Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Purging dan Breakout Setelah Penggunaan Skincare

Perbedaan Purging dan Breakout Setelah Penggunaan Skincare

Perbedaan purging dan breakout bisa dilihat dari kondisinya. Purging dan breakout adalah masalah yang dialami karena penggunaan skincare. Hal ini biasanya dipengaruhi karena penggunaan skincare baru.

Sehingga membuat kulit wajah harus bisa beradaptasi dengan produk tersebut. Lantas apa perbedaan dengan keduanya, mari simak penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Manfaat Lendir Bekicot untuk Kecantikan, Atasi Jerawat Hingga Kerutan

Mengenal Perbedaan Purging dan Breakout

Kulit berjerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami sebagian besar orang terutama wanita. Jerawat muncul dengan berbagai faktor penyebabnya. Salah satunya penggunaan produk skincare baru.

Kondisi ini bisa disebut dengan istilah purging dan breakout dengan reaksi jerawat. Mungkin masih banyak belum mengenal dengan kedua istilah tersebut.

Meski terdengar mirip namun keduanya memiliki perbedaan. Untuk membedakan keduanya bisa Anda lihat dari ciri-cirinya. Selain itu, bisa Anda lihat dari berapa lama jerawat berada pada wajah Anda.

Untuk jerawat purging biasanya akan hilang setelah 24 jam. Namun untuk jerawat breakout biasanya muncul secara menyeluruh dan semakin buruk tiap harinya.

Agar tidak penasaran simak perbedaan jerawat tersebut dari ciri-cirinya.

Baca Juga: Cara Memilih Warna Foundation yang Tepat Agar Penampilan Oke!

Jerawat Purging

Melihat perbedaan purging dan breakout bisa datang dari ciri cirinya. purging itu sendiri adalah kondisi kulit sedang melakukan penyesuain kulit terhadap produk skincare.

Istilah ini juga mengacu pada reaksi kulit terhadap bahan aktif dari suatu produk. Reaksi tersebut akan meningkatkan laju pergantian sel kulit.

Purgin terjadi ketika sel kulit beregenerasi dengan cepat dan membuat sel kulit mati mengelupas.

Ketika sel kulit mati terkelupas, sel kulit menjadi lebih sehat. Setelah proses terjadi kulit akan jauh lebih bersih, sehat dan bercahaya.

Kondisi ini tidak hanya saat penggunaan skincare saja, namun juga pada produk kecantikan lain mulai dari peeling dan laser.

Baca Juga: Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal untuk Kulit Wajah Glowing

Jerawat Breakout

Sedangkan untuk jerawat breakout memiliki perbedaan dengan purging. Breakout itu sendiri adalah kulit yang sensitif atau tidak cocok terhadap kandungan dalam produk skincare.

Kondisi ini bisa menyumbat pori-pori kulit dan mengakibatkan timbulnya iritasi.

Jerawat dengan peradangan biasanya muncul pada beberapa area yang jarang tumbuh jerawat. Bahkan jenis jerawat ini memiliki ukuran besar dan jumlahnya banyak.

Jerawat breakout muncul dan bertahan dalam kurun waktu 1-5 hari setelah penggunaan produk. Biasanya tanda-tanda ini membuktikan jika produk skincare yang Anda gunakan tidak cocok di kulit.

Untuk itu, segera ganti produk skincare yang aman dan cocok dengan kondisi kulit saat tahu perbedaan purging dan breakout.

Segera hentikan agar tidak memperparah kondisi kulit wajah Anda. Jerawat semakin banyak dan akan merusak tampilan jika produk tersebut tidak tepat.

Sebaiknya gunakan produk kecantikan yang tepat pada jenis kulit Anda. Jika tidak, penggunaan produk tersebut akan membuat indikasi masalah kulit berjerawat.

Biasanya saat menggunakan produk skincare baru, kulit butuh penyesuaian. Untuk itu, Anda perlu tahu perbedaan purging dan breakout untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok atau tidak. (R10/HR-Online)