Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita CiamisRumah Warga Desa Sukanagara Ciamis Terancam Longsor Akibat Hujan Deras

Rumah Warga Desa Sukanagara Ciamis Terancam Longsor Akibat Hujan Deras

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Rumah warga Desa Sukanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terancam longsor. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, satu pemilik rumah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Hujan deras yang melanda wilayah Desa Sukanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, pada Selasa (04/10/2022) menyebabkan bencana tanah longsor.

Kepala Desa Sukanagara, Syarif Muklis mengatakan, hujan deras yang terjadi menyebabkan bencana longsor di 20 titik. Selain itu, dua rumah milik warga juga terancam.

“Dua rumah warga Desa Sukanagara yang terancam longsor itu milik Dedi Buharyawan dan Aep. Keduanya tinggal di Dusun Sukamaju, RT 06, RW 02,” kata Syarif, Rabu (05/10/2022).

Baca Juga : 5 Titik Longsor dalam Sehari di Ciamis, Warga Terdampak Diimbau Mengungsi

Ia menjelaskan, bencana tanah longsor tersebut mengakibatkan rumah milik Dedi Burhayawan mengalami retak-retak. Sedangkan, rumah milik Aep terancam material longsoran dari rumah Dedi Burhayawan yang berada di atasnya.

Khawatir terjadi longsor susulan, lanjut Syarif, maka untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan, rumah Aep terpaksa dikosongkan. Sementara, Aep dan keluarganya pindah dulu ke tempat yang lebih aman dari bencana.

“Rumah milik Aep sudah kosong. Untuk sementara waktu semua penghuni rumahnya telah kami evakuasi ke rumah saudaranya yang lebih aman. Semoga saja longsor susulan tidak terjadi,” kata Syarif Muklis.

Ia menambahkan, Pemerintah Desa Sukanagara sendiri telah melaporkan bencana longsor tersebut ke tingkat kecamatan. Petugas BPBD Ciamis pun langsung mendatangi dan mengecek setiap titik yang rawan bencana longsor. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)