Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita BanjarPelaku Kebakaran Pendopo Kota Banjar, Warga Mekarsari Ditangkap di Rancah

Pelaku Kebakaran Pendopo Kota Banjar, Warga Mekarsari Ditangkap di Rancah

harapanrakyat.com,- Polres Banjar, Polda Jabar, berhasil menangkap pelaku kebakaran gedung Pendopo Kota Banjar. Pelaku tersebut berinisial P (20), warga Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Hal itu terungkap saat kegiatan konferensi pers di depan kantor Satuan Reserse Kriminal, Kamis (27/10/2022).

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo menyampaikan, pelaku berhasil ditangkap pada hari Selasa (25/10/2022) menjelang sore hari di wilayah Rancah, Kabupaten Ciamis.

“Setelah kita mendapat informasi bahwa pelaku berada di wilayah Kabupaten Ciamis, tepatnya di Rancah. Di situ kita bisa mengamankan pelaku,” kata Bayu Catur Prabowo.

Menurutnya, saat pelaku ditangkap berada di wilayah Rancah, Kabupaten Ciamis hendak berobat terkait luka bakar yang ada di kedua kakinya.

“Pertama terkait luka bakarnya, yang kedua berobat ada kemungkinan juga pada saat itu kondisinya sedang marah-marah,” terangnya.

Pelaku Kebakaran Pendopo Kota Banjar Ketahuan dari CCTV

Ia menjelaskan, setelah berhasil ditangkap, polisi kemudian menggali keterangan dari pelaku dan mengumpulkan bukti sebagai petunjuk untuk mengungkap kejadian.

“Setelah dilakukan penangkapan kita juga mengumpulkan keterangan saksi sebanyak 10 orang. Kemudian yang menjadi petunjuk kami adalah mengambil dua rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi,” jelasnya.

Baca Juga: Tersangka Pembakar Pendopo Kota Banjar Pakai Molotov, Disiapkan Sejak Lebaran

Bayu menambahkan, dari rekaman CCTV itu pihaknya mendapat petunjuk dengan pakaian yang digunakan pelaku saat kejadian.

“Sehingga kita mendapatkan petunjuk, pertama terkait dengan pakaian yang digunakan. Kedua petunjuk yang kita dapatkan dari CCTV memperlihatkan pelaku berangkat ke Pendopo dan membawa tentengan,” tambahnya.

Selain itu, pelaku juga menggunakan sepatu dengan ciri-ciri yang sama dengan barang bukti di lokasi kejadian.

“Pelaku juga menggunakan sepatu, tapi kemudian tidak lebih dari 3 sampai 4 menit saja terpantau pelaku kembali sudah tidak menggunakan sepatu seperti awal,” paparnya.

Dari hasil penyelidikan dan pendalaman hal tersebut mengerucut pada pelaku inisial P yang saat ini sudah ditangkap.

“Kita mendapatkan beberapa informasi dari masyarakat yang akhirnya kita lakukan pendalaman hasil dari pendalaman tersebut dan mengerucut kepada satu orang,” imbuhnya.

Sedangkan untuk memperjelas bagaimana peristiwa itu terjadi, Polres Banjar telah melakukan pra rekonstruksi pada hari Rabu (26/10/2022) malam tadi. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)