Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Radiator Bocor hingga Mobil Overheat

Penyebab Radiator Bocor hingga Mobil Overheat

Penyebab radiator bocor penting sekali diwaspadai setiap pemilik kendaraan. Sebab radiator yang bocor jika tidak segera ditangani bisa menjadi penyebab mesin mobil mengalami overheat. Anda harus melakukan berbagai tips perawatan mobil yang tepat agar komponen tetap berfungsi optimal.

Ketika radiator mobil Anda sehat, maka komponen lainnya juga akan sehat atau normal. Akan tetapi jika radiator mobil mengalami masalah yang cukup parah, maka bisa memicu timbulnya permasalahan pada komponen yang lain.

Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Kotor hingga Bersih

Kenali Penyebab Radiator Bocor, Jangan Anggap Sepele!

Radiator merupakan salah satu komponen pada mobil yang cukup sensitif. Sehingga, sebagai pemilik kendaraan sebaiknya Anda harus melakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi kebocoran pada komponen ini.

Sebab, apabila bagian radiator tidak mendapatkan perawatan yang baik dan benar, maka bisa menimbulkan kerusakan yang semakin parah. Bahkan bisa menyebabkan mobil Anda mengalami overheat.

Fungsi radiator yaitu membantu proses pembakaran pada mesin mobil. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada radiator mobil adalah kebocoran.

Agar masalah ini tidak menimpa pada kendaraan Anda, sebaiknya Anda kenali berbagai macam penyebab radiator bocor berikut ini.

1. Korosi

Penyebab radiator bocor yang pertama yaitu karena adanya masalah korosi. Radiator yang sudah lama bisa menjadi panas karena mesin.

Dengan adanya panas dan tekanan ini, radiator bisa mengalami korosi. Korosi juga bisa terjadi saat penggunaan sudah cukup lama dalam jangka waktu tertentu.

Karat dan korosi pada radiator mampu menimbulkan retakan kecil pada radiator dan bisa membuat air jadi merembes.

2. Saluran Radiator Mampet

Penyebab kebocoran radiator mobil juga bisa karena saluran radiator yang mampet. Hal seperti ini sering terjadi karena penggunaan air biasa.

Selain itu, kondisi air radiator biasanya juga jarang diperhatikan. Sehingga lama-kelamaan bisa muncul kotoran yang dapat menjadikan jalur distribusi air radiator menjadi terhalang.

Pada saat saluran radiator sudah terhambat, panas dari mesin menjadi tidak bisa tersalurkan ke elemen pelepas panas radiator.

3. Pompa Air Gagal

Air bocor dari radiator mobil juga bisa karena bagian pompa air yang rusak. Sebab, pada umumnya pompa ini akan bertanggung jawab untuk mensirkulasikan air pada bagian selang dan radiator.

Fungsi pompa air yang gagal ini bisa jadi karena adanya kerusakan eksternal. Sebab, posisinya tepat pada bagian bawah mesin.

Bisa juga karena sambungan selang radiator mengalami kendor. Dengan begitu bisa menyebabkan kebocoran pada bagian radiator.

Baca Juga: Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat, Lakukan 6 Langkah Awal Ini!

Tips Perawatan Radiator Mobil

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab terjadinya kebocoran pada radiator, kini saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara perawatan radiator mobil. Tujuannya supaya radiator pada mobil Anda tetap bisa berfungsi secara optimal.

Memakai Radiator Coolant

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kebocoran pada radiator yaitu dengan memakai coolant. Coolant merupakan cairan yang bisa mencegah terjadinya karatan pada  radiator mobil.

Pastikan Anda menggunakan radiator coolant yang berkualitas dan asli dari pabriknya agar fungsi radiator tetap bisa optimal

Pastikan Radiator Tertutup Rapat

Penyebab radiator bocor juga bisa karena radiator yang tidak tertutup rapat. Maka dari itu, pastikan jika radiator telah tertutup dengan rapat.

Jika pada bagian tutup radiator belum tertutup dengan rapat, bisa jadi coolant tidak tahan dengan panas. Maka dari itu, tutuplah radiator tersebut dengan rapat untuk melindungi coolant dari temperatur yang panas.

Selalu Cek Volume Cairan Radiator

Jangan lupa untuk selalu mengecek jumlah volume cairan pada radiator mobil. Pastikan jika takaran cairannya sudah pas agar fungsi radiator bisa optimal.

Perlu Anda pahami jika volume air radiator harus selalu tercukupi. Sebab, jika radiator tidak mempunyai cairan pas, kinerjanya bisa menurun dan bisa mengalami kenaikan temperatur. Naiknya temperatur ini bisa jadi penyebab radiator bocor.

Baca Juga: Komponen Mesin yang Bergerak Beserta Fungsinya Wajib Anda Tahu

Bersihkan Komponen pada Radiator Secara Rutin

Dalam radiator terdapat berbagai macam komponen yang harus rutin Anda bersihkan. Antara lain yaitu bagian kisi-kisi udara dan bagian pompa oli.

Bagian yang berfungsi untuk mengatur keluar masuk angin ini memang harus rutin Anda bersihkan. Dengan begitu, kinerja radiator mobil bisa menjadi lebih optimal.

Dengan mengetahui berbagai macam penyebab radiator bocor dan cara perawatannya, pemilik kendaraan sebaiknya bisa merawat komponen ini dengan baik. Sehingga mobil Anda bisa terhindar dari permasalahan seperti overheat. (R10/HR-Online)