Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruSetting Aplikasi Android agar Tidak Memperbarui Otomatis

Setting Aplikasi Android agar Tidak Memperbarui Otomatis

Setting aplikasi Android memang penting Anda lakukan. Banyak orang yang melakukan setting aplikasi di HP Androidnya agar tidak update secara otomatis. Tips Android ini bisa membuat ruang pada smartphone Anda bisa menjadi lebih luas.

Seperti yang kita tahu, pengguna smartphone Android pastinya memiliki banyak aplikasi pada ponselnya. Baik aplikasi game, aplikasi belanja online, media sosial, dan lain sebagainya.

Sebab, saat ini banyak aplikasi yang hadir untuk berbagai macam kebutuhan pengguna. Jadi tak heran jika setiap pengguna smartphone memiliki banyak aplikasi dalam ponsel mereka.

Baca Juga: Ciri HP Android Kena Virus Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Cara Setting Aplikasi Android agar Tidak Pembaruan Otomatis

Aplikasi Google Play Store memang memiliki fitur Auto Update. Jadi akan ada pembaharuan yang akan dilakukan secara otomatis ketika ada Aplikasi maupun Game yang mempunyai versi terbaru.

Pembaruan otomatis seperti ini sangat mengganggu kenyamanan para pengguna smartphone Android. Sebab, pembaruan aplikasi yang masuk akan menyebabkan penggunaan baterai HP menjadi semakin boros.

Selain itu, pembaruan aplikasi secara otomatis pada smartphone Android Anda juga bisa menjadikan paket data internet Anda menjadi lebih boros.

Apabila pembaruan aplikasi yang terjadi ukurannya kecil, mungkin ini tidak akan menjadi masalah untuk pengguna. Sebab, kuota internet Anda tidak akan terkuras banyak.

Akan tetapi, apabila pembaruan terjadi pada aplikasi yang memiliki ukuran cukup besar, maka kuota internet akan tersedot lebih banyak. Bahkan, daya baterai dan ruang penyimpanan Anda juga akan menjadi cepat habis.

Maka dari itu, Anda perlu setting aplikasi Android agar tidak melakukan update aplikasi secara otomatis. Dengan begitu, ruang memori internal ponsel Anda tidak akan cepat habis.

Untuk cara setting agar tidak memperbarui secara otomatis, Anda bisa melakukan cara seperti berikut ini:

  1. Pertama, Anda bisa membuka aplikasi Google Play Store pada smartphone Android.
  2. Kemudian, Anda bisa masuk pada bagian menu yang letaknya pada bagian pojok kiri bagian atas. Anda bisa lihat ada ikon yang berupa tiga garis mendatar.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan masuk ke opsi Setelan.
  4. Lalu, di halaman yang terbuka Anda bisa memilih opsi ‘Update aplikasi secara otomatis’

Nantinya Anda akan menjumpai 3 pilihan yang memiliki fungsi sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Bebas Boros!

Melalui Jaringan Apapun

Maksud dengan melalui jaringan apapun yaitu jika ada versi aplikasi terbaru maka aplikasi akan update otomatis.

Ketika Anda terhubung dengan jaringan data seluler maupun WiFi, maka update akan berjalan secara otomatis tanpa menunggu keputusan dari Anda.

Melalui WiFi Saja

Nah, untuk pilihan ini cocok sekali untuk pengguna Android yang ingin berhemat data internet.

Adapun ketika Anda berada di jaringan hotspot atau WiFi, maka aplikasi yang terdapat pada ponsel Anda akan terupdate secara otomatis

Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis

Jika Anda ingin setting aplikasi Android Anda agar tidak update secara otomatis, maka pilihan jangan update aplikasi otomatis inilah yang bisa Anda aktifkan.

Jadi, walaupun smartphone Anda terhubung dengan koneksi data internet maupun WiFi, pembaruan aplikasi secara otomatis tidak akan terjadi.

Baca Juga: Cara Pasang Linux di Android dengan Aplikasi, Simak Tutorialnya!

Cara Mengatur Update Hanya Menggunakan WiFi

Nah, kali ini akan kita ulas tentang bagaimana cara setting aplikasi Android agar update saat terhubung ke jaringan WiFi saja.

Sebab pada umumnya semua aplikasi akan melakukan update otomatis tanpa kita sadari. Nah, hal seperti ini bisa menyedot kuota tanpa kita ketahui.

Aplikasi sistem dari bawaan pabrik pun terkadang juga akan melakukan update sendiri. Akan tetapi, tidak semua smartphone dapat menerapkan pengaturan seperti ini. Semuanya tergantung dengan perangkat yang Anda gunakan.

Adapun untuk setting aplikasi Android agar tidak update otomatis Anda bisa melakukan cara sebagai berikut:

  1. Pertama bukalah pengaturan/setting, selanjutnya Anda bisa pilih pembaruan aplikasi sistem.
  2. Klik pada opsi pengaturan lalu klik pembaruan aplikasi
  3. Pilihlah opsi otomatis perbarui aplikasi ketika terhubung ke WiFi.
  4. Selesai.

Dengan setting aplikasi Android agar tidak update otomatis ini, maka kuota data Anda tidak akan tersedot banyak. Anda pun bisa menjadi lebih berhemat kuota. Namun jika sudah terhubung ke WiFi, biasanya aplikasi smartphone Anda akan langsung melakukan pembaruan. (R10/HR-Online)