan aman. Keluarga di rumah pun menjadi senang. (R10/HR-Online)