Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisTanah Longsor Terjang Sukamantri Ciamis, 4 Rumah Rusak

Tanah Longsor Terjang Sukamantri Ciamis, 4 Rumah Rusak

harapanrakyat.com,- Bencana tanah longsor menerjang wilayah Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022). Longsor tersebut merusak empat unit rumah milik warga.

Omang, warga Dusun Cimara mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu malam menyebabkan bencana longsor.

“Bencana longsor ini terjadi di tiga titik, yaitu Lingkungan RT 47, RT 49 dan RT 50, Dusun Cimara,” katanya kepada HR Online, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga: Dua Rumah Warga di Ciamis Tertimpa Longsoran TPT

Lanjutnya menambahkan, terjangan tanah longsor tersebut sampai merusak rumah Agus, warga RT 50/16. Pantauan HR Online, rumah tersebut rusak pada bagian dinding yang tertimpa longsoran tebing yang berada di belakang rumahnya.

Selain itu, longsor juga merusak pagar rumah Ilas, warga RT 50/16. “Kemudian, juga merusak pagar milik Tatang dan menjebol bagian depan rumah warga lainnya,” terangnya.

Menurut Omang, wilayah Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri terbilang rawan bencana longsor.

Baca Juga: TPU di Pangandaran Longsor, Belasan Makam Hilang sampai Kain Kafan Menyembul Keluar

Sehingga bila hujan deras terjadi harus selalu waspada. Sebab menurutnya, tidak menutup kemungkinan longsor susulan atau longsor di lokasi lainnya bisa terjadi. 

“Ya, semua harus waspada. Terlebih yang rumahnya berada di bawah atau di atas tebing,” ujarnya.

Atas kejadian tanah longsor yang menerjang wilayah Dusun Cimara tersebut, Pemerintah Desa Cibeureum telah melaporkan ke tingkat kecamatan.

“Sedangkan masyarakat beserta perangkat desa dan unsur lain lainnya, kompak gotong royong membersihkan material tanah di sekitar rumah yang terkena bencana,” pungkas Omang. (Dji/R5/HR-Online/Editor-Adi)