Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruMenggunakan HP Nokia Jadul, Cara Menteri PUPR Tangkal Serangan Hacker

Menggunakan HP Nokia Jadul, Cara Menteri PUPR Tangkal Serangan Hacker

Menggunakan HP Nokia jadul ternyata menjadi solusi bagi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono untuk menangkal serangan hacker. Hal itu pun menunjukkan kalau manusia masih tetap bisa hidup meski memakai HP Nokia jadul.

HP Nokia jadul milik Basuki Hadimuljono sempat jadi perbincangan di dunia maya. Awalnya unggahan video dalam kanal YouTube milik Sekretariat Kabinet itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan keterangan pers mengenai IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara, pada Selasa (25/10/2022).

Saat itu Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berdiri di sisi kiri belakang Presiden. Namun tiba-tiba terdengar suara ringtone monofonik khasnya HP Nokia jadul.

Bunyi yang keluar dari HP jadul miliknya cukup kencang hingga memecah konsentrasi. Kemudian Basuki Hadimuljono berbalik badan untuk menangani ponselnya.

Menteri PUPR Hanya Menggunakan HP Nokia Jadul

Baca Juga: HP Nokia Lipat Jadul Ini Masih Laku Hingga Sekarang, Tertarik?

Melalui podcast dalam kanal Sekretariat Kabinet, Menteri PUPR tersebut mengaku kalau dirinya hanya menggunakan HP Nokia jadul.

Selain SMS dan telepon, keuntungan menggunakan HP jadul ini salah satunya untuk keamanan siber.

“Nokia saja. Kalau WA (WhatsApp) paling ya ke ajudan. Saya cuma pegang HP ini. Di seluruh dunia hanya ada dua orang yang pakai HP Nokia jadul ini, saya dan Perdana Menteri Belanda,” kata Basuki Hadimuljono.

Benarkah HP Jadul Bisa Cegah Serangan Siber?

Para pengguna smartphone resah dengan serangan siber software Pegasus buatanNSO Group pada 2021.

Baca Juga: Akun WhatsApp Rentan Diretas Hacker Melalui Pengiriman GIF

Untuk menghindarinya, banyak yang menganjurkan melalui dunia maya agar kembali menggunakan HP jadul atau feature phone. Seperti miliknya Menteri PUPR.

Diketahui perangkat lunak buatan Israel itu dimiliki oleh aparat berbagai negara. Namun sayangnya, banyak yang menyalahgunakan dari peruntukan perangkat lunak tersebut.

Dalam hal ini memata-matai kepala negara lain, lawan politik, jurnalis, hingga aktivis atau tukang kritik.

Keistimewaannya yaitu dapat menginfeksi smartphone hanya melalui panggilan WhatsApp. Meski sekalipun tak diangkat. Bahkan korban tidak kuasa untuk menolaknya.

Dari HP korban, penyerang atau hacker bisa mengetahui semua panggilan telepon, percakapan WhatsApp, kamera hingga speaker.

Baca Juga: HP Nokia Harga Sejutaan dengan Spek Mumpuni, Ini Pilihannya

Menurut Suguru Ishimaru, peneliti senior keamanan siber dari Kaspersky, menggunakan HP jadul bisa menjadi solusi untuk menghindari serangan hacker. Hal itu karena HP jadul tidak dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

“Tapi itu tergantung dari jenis HP jadulnya. Intinya, HP ini tidak dapat mengakses jaringan internet. Tidak seperti smartphone,” kata Suguru Ishimaru beberapa waktu lalu di Thailand.

Meski begitu, ia tetap mewanti-wanti karena diluar sana masih ada beberapa cara untuk mengakses HP jadul secara ilegal melalui jalur internet.

“Masih memungkinkan kena hack, tapi sungguh sangat sulit. Butuh ahli yang mampu ngebut, maupun akses satelit dan lain sebagainya,” jelas Suguru Ishimaru.

Pakai HP Jadul Belum 100 Persen Aman dari Serangan Hacker

Baca Juga: HP Nokia 500 Ribuan, Ponsel Jadul Versi Modern Layak Anda Miliki

Sementara itu, Analis Utama Senior dari Gartner, Prateek Bhajanka menyebutkan bahwa, menggunakan HP jadul tidak 100 persen bisa aman dari serangan hacker.

Namun memang sasaran serangan hacker ke feature phone lebih kecil ketimbang dengan smartphone. Tapi tetap saja punya “permukaan” serangan.

Prateek Bhajanka mengatakan, serangan siber berskala besar dengan memanfaatkan kerentanan SS7 (sistem sinyal) sudah terungkap. Sasarannya ponsel fitur seperti halnya HP Nokia jadul.

Namun, penanganan keamanan pada ponsel fitur jauh ini lebih sulit lantaran susah menambal sistem operasinya. Selain itu, vendor keamananya pun tidak aktif memperbarui.

“Mungkin ponsel fitur relatif lebih aman ketimbang ponsel cerdas. Tapi mereka tak kebal terhadap pengintaian atau serangan. Contohnya Pegasus,” ungkap Prateek Bhajanka.

Demikianlah penjelasan terkait cara menangkal serangan hacker jika menggunakan HP Nokia jadul seperti milik Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (R3/HR-Online/Editor-Eva)