Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rambut Lama Panjang yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Penyebab Rambut Lama Panjang yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Penyebab rambut lama panjang sebenarnya cukup banyak. Sehingga bagi pemilik rambut yang lama panjang, harus tahu apa saja penyebab utamanya. Mengingat bahwa rambut yang panjang pasti menjadi impian bagi semua kaum perempuan, sehingga penting melakukan perawatan rambut.

Biasanya rambut manusia akan tumbuh setidaknya 1.5 cm setiap bulan pada fase anagen alias pertumbuhannya. Meski demikian, ternyata tidak semua orang rambutnya bisa tumbuh dalam waktu yang sangat singkat.

Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Lepek Akibat Pakai Helm

Penyebab Rambut Lama Panjang, Kira-Kira Apa Saja?

Rambut bagi seorang perempuan adalah mahkota, sehingga keberadaannya begitu penting untuk menunjang penampilan. Karena dengan rambut yang indah dan lebat akan membuat seseorang lebih merasa percaya diri saat bertemu dengan orang banyak.

Tapi permasalahannya adalah saat rambut pendek yang tidak kunjung panjang sehingga membuat kita merasa minder. Padahal sudah berbagai cara kita lakukan untuk menumbuhkan rambut namun hasilnya sia-sia.

Nah sebelum mengatasinya, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja sebenarnya hal yang menyebabkan rambut panjang sangat lama.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda akan lebih mudah lagi untuk mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: Penyebab Rambut Bau Apek, Pahami Hal Ini!

Sering Terkena Paparan Panas

Penyebab rambut lama panjang yang pertama mungkin karena terlalu sering terkena paparan panas seperti blow driver maupun catokan rambut.

Namun siapa sangka, ternyata rasa panas pada alat-alat seperti ini bisa mengurangi kelembaban kutikula dan menyebabkan rambut jadi rapuh.

Selain itu, dengan adanya kondisi kutikula yang tidak sehat seperti ini, maka membutuhkan waktu lama untuk menumbuhkan rambut. Pasalnya rambut yang kering dan rapuh, maka akan lebih mudah patah dan sulit untuk tumbuh dalam waktu cepat.

Oleh karena itu, solusi terbaik adalah dengan cara mengurangi penggunaan alat pengering rambut maupun catokan. Akan lebih baik lagi jika Anda sering menggunakan serum atau tonic pertumbuhan rambut supaya jaringan kutikula menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Memperbaiki Rambut Rusak dengan Mudah, Gunakan Bahan Alami Ini!

Stress dan Jarang Konsumsi Makanan Bergizi

Ternyata hal yang menjadi penyebab mengapa rambut susah panjang adalah stress berlebih dan jarang konsumsi makanan bergizi. Ketika sedang stress, maka saraf akan memberikan lebih banyak sinyal ke otak untuk menghentikan pertumbuhan rambut.

Sehingga dengan demikian rambut akan langsung memasuki fase kedua yaitu istirahat alias cottage. Hingga pada akhirnya akan berlanjut ke fase telogen alias rontok.

Tidak hanya itu saja, melainkan bagi Anda yang jarang mengonsumsi makanan bergizi, maka kesuburan rambut menjadi tidak baik lagi. Sehingga akan menyebabkan rambut Anda menjadi lebih lama untuk panjang lagi.

Jadi, guna mempercepat pertumbuhan rambut adalah sebaiknya konsumsi sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3.

Selanjutnya makanan dengan asupan dari zat besi, kandungan biotin, hingga vitamin C, D, dan E juga harus Anda konsumsi.

Setelah Anda tahu penyebab rambut lama panjang, maka Anda juga harus selalu merawat kondisinya agar selalu sehat. Gunakan produk perawatan rambut berkualitas supaya rambut tetap sehat. (R10/HR-Online)