Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruMetamorfosis Tidak Sempurna, Ini Pengertian Hingga Contohnya!

Metamorfosis Tidak Sempurna, Ini Pengertian Hingga Contohnya!

Metamorfosis tidak sempurna adalah siklus makhluk hidup. Memang tidak semua melewati metamorfosis yang tidak sempurna. Umumnya hanya ada beberapa hewan yang melewati siklus ini.

Secara pengertian singkat, metamorfosis sebenarnya adalah sebuah siklus pertumbuhan makhluk hidup. Makhluk hidup di sini hanyalah hewan, bukan manusia maupun tumbuhan.

Metamorfosis terdiri dari dua jenis, yaitu sempurna dan tidak sempurna. Saat ini kita akan membahas lebih mendalam jenis yang tidak sempurna.

Baca Juga: Pengertian Metamorfosis Sempurna, Fase dan Contoh Hewannya

Mengenal Metamorfosis Tidak Sempurna

Hewan di dunia ini terdiri dari beragam jenis dan spesies. Tidak seperti manusia, beberapa hewan memiliki siklus hidup yang menarik dan unik.

Seperti siklus pertumbuhan serangga misalnya. Beberapa hewan mengalami yang namanya proses metamorfosis.

Metamorfosis adalah suatu proses dari perkembangan hewan secara biologis yang melibatkan semua perubahan.

Dalam proses metamorfosis, maka hewan akan mengalami perubahan penampilan, baik secara fisik maupun struktur tubuh setelah lahir atau menetas. Perubahan fisik tersebut terjadi karena pertumbuhan sel serta perbedaan secara radikal.

Perlu Anda ketahui juga bahwa metamorfosis terdiri dari dua jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Keduanya memiliki tahapan atau siklus pertumbuhan yang berbeda.

Pengertian

Pengertian atau definisi dari metamorfosis tidak sempurna pada hewan adalah suatu siklus hidup yang mulai dari saat menetas hingga ke tahap pertumbuhan berikutnya.

Pada metamorfosis yang tidak sempurna ini, nimfa dewasa tidak akan melewati perubahan signifikan. Adapun nimfa memiliki arti sama seperti larva, yaitu sebutan untuk fase serangga yang belum menjadi dewasa.

Hewan atau serangga yang melewati fase tidak sempurna tidak akan memiliki perubahan bentuk yang signifikan sebelum benar-benar menjadi dewasa.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Daur Hidup Kecoa dari Bertelur hingga Dewasa

Tahapan Metamorfosis yang Tidak Sempurna

Salah satu hal yang membedakan antara siklus sempurna dan tidak sempurna pada proses metamorfosis pada hewan terletak pada tahapannya.

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna akan memiliki perubahan yang cukup signifikan sejak menetas hingga dewasa. Hal itu berbeda dengan fase tidak sempurna.

Nimfa yang mengalami metamorfosis tidak sempurna tidak akan melewati banyak perubahan bentuk. Perkembangan dari larva atau nimfa berlangsung pada pertumbuhan berulang dan juga ekdisis atau pergantian kulit yang bernama instar.

Pada metamorfosis jenis ini, hewan akan melewati tiga tahapan atau fase yaitu fase telur, fase nimfa, dan juga fase dewasa atau imago.

Tahapan tersebut mempengaruhi perubahan bentuk dari hewan. Karena tidak melewati fase pupa, maka hewan dengan metamorfosis jenis ini tidak akan memiliki banyak perubahan bentuk.

Jadi, akan sangat mudah mengidentifikasi siklus hidup serangga. Apabila selama pertumbuhan mereka tidak terlihat banyak berubah, artinya itu adalah siklus hidup yang tidak sempurna.

Contoh

Sebelumnya Anda sudah mengetahui apa pengertian dan juga ciri-ciri dari metamorfosis tidak sempurna. Dari ciri-ciri tersebut, didapatkan beberapa jenis serangga yang termasuk ke dalam golongan ini.

Beberapa hewan yang mengalami perubahan siklus hidup tidak sempurna adalah:

  1. Rayap atau Laron

Pertama ada serangga yang sering ada di rumah, yaitu rayap dan laron. Serangga ini hanya melalui fase telur, kemudian nimfa, dan langsung menuju ke fase imago atau laron dewasa.

Laron dewasa nantinya dapat menjadi ratu atau raja untuk kawanannya. Jadi, laron atau rayap tidak akan melewati masa pupa.

  1. Capung

Siapa yang tidak mengenal hewan terbang ini. Ternyata capung juga termasuk serangga yang mengalami siklus hidup tidak sempurna.

Capung akan melalui siklus hidup telur, nimfa, dan hingga akhirnya menjadi capung dewasa atau imago.

Baca Juga: Tahapan Metamorfosis Katak, Ini Urutan dan Penjelasan Lengkapnya

  1. Kepik

Hewan satu ini sedikit berbeda. Mereka melewati dua tahapan fase pupa yang sangat mirip dengan metamorfosis lengkap.

Namun demikian, perubahan siklus hidup kepik tetap tergolong tidak sempurna. Hal itu karena fase pupa kepik berbeda, yaitu hanya berupa perubahan kulit. Nimfa dari kepik akan melakukan ganti kulit beberapa kali sebelum akhirnya resmi menjadi kepik dewasa.

Nah, itu hanyalah contoh kecil dari hewan dengan metamorfosis tidak sempurna. Meski fase yang dilalui sama, tetapi mereka memiliki waktu yang berbeda-beda. (R10/HR-Online)