Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita CiamisOperasi Zebra Lodaya di Ciamis, Ini Prioritas Jenis Pelanggar yang akan Ditindak

Operasi Zebra Lodaya di Ciamis, Ini Prioritas Jenis Pelanggar yang akan Ditindak

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Ciamis, Jawa Barat, mulai hari ini melaksanakan Operasi Zebra Lodaya tahun 2022. Dalam operasi tersebut, Polres Ciamis menerjunkan 19 personel yang akan bersiaga di 7 titik pos lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Asep Iman Hermawan mengatakan, dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 pekan itu, pihaknya tidak melakukan operasi terpusat. Akan tetapi, nantinya ada anggota yang bersiaga di tempat-tempat keramaian dan strategis.

“Kita akan sebar anggota di 7 titik dan pos yang ada pos polisinya. Karena kita tidak melaksanakan operasi secara terpusat,” katanya, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, sesuai dengan perintah pimpinan untuk penindakan pada operasi Zebra Lodaya Lini yaitu ada sekitar 7 prioritas. Adapun jenis pelanggarannya yang akan ditindak yaitu, pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan HP.

Baca Juga: Sakit Hati Diputusin, PNS Warga Ciamis Sebarkan Video Asusila Selingkuhannya

Kemudian, pengendara kendaraan bermotor yang belum cukup umur, kendaraan roda dua yang berboncengan lebih dari 1 orang. Lalu pengemudi motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi roda 4 atau lebih yang tidak menggunakan safety belt.

Baca Juga: Jadi Korban Tindakan Asusila Seorang Duda, Bocah SD di Ciamis Ngadu Sama Ibunya

“Selain itu mengendarai kendaraan bermotor yang dalam pengaruh minuman keras. Pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, dan pengendara kendaraan yang mengendarai kendaraan bermotor yang melebihi kecepatan yang telah ditentukan,” tuturnya.

Asep menjelaskan, dalam Operasi Zebra Lodaya yang mulai dari tanggal 3 sampai 16 Oktober 2022 ini, mengedepankan upaya preventif dan preemtif.

“Jadi pada operasi kali ini, kita mengedepankan imbauan. Kita juga tidak melakukan penilangan, tapi lebih mengedepankan sisi humanis,” jelasnya.

Adapun 7 titik atau pos Operasi Zebra Lodaya tersebut, yakni Pos  Tonjong, Pos Saripohaci, Pos Alun-alun Ciamis, Pos Graha, Pos Simpang Pasar. Kemudian, Pos Simpang Kodim dan Pos Simpang Toserba Yogya Ciamis. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)