Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruRumus Hukum Gravitasi Newton Beserta Fungsinya

Rumus Hukum Gravitasi Newton Beserta Fungsinya

Rumus hukum gravitasi Newton merupakan salah satu rumus yang sering kita jumpai. Isaac Newton, merupakan penemu dari hukum gravitasi Newton tersebut. Dalam ilmu Fisika, gaya gravitasi bumi merupakan gaya tarik bumi terhadap benda di atas permukaannya menuju pusat bumi.

Melalui hukum gravitasi ini, Newton telah berhasil mendapatkan jawaban, mengapa benda yang kita lempar ke udara, kemudian jatuh kembali ke tanah.

Selain itu, gaya gravitasi ini juga bisa kita buktikan dengan berbagai cara sederhana. Misalnya saja, menjatuhkan bola dari ketinggian hingga apel jatuh dari pohon. Bahkan, saat malam hari kita bisa melihat meteor jatuh dari langit.

Baca Juga: Gerak Jatuh Bebas: Inilah Definisi, Ciri-Ciri, dan Juga Rumus Hitungnya!

Bunyi dan Rumus Hukum Gravitasi Newton

Setiap masa akan menarik masa yang lain dengan gaya segaris yang menghubungkan kedua inti dari massa tersebut. Terjadinya gaya tarik tersebut berbanding lurus dengan perkalian dari kedua massa.

Akan tetapi, berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua titik massa tersebut. Dari bunyi hukum gravitasi Newton ini, maka bisa kita dapatkan rumus sebagai berikut.

F: G x (m1 x m2)/r2

F: Gaya tarik antara dua benda

G: Konstanta gravitasi umum dengan G = 6,72 x 10-11N.m2.kg-2.

m1 dan m2 adalah massa dari benda.

r: Jarak antara kedua benda

Tidak hanya memberikan kita pemahaman atas penjelasan mengenai rumus hukum gravitasi Newton saja. Hukum gravitasi Newton ini juga memberikan pemahaman terkait medan gravitasi.

Medan gravitasi merupakan daerah sekitar benda tertentu yang masih mendapatkan pengaruh dari gaya gravitasi.

Besaran yang menyatakan medan gravitasi tersebut, juga bisa kita sebut sebagai kuat medan gravitasi, yakni gaya gravitasi pada setiap satuan massa.

Fungsi Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, terutama bagi kelangsungan hidup makhluk Bumi. Terdapat tiga jenis gaya gravitasi yang bisa kita ketahui.

Pertama gaya gravitasi bulan, gravitasi matahari, dan gaya gravitasi bumi. Berikut ini informasi lebih lanjutnya.

Baca juga: Gravitasi di Luar Angkasa Nol? Ini Fakta Mengejutkannya!

1. Gravitasi Bulan

Berdasarkan rumus hukum gaya gravitasi, salah satu fungsinya adalah menimbulkan gravitasi pada bulan.

Bila kita bandingkan dengan matahari, gravitasi bulan lebih kecil. Meskipun begitu, tetap memiliki fungsi yang sangat penting.

Dengan adanya gaya gravitasi bulan, maka akan menyebabkan pasang surut air laut. Hal ini terjadi ketika posisi bulan terletak sangat dekat dengan bumi.

Setelah itu, air laut akan mengalami pasang. Peristiwa ini terjadi karena air laut tertarik oleh gaya gravitasi bulan.

2. Gravitasi Matahari

Berbicara mengenai rumus hukum gaya gravitasi Newton, maka tidak akan pernah lepas dengan gravitasi matahari. Besaran gaya gravitasi yakni 274m/s2.

Bila kita bandingkan dengan gravitasi bulan, gravitasi matahari jauh lebih besar. Terbukti, gaya sebesar ini dapat menarik planet-planet disekitar matahari dan berputar pada porosnya atau berotasi.

Adanya gaya gravitasi matahari, membuat planet-planet tak terkecuali bumi berada pada orbitnya masing-masing. Planet-planet tersebut berputar dengan mengelilingi matahari sesuai dengan orbitnya.

Peristiwa ini lebih sering kita sebut sebagai revolusi. Rotasi dapat menyebabkan perubahan siang dan malam. Sedangkan revolusi menyebabkan perubahan musim.

Baca Juga: Konstanta Gravitasi Bumi, Ini Dia Definisi dan Besarannya!

3. Gravitasi Bumi

Menjadi bagian dari rumus hukum gravitasi Newton, gravitasi bumi ini memiliki gaya gravitasi mencapai 6,67 x 10-11 N.

Fungsi dari gravitasi bumi ini, untuk rotasi maupun revolusi bumi yang dipengaruhi oleh gravitasi matahari maupun bumi.

Dengan adanya gaya gravitasi bumi, dapat menjaga bumi selalu berputar pada porosnya. Selain itu, karena gravitasi bumi, bulan dapat tetap berada pada orbitnya.

Seperti yang kita tahu, bulan merupakan satelit alami yang bumi miliki. Satelit yang sengaja manusia buat, juga dapat mengorbit karena adanya gravitasi bumi.

Semua benda yang ada di bumi, juga bisa berada pada tempatnya. Karena semua benda tersebut memiliki massa.

Kemudian, manusia dapat berjalan maupun berlari dengan baik juga karena gaya gravitasi bumi. Tidak setiap bagian bumi memiliki gaya gravitasi yang sama.

Hal ini terjadi karena bumi memiliki bentuk tidak bulat sempurna tetapi pepat pada kedua kutubnya. Selain itu, rumus hukum gravitasi Newton ini juga bisa kita manfaatkan untuk kepentingan pengetahuan lainnya. (R10/HR-Online)