Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Ban Mobil Pecah dan Trik Jitu Mengatasinya

Penyebab Ban Mobil Pecah dan Trik Jitu Mengatasinya

Penyebab ban mobil pecah penting untuk kita ketahui sebagai pemilik mobil. Ban mobil yang pecah, terutama saat berada di jalan raya dapat menimbulkan kecelakaan. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kondisi ban mobil tersebut.

Mengetahui penyebabnya, ternyata memiliki manfaat yang sangat penting. Salah satunya, semakin mudah untuk melakukan pencegahan sekaligus mengatasinya.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah, Anda Wajib Tahu!

Penyebab Ban Mobil Pecah yang Umum Terjadi

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang umum, akan tetapi sedikit pengendara yang mengetahuinya.

1. Ban Terkena Benda Tajam

Penyebab pertama kali yakni ban terkena benda tajam. Ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi dapat melindas benda tajam dan keras.

Hal ini memungkinkan untuk merobek karet bannya. Selain itu, ban mobil yang kurang angin kemudian melindas benda tajam, membuat benang pada dinding ban mudah putus.

Alhasil, ban mobil menjadi pecah. Kerikil kecil yang kita biarkan pada tapak ban juga dapat menimbulkan korosi. Ban mobil pun semakin mudah mengalami kerusakan.

2. Udara Dalam Ban Kurang Sesuai

Penyebab ban mobil pecah lainnya, yakni udara dalam ban yang kurang sesuai. Umumnya, ban dengan udara berlebihan dapat membuatnya meledak.

Begitu pula ketika udara ban kurang sesuai juga dapat membuat ban meledak. Hal ini terjadi karena salah satu bagian ban mendapatkan tekanan yang lebih besar.

Tekanan inilah yang kemudian membuat gesekan maupun panas semakin tinggi. Tak heran, jika ban kemudian pecah.

Berdasarkan hal ini, pastikan ban kendaraan kita memiliki udara yang sesuai dengan ketentuan pabrik.

Baca Juga: Cara Tambal Ban Mobil Tubeless Termudah, Simak Langkahnya Ini!

3. Melewati Jalan Berlubang

Melewati jalan berlubang juga dapat menjadi salah satu penyebab ban mobil pecah. Kondisi jalan yang berlubang, rusak, maupun banyak kerikil cenderung berbahaya bagi ban mobil.

Pasalnya, ketika kita melewati kondisi jalan semacam itu, dapat melukai ban. Selain itu, ketika ban mobil membentur lubang dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan kawat baja pada ban putus.

Hal inilah yang kemudian semakin meningkatkan risiko ban mobil pecah. Bahkan, hal ini bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sebagai langkah pencegahannya, kita tidak perlu memperbaiki jalan yang rusak. Namun, ada baiknya jika menghindari lubang tersebut. Atau, setidaknya kita mengurangi laju kecepatan ketika melewati jalan berlubang tersebut.

4. Ukuran Velg yang Kurang Sesuai

Penyebab ban mobil pecah berikutnya yakni ukuran velg yang tidak pas. Penting untuk selalu kita ingat, setiap ban mobil memiliki ukuran velg-nya sendiri.

Itulah sebabnya, penting untuk memperhatikan ukuran velg-nya demi menjaga keselamatan. Pemilihan ukuran velg yang salah, membuat dinding ban terlalu terbebani.

Hal inilah yang kemudian membuat ban pecah. Pastikan menggunakan ukuran velg sesuai standar, jangan terlalu kecil maupun terlalu besar.

5. Usia Ban yang Sudah Terlalu Lama

Penyebab ban mobil pecah juga karena usia ban yang sudah terlalu lama. Ban mobil memiliki tanggal kadaluarsa.

Ada baiknya, jika kita mengganti ban mobil tersebut sebelum tanggal kadaluarsanya. Selain itu, ketika kita membeli, pastikan cek tanggal kadaluarsanya.

Dengan begitu, kita bisa tahu, kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Ban yang telah kadaluarsa juga memiliki ciri-ciri tersendiri.

Memiliki dinding karet maupun kawat yang kering dan getas. Jika sudah mendapati kondisi ban semacam ini, segeralah melakukan penggantian. Supaya tidak terjadi hal-hal yang buruk, seperti ban pecah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol dengan Cari Tahu Penyebabnya

Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah di Jalan

Ketika kita bepergian dan masih dalam perjalanan, kemudian tiba-tiba ban mobil pecah, pastikan untuk tidak panik. Usahakan tetap tenang dan lakukan counter steering.

Kurangi kecepatan dan tepikan mobil pada tempat yang aman. Kemudian, gantilah ban yang pecah dengan ban cadangan.

Mungkin, bagi sebagian pengendara merasa kesulitan untuk mengendalikan laju mobil. Meskipun begitu, kita tetap bisa mengendalikannya dengan mengurangi gasnya secara perlahan.

Ban mobil bagian depan ketika pecah cenderung lebih berbahaya bila kita bandingkan dengan ban belakang. Begitu pula sebaliknya, ban belakang pecah, kita lebih mudah dalam mengendalikannya.

Selain selalu berhati-hati saat berkendara, jadikan informasi tentang penyebab ban mobil pecah ini sebagai bekal perjalanan. Dengan begitu, setiap perjalanan yang kita lakukan lancar, aman, dan juga menyenangkan. (R10/HR-Online)