Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita BanjarRumah Terendam Banjir, Puluhan Warga Batulawang Kota Banjar Diungsikan

Rumah Terendam Banjir, Puluhan Warga Batulawang Kota Banjar Diungsikan

harapanrakyat.com,- Puluhan rumah di Dusun Karangsari, RT 9/3, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, terendam banjir akibat luapan sungai Ciseel, Rabu (26/10/2022).

Warga juga tak bisa beraktivitas, karena air banjir masuk ke rumah dengan ketinggian mencapai satu meter lebih.

Salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir, Maan (30) mengatakan, banjir luapan air sungai tersebut mulai memasuki rumah warga sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu warga tengah bersiap untuk melakukan aktivitas.

Saat itu, tiba-tiba luapan air sungai datang dengan cukup deras. Lalu air masuk ke dalam rumah lewat belakang dan lalu masuk ke bagian utama rumah.

“Airnya deras. Tiba-tiba langsung masuk rumah saya. Saya juga kaget langsung pindahin barang-barang,” kata Maan kepada HR Online, Rabu (26/10/2022).

Ia mengaku khawatir jika nanti terjadi hujan deras dan air sungai kembali meluap. Meski rumahnya terendam banjir, namun Maan belum memilih untuk mengungsi. Akan tetapi, untuk barang-barangnya sudah ia amankan.

Baca Juga: Banjir Setinggi 50 Sentimeter Landa Pamokolan Ciamis, Akses Jalan Terganggu

“Sementara masih di rumah. Kalau di rumah saya tingginya cuma 20 centimeter. Paling barang-barang saya amankan biar nggak kena air,” katanya.

Jumlah Rumah Terendam Banjir di Batulawang Kota Banjar

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kusnadi melalui Kasi Darlog, Yudi Andiana mengatakan, terdapat 32 rumah dengan jumlah 40 kepala keluarga terdampak luapan air sungai tersebut.

Ketinggian air luapan sungai yang menggenangi pemukiman warga mencapai satu meter lebih.

“Sebagian rumah warga yang terendam banjir tidak bisa digunakan untuk beraktivitas,” katanya.

Baca Juga: Sungai Ciputerahaji Meluap, Puluhan Rumah di Ciamis Terendam Banjir

Menurutnya, banjir tersebut terjadi karena intensitas hujan yang turun cukup deras, sehingga debit air sungai meluap ke pemukiman warga.

“Air sungai Ciseel meluap karena curah hujan yang turun sejak satu hari yang lalu cukup deras. Sehingga membuat 32 rumah terendam banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, sejauh ini terdapat beberapa warga di antaranya bayi, orang sakit dan lansia yang diungsikan, untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Tadi kami lakukan evakuasi terutama warga yang sakit dan lansia. Kemudian, bekerja sama dengan Puskesmas Pataruman mendirikan posko sementara,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)