Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruRumah Kayu Minimalis yang Unik dan Bisa Menjadi Hunian Terbaik

Rumah Kayu Minimalis yang Unik dan Bisa Menjadi Hunian Terbaik

Rumah kayu minimalis memang bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab kehangatan dari rumah kayu seperti ini akan membuat Anda lebih nyaman. Sehingga tak heran pemilik rumah minimalis sering membuat desain dari bahan dasar kayu berkualitas.

Sementara itu mengetahui bagaimana cara untuk membuat rumah kayu sederhana juga penting untuk Anda ketahui. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin membangun rumah dari kayu. Lantas bagaimana desain dan model terbaiknya? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Rumah Kayu Minimalis 2 Lantai, Hunian Ramah Lingkungan

Rumah Kayu Minimalis, Ini Ide Inspirasi yang Bisa Anda Pilih

Sejak zaman dahulu, rumah kayu memang menjadi salah satu hunian yang banyak dimiliki oleh masyarakat luas. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, justru material kayu tergantikan dengan material lain.

Meski demikian ternyata hunian yang terbuat dari kayu juga masih banyak yang menggunakannya sampai sekarang ini. Bahkan sudah ada banyak orang yang menambahkan unsur kayu pada rumahnya untuk menonjolkan kesan lebih natural.

Hal yang menarik lagi bahwa bahan material dari kayu ini lebih fleksibel untuk dikombinasikan dengan bahan bangunan yang lain. Sehingga Anda bisa langsung mewujudkan hunian minimalis tersebut dengan desain unik dari bahan material berupa kayu itu.

Selain hanya menjadi salah satu bahan bangunan yang ramah lingkungan, kayu juga bisa membuat suasana terasa lebih hangat. Ada banyak sekali model atau inspirasi terbaik yang bisa Anda jadikan referensi ketika hendak membangun rumah.

Baca Juga: Rumah Kayu 3 Kamar Tidur dengan Kesan Antik dan Tradisional

Rumah Kayu Open Space

Rumah kayu minimalis open space ini sepertinya bisa menjadi ide inspirasi pertama Anda ketika akan membangun sebuah hunian. Bagaimana tidak, pasalnya desain rumah yang satu ini mampu menampilkan kesan lebih elegan karena terbuat dari kayu.

Nah agar tampilan rumah minimalis Anda semakin menarik, maka pasangkan jendela-jendela yang besar pada beberapa bagian. Tujuannya adalah supaya bisa menciptakan desain rumah yang lebih luas dan terbuka serta banyak cahaya.

Jadi selain hanya untuk membuat sirkulasi udara yang baik, maka sinar matahari bisa menerangi seluruh bagian ruangan. Tak hanya itu saja, melainkan Anda juga bisa menyediakan ruang santai yang tentunya mampu mendukung pemandangan rumah lebih estetik.

Tentunya rumah minimalis konsep ruangan terbuka seperti ini cocok bagi Anda yang suka dengan suasana asri dan sejuk. Terlebih lagi konsep rumah open space seperti ini memiliki ventilasi udara yang baik sehingga suasana sudah jelas akan terasa lebih adem.

Rumah Kayu Ala Eropa

Saat Anda ingin membangun rumah kayu minimalis, sepertinya hunian ala Eropa seperti ini bisa menjadi pilihan selanjutnya. Seperti yang kita tahu, bahwa rumah kayu sebenarnya sangat lekat dengan bangunan rumah ala-ala Eropa.

Bagaimana tidak, pasalnya di negara ini Anda bisa menemukan berbagai macam model rumah kayu yang menarik dan unik. Tidak hanya mampu memberikan kesan yang klasik saja, melainkan rangka kayu bisa berubah menjadi desain yang terlihat mewah.

Apalagi dengan pemilihan warna cat yang sesuai dan benar, maka bisa membuat tampilan eksterior rumah menjadi lebih elegan. Lengkapi pula dengan kaca jendela yang terbingkai dari kayu putih untuk memaksimalkan keindahan dari bangunan ini.

Nah supaya lebih sejuk dan asri, maka Anda bisa menambahkan taman sekitar rumah supaya terlihat lebih fresh. Anda pun juga bisa bersantai duduk di taman tersebut sambil menikmati udara sejuk di pagi atau sore hari.

Baca Juga: Dekorasi Rumah Kayu Kampung dengan Hiasan Alami dan Selaras

Tips Membuat Rumah Kayu

Ketika akan membuat rumah kayu minimalis, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Sebagai langkah awal, maka pilihkan tempat atau lokasi yang cocok untuk membangun hunian kayu.

Jangan membangun rumah kayu di tepi pantai, sebab adanya kandungan air garam dari laut tidak cocok untuk bahan kayu. Jika Anda paksa, maka kayu akan mudah lapuk sehingga berbahaya.

Selanjutnya buatlah desain interior, untuk memudahkannya gunakan jasa arsitek profesional dan handal. Sebab dengan adanya denah ruangan, maka akan memudahkan dalam pemilihan bahan bangunan.

Beli bahan bangunan seperti untuk pembuatan pondasi, bahan untuk tiang hingga bahan-bahan lainnya. Buatlah rancangan anggaran selengkap mungkin guna meminimalisir pembengkakan biaya.

Jika telah melakukan survei tanah, untuk menghitung bahan rumah kayu, maka kontraktor yang akan memudahkan Anda. Artinya gunakan jasa arsitek terbaik untuk memudahkan proses pembangunan.

Sehingga dengan demikian rumah kayu minimalis impian Anda bisa segera terwujud sesuai keinginan. Mudah bukan? (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar