Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan Berdasarkan Organelnya

Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan Berdasarkan Organelnya

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan penting untuk kita ketahui. Dengan mengetahui perbedaan kedua sel makhluk hidup tersebut, dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Apalagi, baik tumbuhan maupun hewan tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita setiap harinya.

Dalam rantai makanan, tumbuhan berperan sebagai produsen atau penghasil sumber makanan. Sedangkan hewan berperan sebagai konsumen.

Baca Juga: Fungsi Sel Kersik yang Ada di Batang Tumbuhan, Apa Itu?

Inilah 7 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Berbicara soal struktur dasar hewan dan tumbuhan, sebenarnya keduanya adalah sama. Namun hewan dan tumbuhan selalu mengalami perkembangan.  Tujuannya supaya dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

Seperti yang kita tahu, lingkungan hewan dan tumbuhan tidaklah sama. Hal inilah yang membuat sel keduanya hewan dan berbeda.

Lantas, apa sajakah perbedaannya? Berikut ini informasinya!

1. Dinding Sel

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan bisa kita lihat dari ada tidaknya dinding sel. Dinding sel merupakan sebuah membrane sel maupun selulosa yang kaku.

Tumbuhan memiliki dinding sel. Sedangkan hewan tidak memilikinya. Itulah sebabnya, sel tumbuhan cenderung kaku dan keras.

Hal ini bisa kita cermati kembali dengan melihat batang maupun ranting tanaman yang kaku dan keras. Akibat adanya dinding sel, sel tumbuhan tidak mengalami perubahan.

Lain halnya dengan sel hewan, karena tidak memiliki dinding sel, masih bisa berubah bentuk.

2. Kloroplas

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, jika tumbuhan merupakan produsen. sebab, tumbuhan merupakan autotrof, yakni dapat berfotosintesis.

Sehingga, mampu menghasilkan energi yang berasal dari sinar matahari. Proses fotosintesisi ini melalui organel sel yang kita sebut sebagai kloroplas.

Sedangkan pada hewan, tidak mempunyai kloroplas. Sel hewan menghasilkan energi dari makanan atau glukosa melalui proses respirasi sel.

Proses respirasi sel ini berlangsung dalam mitokondria. Akan tetapi, sel tumbuhan juga memiliki mitokondria.

Baca Juga: Fungsi Ribosom pada Sel Tumbuhan, Pengertian, Ciri-ciri dan Strukturnya

3. Lisosom

Perbedaan lainnya juga bisa kita lihat dari fungsi lisosom. Sel hewan memiliki lisosom.

Lisosom pada sel hewan memiliki kandungan enzim pencernaan. Fungsinya untuk memecah makromolekul makanan.

Selain itu, juga mengandung enzim hidrolitik yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Sementara itu, umumnya sel tumbuhan tidak memiliki lisosom.

Pasalnya, proses pemecahan degradasi molekul pada sel tumbuhan terjadi dalam badan golgi.

4. Sentriol

Sentriol merupakan sepasang struktur dengan bentuk seperti silinder dengan lubang tengah. Ada atau tidaknya sentriol ini juga bisa menjadi perbedaan sel hewan dan tumbuhan.

Pada dasarnya, semua sel hewan mempunyai sentriol. Namun, tidak semua tumbuhan memiliki sentriol.

Umumnya, hanya beberapa tumbuhan yang lebih rendah saja yang memiliki sentriol ini. Sebagai contoh lumut, sikas, gamet jantan dari karofit, tumbuhan vaskular tanpa biji, hingga ginkgo.

5. Vakuola

Vakuola memiliki fungsi sebagai tempat penyimpan cairan, cadangan zat, sisa metabolisme, dan racun yang harus dikeluarkan. Pada sel hewan memiliki vakuola.

Akan tetapi, jumlahnya sangat terbatas dan hanya pada sebagian sel hewan. Bahkan, terdapat sel hewan yang tidak ada vakuola-nya sama sekali.

Sel hewan yang memiliki vakuola umumnya hewan dengan karakteristik sel tunggal. Selain itu, memiliki ukuran yang relatif lebih kecil.

Berbeda dengan sel tumbuhan, vakuola merupakan salah satu organel yang menjadi ciri khas pada sel tumbuhan.

6. Membran Plasma

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan selanjutnya, yakni kita lihat dari membran plasma.  Membran plasma atau membran sel merupakan membran yang terdapat pada semua sel.

Fungsinya untuk memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luarnya. Membran plasma ini kita temukan pada sel tumbuhan dan sel bakteri.

Membrane plasma merupakan tempat melekatnya dinding sel. Selain itu, terdiri dari lapisan ganda lipid yang semipermeable. Fungsi lain dari membrane plasma untuk mengatur pengangkutan material yang masuk maupun keluar sel.

Baca Juga: Fungsi Sentrosom pada Sel Hewan dan Perannya dalam Pembelahan

7. Silia

Silia merupakan organel yang berfungsi sebagai alat gerak sel. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan, juga karena ada dan tidaknya silia. Sel hewan memiliki silia.

Sedangkan sel tumbuhan tidak kita temukan silia. Pasalnya, sel tumbuhan merupakan sel yang stabil dan tidak bergerak ataupun mengalami perubahan.

Intinya, perbedaan sel hewan dan tumbuhan ini bisa kita lihat dari ada tidaknya organel tertentu. Perbedaan lainnya, hewan bersifat multiseluler dan eukariotik. (R10/HR-Online)