Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMemori RAM HP Penuh, Gunakan Micro SD atau Hapus Aplikasi

Memori RAM HP Penuh, Gunakan Micro SD atau Hapus Aplikasi

Memori RAM HP penuh menjadi salah satu masalah yang sering muncul. Meski RAM HP sudah besar, namun masalah memori penuh atau terbatas masih saja terjadi. Maka dari itu perlu diperhatikan tutorial HP di bawah ini.

Seperti masalah yang sering muncul di HP, memori penuh pun membuat pemiliknya merasa kurang nyaman. Apalagi jika sering muncul peringatan memori RAM penuh, tentu akan sangat mengganggu. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone Error Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Memori RAM HP Penuh

Setiap perangkat smartphone lengkap dengan RAM atau Random Acces Memory untuk tempat penyimpanan. Saat ini berbagai produk HP dengan merek berbeda juga lengkap dengan kapasitas RAM tidak sama.

Dengan adanya memori RAM di HP membantu menyimpan data sementara saja. Sehingga ketika RAM penuh Anda bisa mengosongkan atau menghapusnya.

RAM dapat bekerja sesuai keinginan pemakainya. Anda dapat menyimpan berbagai file dan dokumen di HP melalui memori tersebut. Sayangnya keterbatasan ruang penyimpanan sering mengakibatkan Anda harus melakukan pembersihan.

Ketika memori penuh mengakibatkan banyak hal yang berpengaruh terhadap HP Anda. Salah satunya yaitu HP menjadi lemot dan tidak responsif.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan RAM HP.

Meski beberapa HP sudah lengkap dengan kapasitas RAM besar bukan berarti memori tidak bisa penuh. Sebelum kondisi HP Anda bermasalah, ada baiknya jika melakukan pengecekan pada memori RAM.

Jika dirasa penuh bahkan sampai ada peringatan yang muncul, tidak ada salahnya jika Anda melakukan pembersihan. Dengan begitu HP akan kembali responsif dan tidak mengganggu aktivitas selama menggunakannya.

Baca Juga: Cara Ganti Memory Card di Android Biar Penyimpanan Kian Lega

Gunakan Bantuan Micro SD

Sebagai cara pertama untuk mengatasi memori RAM HP penuh yaitu dengan menggunakan micro SD. Cara ini cukup efektif agar memori HP bisa lebih longgar.

Hingga saat ini micro SD sudah banyak yang menggunakannya untuk penyimpanan di HP agar lebih lega. Anda bisa memindahkan aplikasi berat ke micro SD untuk menghindari RAM HP penuh.

Cara untuk memindah file ke micro SD pun cukup sederhana. Anda cukup buka aplikasi dan manager aplikasi. Selanjutnya klik aplikasi yang akan Anda pindah, klik tombol pindahkan ke kartu SD.

Menggunakan cara yang pertama ini cukup menjadi solusi yang mudah untuk Anda lakukan. Anda dapat membeli micro SD di konter atau penjual aksesoris HP. Untuk ukuran sendiri bervariasi, Anda pun dapat memilih sesuai kebutuhan.

Cek Penggunaan RAM

Mendapatkan peringatan memori penuh pada layar HP tentu sangat mengganggu. Apalagi ketika HP Anda gunakan untuk kegiatan penting. Solusi menyiasatinya yaitu dengan melakukan pengecekan RAM.

Cek berapa persen penggunaan memori HP. Jika HP terasa sudah lemot dan lag, biasanya penggunaan sudah mencapai 90%.

Jika Anda belum pernah melakukan pengecekan bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Aktifkan mode pengembang sebagai langkah awal.
  2. Caranya cukup masuk ke menu pengaturan > sistem, kemudian tentang ponsel > nomor build.
  3. Lakukan tap sebanyak 7x pada nomor build.
  4. Jika sudah kembali ke menu sistem dan scroll ke bawah hingga menemukan menu opsi developer. Tab menu developer dan pilih memori.
  5. Setelah itu, akan muncul beberapa memori yang telah Anda gunakan dan sisanya.
  6. Tap memori yang digunakan aplikasi agar dapat menampilkan aplikasi dan juga game apa saja yang mengisi memori RAM HP.

Baca Juga: Cara Membersihkan Sisa Uninstal Android Biar Performa Ngebut

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Setelah Anda tahu berapa besar memori RAM HP yang telah digunakan sebaiknya cek mana yang penting dan tidak. Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak penting untuk mengurangi memori RAM penuh.

Aplikasi yang terinstal dan tidak Anda gunakan akan tetap mengurangi kapasitas ruang penyimpanan. Cara menghapusnya pun cukup sederhana.

Anda bisa masuk ke menu pengaturan > pilih aplikasi dan akan muncul semua aplikasi > pilih aplikasi yang tidak Anda gunakan. Anda bisa segera menghapus aplikasi yang tidak penting tersebut.

Namun perlu Anda ingat untuk aplikasi bawaan ponsel seperti Google Drive memang tidak bisa Anda hapus begitu saja. Untuk menyiasatinya Anda bisa pilih paksa berhenti atau menonaktifkan.

Memiliki memori HP yang besar bukan berarti tidak bisa mengalami penuh. Untuk itu, ketika memori RAM HP penuh coba cek dan hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar