Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita BisnisTernak Ayam Potong yang Menguntungkan, Berikut Ini Caranya!

Ternak Ayam Potong yang Menguntungkan, Berikut Ini Caranya!

Ternak ayam potong memang cukup menjanjikan. Dari sekian banyak jenis ternak unggas, maka ayam potong ini memang peminatnya sangat tinggi. Bagaimana tidak, sebab jenis usaha ternak ayam ini sangat menguntungkan.

Tidak hanya itu saja, melainkan prospek bisnis ini juga tergolong cerah, sebab setiap hari pasti orang akan membeli daging ayam untuk mereka konsumsi. Saking meningkatnya permintaan, maka tak heran jika banyak yang berlomba-lomba untuk beternak ayam pedaging.

Baca Juga: Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan sebagai Ide Usaha Anda

Cara Ternak Ayam Potong yang Menguntungkan

Ayam potong atau broiler memang menjadi pilihan bagi banyak orang karena dagingnya yang enak. Dari sekian banyak jenis ternak unggas, maka ayam potong tetap masih menjadi bisnis yang menjanjikan.

Pasalnya budidaya ternak ayam ini hanya membutuhkan waktu yang singkat saja untuk menghasilkan ayam dengan daging berkualitas. Budidaya ayam potong ini menjadi salah satu usaha ternak unggas yang menguntungkan bagi para peternak.

Usaha ternak ayam potong akan sangat menguntungkan apabila Anda benar-benar memiliki komitmen tinggi dalam melakukannya. Nah, untuk memulai bisnis ini maka salah satu yang paling populer adalah ayam pedaging broiler.

Karena ini adalah ayam ras yang bisa tumbuh lebih cepat, sehingga bisa menghasilkan daging dalam kurun waktu sekitar 5-7 minggu saja.

Mengingat bahwa ayam potong memiliki peran penting, yakni sebagai sumber protein hewani. Lantas bagaimana cara memulai usahanya?

Baca Juga: Bisnis Budidaya Ikan Hias Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan 

Lokasi Kandang

Untuk melakukan ternak ayam potong, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan lokasi kandangnya.

Layaknya ternak hewan lain, sebab kandang menjadi hal paling penting ketika Anda akan melakukan ternak ayam

Nah dalam pembuatan kandang, maka Anda juga harus menentukan lokasi yang sebaiknya jauh dari pemukiman warga. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan AMDAL serta tangani pengolahan limbah sesuai aturan yang ada.

Biasanya untuk jenis ayam seperti ini, Anda bisa menggunakan tipe kandang panggung supaya kotoran tidak berkumpul di dalam kandang. Anda bisa memberikan alas atau wadah untuk tempat kotoran ayam bawah panggung tersebut.

Ini tujuannya adalah supaya memudahkan Anda untuk membersihkan kotor-kotoran ayam tersebut. Jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan bagaimana sirkulasi udara yang cukup untuk ayam potong Anda.

Memilih Bibit yang Bagus

Ternak ayam potong jangan lupa untuk memilih bibit yang kondisinya sehat atau tidak berpenyakit. Biasanya bibit ayam pedaging yang berkualitas memiliki ciri khas seperti suara nyaring, lincang, mata bening, tubuh tegap, hingga kaki tidak pincang.

Pada dasarnya bibit yang gerakannya masih sangat aktif dan tidak mengalami cacat fisik bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, pilih juga bibit yang memiliki tubuh berisi, bulat, serta gemuk namun sehat.

Usahakan pula untuk memilih bibit ayam potong yang memiliki bulu sehat, mengkilap namun tidak terlihat kusam. Selanjutnya pilih juga ayam yang memiliki mata lebih terlihat tahan hidup, bersih, serta daerah sekitar anus tidak kotor.

Untuk bisa mendapatkan bibit ayam yang berkualitas, maka Anda bisa mencarinya di peternakan berskala besar. Pilihlah juga tempat yang terpercaya yang menawarkan harga sesuai dengan ayam-ayam tersebut.

Baca Juga: Budidaya Ayam Kampung, Cek Panduan Lengkapnya di Sini!

Memberi Makan dan Vitamin

Ketika melakukan usaha ternak ayam potong, maka Anda tidak boleh melewatkan makanan untuk bibit-bibit ayam tersebut.

Meski demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan makanan yakni dari segi kandungannya.

Pasalnya nutrisi ayam wajib terpenuhi supaya mereka bisa mendapat pertumbuhan yang sempurna dan maksimal. Sedangkan untuk sistem pemberian pakan ayam ini, makanan harus selalu tersedia terus sehingga Anda harus cek secara rutin ketersediaan pakan dalam kandang.

Bila pakan ayam berkualitas, maka akan membuat perkembangan dan pertumbuhannya semakin baik pula. Namun jangan sampai lupa pula untuk memberikan air minum untuk ayam-ayam potong Anda.

Selain itu, pemberian vitamin atau vaksin pada ayam potong juga sangat penting. Mengingat ayam potong ini nantinya akan dikonsumsi oleh manusia, sehingga kondisinya harus benar-benar sehat.

Maka dari itu, lakukan vaksin secara rutin guna menghindari ayam terkena virus yang memicu kematian pada ayam. Usaha ternak ayam potong akan sangat menguntungkan bila Anda benar-benar selalu merawat dan memberi makan ayam-ayam tersebut. (R10/HR-Online)