Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab HP Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya, yuk Simak!

Penyebab HP Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya, yuk Simak!

Penyebab hp cepat panas sangat beragam. Hp yang cepat panas pastinya akan memberikan dampak pada perangkat smartphone. Lama-kelamaan, hp Anda pasti akan mengalami penurunan performa pada baterai.

Karena bagaimanapun juga, baterai menjadi komponen yang memegang peranan sangat penting pada hp. Keberadaan baterai dapat mempengaruhi segala kinerja ponsel.

Jika baterai panas, maka kinerja hp akan menurun, seperti terjadi lag dan lain sebagainya. Apabila itu terus terjadi, hp bisa mati.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai HP agar Awet dan Berfungsi Optimal

Penyebab HP Cepat Panas yang Perlu Anda Ketahui!

Sekarang ini memang baterai pada hp keluaran terbaru sudah lebih canggih. Baterai tersebut bisa lebih tahan lama dan tipis sehingga memperindah visual hp.

Namun begitu, sayangnya ada satu masalah yang umum terjadi pada baterai hp saat ini. Masalah tersebut ialah mudah panas.

Padahal, baterai yang mudah panas dapat mempersingkat usia hp. Bahkan baterai yang sering panas dapat mempercepat kerusakan hp.

Tentu saja Anda tidak ingin hp rusak bukan. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari segala kegiatan yang dapat menjadi penyebab baterai lebih cepat panas.

Hp Cepat Panas Karena Apa?

Sebenarnya ada banyak faktor kenapa baterai hp menjadi lebih cepat panas. Bisa jadi karena faktor internal maupun eksternal dan umumnya memang berhubungan dengan kondisi baterai.

Berikut ini daftar penyebab hp cepat panas. Yuk simak!

1. Baterai Bermasalah

Ketika hp mudah panas, bisa jadi itu karena terjadi masalah pada bagian baterainya. Ini merupakan penyebab hp cepat panas yang paling umum.

Ciri panas hp akibat karena baterai bermasalah adalah jika panasnya berasal dari bagian belakang. Baterai yang fungsinya sudah menurun atau mengalami kerusakan biasanya akan menjadi lebih cepat panas.

2. Charger Bermasalah

Penyebab kedua ini juga masih berhubungan dengan baterai. Bisa jadi charger yang Anda gunakan untuk mengisi baterai sedang bermasalah.

Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel akan membuat hp tidak stabil karena mengirimkan daya lebih tinggi atau lebih rendah dari kebutuhan.

Baca Juga: Tips Mengisi Baterai HP dengan Cepat, Mudah dan Tidak Ribet

3. Faktor Lingkungan

Kalau sebelumnya termasuk ke dalam faktor internal hp, maka selanjutnya adalah faktor eksternal. Keadaan lingkungan ternyata juga bisa mempengaruhi suhu hp.

Saat hp Anda terpapar sinar matahari secara langsung, maka pastinya akan membuatnya cepat panas dan fungsi layar sentuhnya juga menurun.

4. Menggunakan Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Streaming membutuhkan koneksi internet dan daya yang besar. Hal ini akan membuat hp menjadi panas jika Anda lakukan dalam waktu yang lama.

Selain streaming, menjalankan aplikasi yang terlalu berat juga akan sangat mempengaruhi GPU ponsel sehingga membuat suhu lebih panas.

5. Susah Sinyal

Ternyata susah mendapatkan sinyal juga menjadi penyebab hp cepat panas. Ini karena hp harus mencari sinyal secara terus-menerus.

6. Pengaturan Kurang Optimal

Sebaiknya Anda mengoptimalkan pengaturan pada hp untuk mencegah terjadinya cepat panas. Misalnya mengatur tingkat kecerahan, pemakaian live wallpaper, widget yang terlalu banyak, dan lainnya.

HP Cepat Panas Apakah Berbahaya?

Ketika hp panas, maka artinya tidak dalam suhu atau keadaan yang normal. Apalagi jika hp panas dengan sangat cepat.

Hp yang cepat panas juga bisa membahayakan karena membuat kurang nyaman saat digunakan. Kemudian kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah kerusakan pada hp.

Dalam beberapa kasus, hp yang panas juga bisa saja meledak dan membahayakan. Oleh karena itu, Anda harus dapat menghindari penyebab hp cepat panas seperti di atas.

Baca Juga: Cara Menambah Kapasitas Baterai HP Android dengan Metode Kalibrasi

Apa yang Harus Dilakukan Jika HP Panas?

Apabila Anda sudah mengetahui penyebab pasti dari suhu hp yang mudah panas, maka kita bisa mulai mendapatkan solusinya.

Cara agar hp tidak mudah panas adalah dengan menghindari penggunaan charger abal-abal. Anda harus menggunakan charger yang original agar sesuai dengan spesifikasi hp.

Kemudian Anda juga bisa mengurangi kegiatan multitasking dan penggunaan beberapa aplikasi aktif secara bersamaan. Saat bermain game pun Anda tidak boleh secara terus-menerus.

Berikan jeda selama beberapa saat agar hp bisa beristirahat sejenak. Hapus juga berbagai file menumpuk yang tidak berguna dan hindari penggunaan casing terlalu ketat.

Dengan tidak melakukan penyebab hp cepat panas, maka suhu akan tetap stabil. Baterai dan komponen hp lainnya juga sehat dan bisa bertahan lebih lama. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar