Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BisnisPotensi Usaha Ternak yang Menjanjikan sebagai Ide Usaha Anda

Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan sebagai Ide Usaha Anda

Potensi usaha ternak yang menjanjikan memang menjadi pilihan. Bahkan sudah banyak yang menjalankan usaha ternak dengan potensi tersendiri. Usaha ternak ini cukup menguntungkan, mengingat bahwa permintaan terhadap hewan ternak juga semakin tinggi.

Hanya saja untuk memulai bisnis seperti ini, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan secara seksama. Karena tujuan dari membangun bisnis adalah untuk mendapat untung, maka Anda juga harus tahu bagaimana langkah awalnya.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Agar Cepat Panen

Potensi Usaha Ternak yang Cocok untuk Menjadi Pilihan Anda

Sebenarnya ada berbagai macam jenis usaha yang bisa membantu Anda untuk menghasilkan pundi-pundi uang secara mudah, seperti peternakan.

Selain keuntungan dalam bentuk uang, maka usaha peternakan seperti ini juga menjamin keuntungan seperti bentuk barang misalnya susu, daging, dan telur.

Selain itu, usaha ternak hewan juga menjadi salah satu bentuk usaha atau bisnis yang sangat menguntungkan dan banyak menghasilkan cuan.

Tidak hanya itu saja, melainkan bisnis seperti ini rupanya juga bisa menggunakan berbagai macam jenis hewan, baik yang bertelur maupun menyusui.

Nah, usaha peternakan seperti ini memang menjanjikan sekali, mengingat banyak orang yang membutuhkan protein hewani yang cukup. Oleh karena itulah, usaha peternakan yang akan memasok kebutuhan-kebutuhan kita sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

Biasanya usaha ternak seperti ini seringkali dijalankan oleh sekelompok orang yang sudah memahami tentang hewan ternak. Namun jika Anda seorang pemula, tak ada salahnya untuk menjajal usaha ini. Lantas apa saja usaha ternak tersebut?

Baca juga: Usaha Ternak Cacing, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Omset 300 Juta Per Bulan

Ternak Sapi

Potensi usaha ternak pertama adalah dengan beternak sapi, mengingat bahwa hewan yang satu ini memang sangat menjanjikan. Sapi juga tergolong hewan yang banyak memberi produk yang bisa dinikmati oleh banyak orang, termasuk Anda sendiri.

Sebut saja seperti susu, daging, organ dalam, tulang, sampai dengan kulitnya yang bisa kita konsumsi dan sebagai bahan pembuat kerajinan.

Tak hanya itu saja, bahkan kotorannya sekalipun juga seringkali dimanfaatkan oleh para petani sebagai pupuk kandang alami.

Bahkan kondisi dan budaya di tanah air sekarang ini juga membuat permintaan akan susu dan daging sapi yang semakin meningkat.

Indonesia sendiri dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam memiliki hari besar yang membuat sapi menjadi incarannya, seperti saat Idul Adha.

Meski demikian, bisnis ternak sapi ini memang membutuhkan banyak modal serta tenaga ekstra dan waktu lama sampai sapi tumbuh dewasa.

Akan tetapi jika Anda jalankan dengan serius, maka usaha ini mampu memberi keuntungan yang sangat besar.

Ternak Ayam

Potensi usaha ternak ayam ini menjadi rekomendasi pilihan kedua Anda jika memang sapi tergolong cukup memberatkan bagi Anda. Pasalnya ternak ayam ini adalah salah satu hewan yang memiliki banyak keuntungan dan menjanjikan di masa depan.

Tidak hanya itu saja, melainkan ayam juga banyak dimanfaatkan, baik itu dari segi telur maupun dagingnya. Sementara itu, ternak ini juga akan terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu ayam potong, ayam petelur, dan ayam kampung.

Khususnya untuk ayam kampung, ini menjadi salah satu daging ayam yang banyak penggemarnya. Hal ini karena daging pada ayam kampung ini jauh lebih enak serta lebih rendah kolesterol daripada lainnya.

Mungkin juga bisa ayam potong yang menjadi favorit bagi banyak orang, sebab harganya pun juga cenderung lebih murah. Sementara itu, untuk usaha ternak ayam petelur sepertinya juga bisa Anda pilih, mengingat kebutuhan akan telur juga semakin meningkat.

Baca juga: Ternak Ayam Potong, Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan

Ternak Bebek

Potensi usaha ternak bebek ini sebenarnya tidak terlalu jauh dengan ternak ayam tadi, baik itu daging maupun telurnya. Nah, dalam beternak bebek maka ada beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan, salah satunya adalah kandang.

Bila Anda ingin beternak bebek petelur, usahakan supaya kandang kondisinya selalu dalam keadaan kering. Selanjutnya usahakan juga kelompokkan bebek berdasarkan ukuran tubuh supaya bebek besar tidak menyakiti bebek kecil lainnya.

Ketika masa panen, maka bebek petelur akan terlihat pada masa panen ketika hewan ternak itu sudah memproduksi telur. Usahakan untuk mengambil telur-telur tersebut dengan hati-hati untuk kemudian Anda jadikan sebagai telur asin atau yang lainnya.

Begitu juga dengan bebek pedaging, maka penyembelihan akan terlihat lebih ideal ketika hewan-hewan itu sudah tumbuh dewasa. Sehingga dengan demikian Anda ke depannya akan langsung mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Beberapa potensi usaha ternak seperti hewan-hewan seperti tadi, memang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Asalkan ada niat dan komitmen tinggi, maka bisnis tersebut akan menguntungkan bagi Anda di masa mendatang. (R10/HR-Online)