Selasa, Desember 6, 2022
BerandaTeknologiAplikasiPenyebab WhatsApp Web Error Paling Umum, Ternyata Karena Ini!

Penyebab WhatsApp Web Error Paling Umum, Ternyata Karena Ini!

Penyebab WhatsApp Web error sebenarnya ada banyak sekali. Jadi dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindari WhatsApp Web error. Biasanya faktor utama WhatsApp ini error adalah karena jaringan internet yang tidak stabil.

Tidak hanya itu saja, melainkan masih ada banyak faktor penyebab lain yang kemungkinan belum Anda ketahui sekarang. Sebelum lanjut, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian dari WA Web terlebih dahulu.

Baca Juga: WhatsApp Web Tidak Bisa Scan Barcode, Ini Penyebab dan Solusinya!

Penyebab WhatsApp Web Error yang Umum Terjadi pada Laptop

Seperti yang kita tahu bahwa WhatsApp Web saat ini sudah menjadi salah satu platform yang sangat populer di kalangan masyarakat. Karena keberadaannya memudahkan kita untuk membuka aplikasi WA pada laptop maupun komputer.

Meski demikian, ada kendala bahwa WhatsApp Web mungkin terjadi error, sehingga sangat mengganggu pekerjaan. Biasanya fitur dari WA Web ini tidak berfungsi dengan baik, sehingga kendala WA error terjadi ketika menggunakannya.

Padahal keberadaan WhatsApp Web seperti ini akan memudahkan kita untuk mengakses WA pada perangkat laptop melalui website. Sebelum mengatasinya, maka Anda harus tahu apa saja penyebab utama dari kondisi seperti itu.

Baca Juga: WhatsApp Web Susah Terhubung, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah pada Koneksi Smartphone

Penyebab WhatsApp Web error yang pertama mungkin saja bisa terjadi karena ada masalah pada koneksi di HP smartphone. Karena memang sebenarnya bahwa WhatsApp Web ini akan bergantung pada perangkat HP kita sendiri, mengingat WA Web hanya sebagai penunjangnya.

Jadi, WhatsApp Web harus selalu terhubung dengan WA pada smartphone untuk bisa mensinkronisasikan pesan yang Anda terima. Apabila HP Anda tidak terhubung dengan WhatsApp, maka WA Web pun juga tidak bisa Anda gunakan.

Guna mengatasinya maka Anda bisa membuka WA di HP kemudian mencoba untuk mengirim pesan kepada orang lain. Jika masih ada masalah soal koneksi smartphone Anda bisa mengaktifkan flight mode lalu nonaktifkan kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Web Keluar Sendiri, Perhatikan Keamanan!

Masalah pada Jaringan Laptop

Tak hanya dari masalah pada HP saja, melainkan masalah jaringan pada laptop juga menjadi penyebab mengapa WA Web bisa error. Itu artinya bahwa penggunaan WhatsApp Web ini akan bergantung pada koneksi internet pada laptop Anda.

Sehingga dengan demikian juga membutuhkan jaringan internet yang memadai dan stabil. Karena pada dasarnya WhatsApp Web tidak akan bisa terhubung apabila pada halaman website tersebut tertulis kalimat “computer not connected”.

Jadi pastikan dulu bahwa perangkat laptop Anda tidak mengalami gangguan pada jaringan internetnya. Apabila ini terjadi, maka muat ulang atau refresh halaman WhatsApp Web itu saja.

Bisa juga dengan log out sesi WA Web lalu masuk kembali. Guna meminimalisir kejadian seperti itu, maka gunakan browser seperti Firefox, Chrome, maupun Safari dan Opera. Sebab beberapa browser seperti ini memang lebih cepat daripada dengan jenis browser yang lain.

Setelah Anda tahu beberapa penyebab WhatsApp Web error, maka sebelum menggunakan pastikan bahwa jaringan internet Anda benar-benar stabil. Baik itu pada perangkat smartphone maupun laptop Anda. (R10/HR-Online)