Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruPotret Pillar of Creations Terbaru dari Teleskop James Webb

Potret Pillar of Creations Terbaru dari Teleskop James Webb

Potret Pillar of Creations tampak menakjubkan. James Webb berhasil menangkap potret dari Pillar of Creations ini. Terlihat bahwa objek luar angkasa ini memiliki banyak wujud yang memukau.

NASA baru saja merilis hasil tangkapan dari Pillar of Creations yang megah ini. Sebelumnya, Pillar of Creations atau yang juga terkenal sebagai Pilar Penciptaan ini sudah sangat ikonik.

Di dalam benda luar angkasa satu ini terdapat ratusan atau bahkan hingga ribuan bintang. Tidak heran jika Pillar of Creations terlihat bersinar dengan terang dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Baca Juga: Gambar Nebula Tarantula Tangkapan JWST Bawa Fakta Baru!

NASA Bagikan Potret Pillar of Creations Terbaru, Begini Penampakannya!

NASA kembali merilis tangkapan baru salah satu teleskop luar angkasa canggih milik mereka, yaitu James Webb. Teleskop Luar Angkasa James Webb memang menjadi salah satu yang tercanggih saat ini.

Bahkan teknologi pada Teleskop Luar Angkasa James Webb atau JWST ini lebih baik dari Hubble. Berkat teknologi di dalamnya, JWST telah berhasil mengabadikan berbagai kondisi luar angkasa.

Tangkapan terbaru mereka yang NASA bagikan adalah Pillar of Creations atau yang juga terkenal dengan Pilar Penciptaan. Objek ini sangatlah ikonik.

Apa Itu Pillar of Creations?

Untuk Anda yang belum tahu, menurut NASA, Pillar of Creations merupakan sekumpulan bintang yang terbentuk di dalam gas awan dan debut padat.

Ini merupakan wilayah di mana bintang-bintang baru akan terbentuk. NASA mengatakan bahwa pilar tiga dimensi ini terlihat seperti bebatuan yang megah, akan tetapi jauh lebih permeabel.

Pilar satu ini terdiri dari gas dan juga debu antarbintang. Mereka terlihat semi-transparan dalam cahaya inframerah.

Baca Juga: NASA Temukan Planet Surga yang Tertutup Lapisan Air Jernih

Bukan Potret yang Pertama

Ternyata, ini bukanlah potret Pillar of Creations yang pertama. Sebelum ini, NASA sudah membagikan penampakan Pillar of Creations pada tahun 1995.

Pada saat ini Pillar of Creations tertangkap oleh kamera Teleskop Luar Angkasa Hubble. Sekedar informasi, Hubble juga merupakan teleskop luar angkasa canggih yang saat ini digantikan oleh James Webb.

Gambar dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA ini membantu para peneliti untuk mengubah model dari pembentukan bintang dengan mengidentifikasi jumlahnya yang akurat.

Para peneliti dapat mengidentifikasi jumlah bintang baru yang terbentuk serta kuantitas debu dan gas di daerah tersebut.

Saat ini JWST kembali berhasil mengabadikan Pillar of Creations yang legendaris dengan kualitas yang lebih baik dan jelas.

James Webb sendiri memang merupakan program internasional yang NASA pimpin bersama dengan Badan Antariksa Eropa (ESA), serta Badan Antariksa Canada.

Baca Juga: Rasi Bintang Betelgeuse Kembali Bersinar Terang, Ini Kata Para Ahli!

Kini James Webb menjadi teleskop luar angkasa yang berguna sebagai observatorium ilmu luar angkasa yang terkemuka di dunia. NASA menyebut bahwa Webb dapat memecahkan berbagai misteri di Tata Surya ini.

Kini James Webb lagi-lagi membantu penelitian dengan mendapatkan potret Pillar of Creations yang jauh lebih baik dari sebelumnya. (R10/HR-Online)