Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruSholat Sambil Menangis, Batalkah? Begini Penjelasannya!

Sholat Sambil Menangis, Batalkah? Begini Penjelasannya!

Sholat sambil menangis? Apakah Islam memperbolehkan akan hal tersebut? Pernahkah Anda mengalaminya saat sholat? Jika memang iya, Tahukah Anda apa yang menjadi penyebabnya? 

Nyatanya, masih banyak dari kita yang kesulitan untuk khusyuk ketika melaksanakan sholat.

Lantas, Apakah orang yang menangis saat sholat itu pertanda bahwa sholat nya khusyuk? Atau orang tersebut teringat akan masalah yang dialami?

Apabila, seseorang menangis karena mengingat masalah hidup yang sedang ia alami, maka sholat nya apakah sah? Lalu, seharusnya menangis yang seperti apa yang menjadi pertanda bahwa kita itu khusyuk dalam melaksanakan ibadah wajib tersebut.

Mengenai hukum menangis ketika sedang sholat memang masih menjadi pertanyaan yang mengundang perhatian banyak kaum muslim. Apakah Anda merupakan salah satunya?

Pada kenyataannya terdapat banyak cara untuk seseorang bisa mendapatkan khusyu dalam sholat.

Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan yang mana salah satu caranya adalah dengan menangis.

Kerap kali menangis dalam sholat itu juga sebagai tanda khusyuknya seorang muslim ketika melaksanakan ibadah.

Baca juga: Sholat Dzuhur Hari Jumat, Berikut Penjelasan Mengenai Waktu Terbaiknya

Sholat Sambil Menangis, Bagaimana Hukumnya?

Meskipun menangis itu bisa dikatakan sebagai salah satu tanda seseorang itu khusyuk, Kendati demikian terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. Beberapa Orang beranggapan bahwa menangis itu akan merusak nilai ibadah wajib.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Quran Surat Maryam ayat 58:

Adanya firman Allah yang terdapat dalam Alquran Surat Maryam ayat 58 tersebut juga menjadi hukum dasar.

Bagaimana maksudnya? Dengan demikian itu berarti sholat sambil menangis itu merupakan perbuatan yang boleh untuk kita lakukan. Entah itu yang disebabkan karena perasaan yang sangat kepada Allah serta kekuasaannya ataupun adanya sebab yang lain.

Dalam artian, apa yang terjadi pada kita ketika sedang melaksanakan sholat itu bukanlah sesuatu hal yang kita buat buat dan tidak tertahankan pula. Adanya Firman Allah Surat Maryam ayat 58 tersebut juga berlaku untuk orang yang mengerjakan sholat ataupun jenis ibadah yang lain.

Baca juga: Tata Cara Sholat Bagi yang Sakit, Tunaikan Ibadah Wajib!

Nabi SAW Menangis

Perbedaan tentang sholat sambil menangis dalam hadits riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasa’i yang artinya adalah; Aku melihat Baginda Nabi SAW mengerjakan sholat sembari menangis terisak-isak sekolah dadanya itu juga terdapat bunyi air mendidih dalam ceret. Ternyata Uswatun Hasanah kita juga pernah menangis saat sedang menjalankan ibadah.

Nabi Muhammad SAW menangis ketika Perang Badar dimana tak seorangpun yang menunggang kuda kecuali Miqdad bin Aswad.

Sedangkan pada malam harinya tak ada satu orang pun yang bangun untuk mengerjakan sholat kecuali Nabi SAW. Beliau mengerjakan sholat tepat berada di bawah pohon sambil menangis sampai pagi hari.

Tidak hanya Baginda Nabi SAW yang melaksanakan sholat sambil menangis. Dalam Hadits Riwayat Bukhari menjelaskan bahwa ketika Umar sedang melaksanakan sholat subuh kemudian membaca surat Yusuf ayat 86.

Baca juga: Sholat yang Sia-sia, Berikut Ini Beberapa Golongannya

Tidak Membatalkan

Dengan adanya dalil yang terdapat dalam Al Quran Surat Maryam ayat 58 dan beberapa hadits tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwa sholat sambil menangis itu tidak membatalkan.

Tapi Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah kita buat-buat. Terkadang kita itu menangis dengan tujuan mengungkapkan rasa penyesalan terhadap dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Tak hanya itu, terkadang kita juga menangis karena mengingat ada masalah yang begitu berat. Bagi beberapa orang mungkin beranggapan bahwa menangis itu bukanlah suatu solusi apabila kita sedang menghadapi ujian ataupun masalah.

Namun pada kenyataannya menangis itu juga meringankan perasaan. Ingat, tempat terbaik untuk curhat dan mengadukan kehidupan itu hanya kepada Allah.

Pada intinya hanya kepada Allah lah kita bisa mengutarakan semua isi hati dengan sejujur-jujurnya. Allah itu dekat dan menenangkan. Jadi, ibadah sholat sambil menangis tidak membatalkan dan hukumnya boleh. (Muhafid/R6/HR-Online)