Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita CiamisMusda XV KNPI Ciamis, Empat Orang Bakal Maju Jadi Ketua

Musda XV KNPI Ciamis, Empat Orang Bakal Maju Jadi Ketua

harapanrakyat.com,- DPD KNPI Kabupaten Ciamis pada bulan Desember 2022 mendatang akan menyelenggarakan Musyawarah Daerah atau Musda XV KNPI Ciamis. Hal tersebut seiring telah berakhirnya kepengurusan masa bakti 2018-2022. 

Pada agenda Musda XV nanti, salah satunya pemilihan ketua dan pengurus yang baru. Bahkan saat ini juga sudah ada 4 orang nama yang muncul akan maju jadi ketua.

Ketua OKK dan juga Ketua SC Musda XV KNPI Ciamis Dani Alinurdin mengatakan, berdasarkan hasil Rapimpurda pada 15 Oktober 2022 lalu, Musda akan berlangsung pada Desember 2022.

“Namun untuk hari dan tanggalnya itu nanti akan rapatkan kembali,” katanya, Jumat (21/10/2022).

Dani menjelaskan, dalam agenda itu juga adanya laporan pertanggungjawaban kepengurusan 2018-2022 kemarin. Kemudian baru pemilihan ketua dan pengurus baru. 

Berkaitan dengan para calon, kata Dani, ada 3 orang yang sudah berkomunikasi dengannya, yakni Uus Rusdiana, Haris Herdiana, dan Dede Hilman.

Kemudian, yang belum sempat komunikasi adalah Wiky Hendawan.

Menurutnya, keempat orang tersebut merupakan masih bagian dari KNPI Ciamis, seperti halnya Wiky Hendawan dari HIPMI Ciamis yang merupakan bagian dari KNPI. 

Baca juga: KNPI Kabupaten Ciamis Dorong Pemda Ambil Strategi Manfaatkan Bendungan Leuwi Keris

Kemudian, Uus Rusdiana itu selain Anggota DPRD Ciamis juga masuk di Gema Keadilan yang juga bernaung di KNPI.

Apalagi, kata Dani, Haris Herdiana dari GP Ansor, serta Dede Hilman dari Pemuda Persis Ciamis. 

“Jadi keempat orang tersebut saat ini juga boleh melakukan silaturahmi ke OKP dan PK itu boleh, silakan saja. Karena mereka ini masih dalam bagian dari KNPI,” tuturnya.

Jumlah Suara Musda XV KNPI Ciamis

Dani menuturkan, berdasarkan data sementara untuk jumlah suara pada Musda XV nanti sekitar 118 suara yang terdiri dari 27 Pengurus Kecamatan (PK) KNPI dan 91 OKP. 

“Kemudian nanti juga ada suara dari Provinsi 1,” tuturnya.

Sedangkan untuk persyaratan sendiri, kata Dani, saat ini belum ada aturan baru untuk Musda XV.

Namun jika melihat dari Musda sebelumnya, calon kandidat yang akan mendaftar itu harus mempunyai rekomendasi dari 2 PK dan 5 OKP dan usia maksimal 40 tahun.

“Kalau yang Musda sekarang kami belum ada. Nantinya SC akan melakukan rapat dahulu, menyusun draft di antaranya ada kriteria calon, rundown jadwal tahapan pendaftaran, verifikasi dan sebagainya,” ucapnya.

Dani mengungkapkan, kriteria pemimpin KNPI Ciamis saat ini yang intinya harus mampu mengayomi semua potensi dan kegiatan pemuda.

Pasalnya, KNPI ini merupakan tempat berhimpunnya organisasi kemasyarakatan  pemuda (OKP) dan juga PK.

“Walaupun mungkin OKP itu punya rumah masing-masing, namun OKP di KNPI ini hanya berhimpun. Jadi sebenarnya darahnya langsung KNPI itu adalah PK, karena SK dari KNPI Kabupaten. Semoga Musda XV KNPI Ciamis nanti lancar,” pungkasnya. (Feri/R6/HR-Online)