Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia, yuk Simak!

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia, yuk Simak!

Perbedaan otak kanan dan otak kiri pada manusia cukup signifikan. Baik otak kanan dan otak kiri memiliki perbedaan fungsi yang sama pentingnya untuk kehidupan sehari-hari. Kedua bagian otak manusia ini memiliki peran tersendiri untuk mengendalikan tubuh.

Seperti yang semua orang tahu bahwa otak adalah sebuah organ vital di dalam tubuh manusia. Otak manusia sendiri hanya satu, tetapi terbagi menjadi dua bagian.

Menariknya, bagian kanan dan kiri pada otak manusia sangat berbeda. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan peran masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, ini dia penjelasan serta fungsi dari kedua bagian otak manusia.

Baca juga: Cara Kerja Otak Manusia yang Dinilai Paling Ajaib

Apa Sebenarnya Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia?

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem yang luar biasa. Semua sistem di dalam tubuh dapat bekerja dengan teratur setiap harinya karena peran otak.

Otak merupakan sebuah organ yang ada di kepala manusia. Meski ukurannya tidak terlalu besar, tetapi otak manusia ini menjadi alat pengendali tubuh manusia.

Organ ini berfungsi untuk mengendalikan semua otot di dalam tubuh. Sehingga, mereka bisa bergerak sesuai keinginan.

Contoh mudahnya adalah ketika Anda menggerakkan tangan atau kaki. Saat itu sebenarnya terjadi hubungan antara otak dan juga otot-otot di daerah tangan atau kaki tersebut.

Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengetahui bahwa otak manusia terbagi menjadi dua bagian. Bagian tersebut adalah kiri dan kanan.

Menariknya lagi, perbedaan otak tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda. Otak kanan memiliki keunggulan mereka sendiri, begitupun juga dengan bagian lainnya.

Biasanya otak kiri lebih unggul dalam hal mengerjakan logika. Kemudian otak kiri juga begitu dominan dalam hal berbicara.

Sedangkan di sisi lain otak kanan berperan penting dalam memproses musik, mengenali wajah, dan berbagai hal lainnya yang mirip seperti otak kiri.

Baca juga: Fungsi Otak Kecil pada Tubuh Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi dari Otak Kiri

Untuk mengetahui perbedaan otak kanan dan otak kiri, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsinya. Otak bagian kiri manusia merupakan pusat dari pemikiran.

Bagian otak kiri akan membantu manusia lebih unggul dalam hal logika dan juga hitungan matematika. Dengan kata lain, otak kiri manusia lebih unggul untuk digunakan menganalisa sesuatu.

Otak kiri akan cenderung lebih mudah menyerap topik mengenai hitungan, angka, bahasa, logika, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi, jika seseorang unggul di dalam bidang matematika ataupun hitungan lainnya, maka sebenarnya mereka memiliki otak kiri yang lebih unggul.

Fungsi dari Otak Kanan

Beralih ke otak kanan, kemampuan bagian ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Jika otak kiri untuk menganalisis, maka tidak dengan otak kanan.

Dalam perkembangannya, otak kanan lebih mengarah kepada komunikasi atau sosialisasi. Selain itu, otak kanan juga berada di balik pengendalian emosi manusia.

Bagian kanan pada otak kanan akan lebih unggul jika berhadapan dengan kegiatan kreatif, seperti halnya menari, menggambar, ataupun berkomunikasi. Inilah yang menjadi perbedaan otak kanan dan otak kiri manusia.

Oleh karena itu, jika Anda melihat seniman atau orang lain yang unggul di bidang seni artinya otak kanan mereka lebih dominan daripada otak kirinya.

Selain itu, otak kanan juga berfungsi untuk membantu citra visual dari apa yang Anda lihat dengan mata. Bagian ini dapat menyimpan ingatan jangka panjang dan juga imajinasi.

Baca juga: Bagian Otak dan Fungsinya yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Mana yang Lebih Baik?

Anda sudah mengerti bahwa setiap bagian otak manusia memiliki fungsi mereka masing-masing. Pertanyaan yang paling sering muncul adalah mana bagian yang terbaik.

Sebenarnya pertanyaan ini jelas salah besar. Sebab, baik kanan dan kiri sama-sama unggul di bidangnya. Perbedaan mereka bukan berarti membuat salah satunya lebih baik.

Misalnya otak kanan yang lebih unggul dalam hal-hal seni dan kreatif juga bisa untuk menyelesaikan urusan matematika, meskipun memang tidak sebaik otak kiri.

Hal itu juga berlaku pada otak kiri. Bagian otak yang lebih unggul untuk kegiatan analisa dan hitungan ini juga bisa untuk mengelola emosi, namun juga tidak sebaik otak kanan.

Jadi, meskipun terdapat perbedaan otak kanan dan otak kiri, sebenarnya fungsi otak tetap sama. Keduanya sama-sama menjadi pusat pengendali tubuh manusia yang sangat penting di kehidupan. (R10/HR-Online)