Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Busi Motor Asli dan Palsu, Simak Ini Sebelum Membeli!

Perbedaan Busi Motor Asli dan Palsu, Simak Ini Sebelum Membeli!

Perbedaan busi motor asli dan palsu wajib Anda ketahui. Sebab banyak yang memproduksi busi motor palsu, sehingga harus tahu perbedaannya. Karena komponen motor satu ini sangat penting, maka Anda harus bisa memilih dengan cara yang tepat.

Busi sendiri berguna sebagai pemercik api dalam proses pembakaran dalam mesin suatu kendaraan, termasuk motor.

Jadi pastikan bahwa Anda benar-benar menggunakan busi yang berkualitas baik atau memilih yang asli. Lalu apa perbedaannya dengan yang palsu?

Baca Juga: Cara Membersihkan Busi Motor, Performa Mesin Kembali Optimal

Perbedaan Busi Motor Antara Asli dan yang Palsu, Apa Saja?

Semakin banyaknya kendaraan, termasuk di kota-kota besar maka akan semakin bertambah pula kebutuhan komponen untuk kendaraan tersebut.

Dari sekian banyak komponen sepeda motor, maka salah satu komponen yang tak kalah penting adalah busi.

Pasalnya saat ini sudah ada banyak sekali busi yang beredar di pasaran dengan harga berbeda-beda tergantung dari mereknya sendiri.

Selain itu, untuk bisa mendapatkan komponen yang satu ini juga sangat mudah, sebab hampir setiap bengkel pastinya sudah menyediakannya.

Namun sayangnya seiring banyaknya jumlah permintaan pasar terhadap komponen ini menjadikannya tidak direkomendasikan. Karena hal ini mungkin saja bisa berakibat terhadap produk yang tidak baik alias busi palsu atau tidak original.

Sehingga Anda harus bersikap lebih hati-hati lagi ketika akan membeli komponen ini untuk sistem pengapian motor.

Sebab jika kurang teliti, maka Anda justru bisa mendapat busi yang palsu. Lalu apa saja perbedaan antara busi yang asli dan yang palsu?

Kode Busi

Perbedaan busi motor antara yang asli dan palsu bisa Anda lihat secara mudah melalui kodenya terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kode pada komponen busi ini sendiri berfungsi sebagai informasi kode produksi tiap merek.

Nah dengan kata lain, maka kode produksinya hanya bisa diketahui oleh perusahaan atau yang membuat busi itu sendiri. Secara otomatis, tampilan kode produksi pada komponen ini akan terlihat lebih rapi dan teratur.

Hal semacam inilah yang akan membedakan antara busi asli dan palsu. Nah pada busi palsu, maka cetakan kode produksinya tidak rapi dan terkesan lebih asal-asalan.

Sehingga melihat bagaimana tampilan kode produksi merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengecek keaslian produk tersebut.

Jangan sampai Anda sembarangan memilih tanpa melihat kode tersebut, sebab hal ini mungkin akan mengecewakan Anda sendiri.

Baca Juga: Perbedaan Busi Racing dan Standar pada Tipe Sepeda Motor

Plating Metal Shell

Perbedaan busi motor asli dan palsu selanjutnya yang bisa Anda ketahui adalah melihat plating metal shell dan gasket-nya. Seperti yang kita tahu bahwa kualitas sendiri merupakan hal nomor satu pada sebuah produk asli.

Hal seperti ini tentunya juga sejalan dengan berbagai part yang ada dan benar-benar terbukti bagaimana performa dan kualitasnya. Sebut saja pada bagian plating metal shell, ini terbuat dari bahan material baja yang sifatnya lebih kuat serta tidak mudah berkarat.

Berbeda lagi jika Anda membeli busi palsu, sebab jenis busi ini cenderung lebih mudah berkarat. Hal ini lantaran produknya terbuat dari bahan material yang tidak berkualitas.

Parahnya lagi terkadang karat itu justru juga sering muncul dulu ketika Anda baru saja membuka busi dari dalam kemasannya. Nah, karat ini biasanya akan berbentuk bintik-bintik pada bagian plating metal shell tersebut.

Ring Tengah dan Warna Keramik

Perbedaan busi motor antara yang palsu dan asli bisa Anda lihat dan cermati dari ring tengah serta warna keramiknya sendiri. Biasanya untuk busi palsu maka ada ring tengah yang sangat mudah untuk kita lepas.

Akan tetapi untuk jenis busi yang asli maka ring tengah tersebut sulit sekali untuk kita lepas. Walaupun ring tersebut tetap bisa terlepas karena kita paksa, justru akan rusak sebab tidak bisa terpasang kembali.

Selanjutnya salah satu bagian pada komponen busi yang berguna untuk isolatornya adalah keramik. Nah, keramik pada busi yang asli warnanya adalah putih tetapi tidak terlalu cerah.

Atau bisa kita bilang juga dengan sebutan putih susu dan warna doff. Akan tetapi pada busi palsu, justru terjadi sebaliknya yakni cenderung memiliki warna putih yang sangat cerah.

Baca Juga: Jenis Busi Motor Bervariasi Lengkap dengan Fungsinya

Sebagai informasi tambahan lagi, bahwa penggunaan komponen pengapian berupa busi palsu maka akan berdampak buruk pada kendaraan motor Anda.

Sebab hal ini akan menghasilkan pengapian yang kecil hingga pada akhirnya membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, ketahui terlebih dahulu apa saja perbedaan busi motor antara yang asli dan yang palsu. Tujuannya adalah supaya Anda tidak kecewa kemudian hari karena membeli produk palsu. (R10/HR-Online)