Minggu, Februari 5, 2023
BerandaTeknologiAplikasiPerbedaan WA dan Telegram, Anda Pilih yang Mana?

Perbedaan WA dan Telegram, Anda Pilih yang Mana?

Perbedaan WA dan Telegram perlu Anda ketahui. Sekilas, WA dan Telegram sama saja, namun ada perbedaan apabila ditilik kembali. Kedua aplikasi chat tersebut mempunyai banyak fitur yang bermanfaat.

Kian lama zaman terus berkembang dan mengalami peningkatan. Hal tersebut dibarengi juga dengan berkembangnya teknologi serta digital. Sekarang ini, apabila Anda ingin menjalin komunikasi sudah serba mudah.

Begitu banyak aplikasi penunjang untuk berkomunikasi, bahkan jarak jauh sekalipun. Ya, tersedia banyak pilihan jenis aplikasi yang dapat Anda pergunakan. Di Indonesia sendiri, aplikasi komunikasi yang cukup populer yaitu Telegram dan WhatsApp.

Baca Juga: Fitur Undo Delete WhatsApp Edit Pesan Setelah Terkirim

Ketahui Perbedaan WA dan Telegram

WhatsApp dan Telegram, keduanya adalah aplikasi chatting atau perpesanan yang banyak dipakai oleh masyarakat Tanah Air. Seperti yang Anda tahu, saat ini perpesanan sudah jadi kebutuhan bagi banyak orang.

Sehingga, WhatsApp dan Telegram terus bersaing demi memberikan pelayanan terbaiknya. WA dan Telegram merupakan 2 aplikasi perpesanan yang banyak jadi perbincangan belakangan ini. Sebab, berbagai perbedaan terdapat dalam kedua aplikasi tersebut.

Walaupun WhatsApp mempunyai lebih banyak pengguna, akan tetapi fitur yang terdapat pada Telegram juga tidak kalah menarik. Supaya lebih jelas, berikut merupakan perbedaan WhatsApp dan Telegram yang perlu Anda ketahui.

Sinkronisasi

WhatsApp tidak dapat Anda gunakan bersama di berbagai perangkat. Jika Anda sudah login pada satu perangkat, maka Anda tidak dapat login di waktu yang sama dengan memakai perangkat yang lain.

Sementara itu, Telegram berbasis cloud. Sehingga Anda dapat login Telegram memakai berbagai perangkat. Seperti ponsel, PC, tablet, dan lain sebagainya.

Keamanan

Di Telegram, Anda dapat melakukan chatting sepuasnya dengan aman. Sebab, terdapat fitur chat rahasia dengan pesan, foto, dan video yang dapat hilang dengan sendirinya. Telegram juga menawarkan passcode tambahan.

Dengan demikian Anda perlu memasukkan passcode untuk membuka aplikasinya. Telegram memakai infrastruktur multi-data center serta enkripsi.

Sedangkan WhatsApp mengikuti jejak Telegram dengan menyematkan fitur end-to-end encryption.

Apabila Anda sudah tidak ingin bermain Telegram lagi, maka Anda dapat membuat akun Anda menghilang dengan sendirinya.

Jumlah Anggota Grup

Jumlah anggota di grup Telegram lebih banyak, bisa mencapai hingga 10 ribu orang. Kemudian saat ingin menyampaikan secara broadcast terkait pesan, maka Telegram tidak membatasi jumlah yang bisa Anda kirimi pesan. Sementar itu, jumlah anggota grup WhatsApp hanya terdiri dari 250 orang.

Baca Juga: Cara Mencari Pesan WA Berdasarkan Tanggal, Ini Fiturnya

Jenis dan Besarnya File yang Dikirim

Perbedaan WA dan Telegram selanjutnya adalah jenis serta besarnya file yang dikirim. Dengan Telegram, Anda dapat mengirimkan pesan, foto, video, maupun berbagai macam file. Besarnya file yang dapat Anda kirim mencapai 1,5 GB.

Pesan yang Anda terima bisa tersimpan pada Cloud atau Anda unduh ke ponsel. Sementara WA hanya bisa mengirim file dengan besar maksimal 100 MB.

Penyimpanan

Telegram dapat menyimpan pesan di Cloud. Sementara itu, WhatsApp menyimpan pesan di ponsel. Dengan demikian akan menjadikan memori ponsel cepat habis.

Stiker

Telegram mendukung pencarian gambar gif animasi, aplikasi edit foto, serta tersedia dukungan platform open sticker. Sementara di WhatsApp baru mempunyai sebagian dari fitur tersebut.

Hashtag

Telegram punya fitur hashtag yang menjadikan chat pada grup lebih terstruktur. Sedangkan pada WhatsApp belum punya fitur hashtag.

Bot

WhatsApp tidak punya fitur bot seperti Telegram. Bot merupakan akun yang dijalani oleh aplikasi.

Bot ini bisa melakukan perintah apa aja? Seperti broadcasting, game, serta berbagai aktivitas yang lain.

Baca Juga: Cara Report Akun Telegram dengan Mudah dan Sederhana

Voice call

Di WhatsApp, Anda dapat mengirimkan voice call (pesan suara). Sementara itu, di Telegram Anda belum bisa mengirimkan voice call.

Masing-masing aplikasi perpesanan tersebut tentu memiliki keunggulan terbaiknya. Sekarang ini kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sangat baik serta mampu menjawab kebutuhan penggunanya.

Nah, itu tadi informasi mengenai perbedaan WA dan Telegram. Pakailah keduanya atau pilihlah salah satu aplikasi perpesanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda! (R10/HR-Online)