Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita PangandaranTertimpa Pohon, Genteng Rumah Warga Pangandaran Hancur

Tertimpa Pohon, Genteng Rumah Warga Pangandaran Hancur

harapanrakyat.com,- Genteng rumah warga di Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, hancur akibat pohon tumbang, Senin (24/10/2022).

Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana mengatakan, pohon tumbang tersebut menimpa rumah milik Hartono, warga Dusun Sindangkasih, Rt 007, RW 14, Desa Banjarharja.

“Tidak ada korban jiwa, hanya saja genteng rumah hancur akibat tertimpa pohon tumbang,” katanya.

Baca Juga: Tanggul Jebol, Ratusan Hektar Sawah di Pangandaran Tenggelam

Nana mengimbau warga waspada terhadap potensi bencana yang bisa saja terjadi. Apalagi warga yang rumahnya tidak jauh dari pohon besar.

“Pohon tersebut rentan tumbang terlebih lagi ada hujan deras dan angin puting beliung, untuk itu warga diharapkan berhati-hati,” kata Nana. 

Nana mengatakan, Tagana mengirim tim untuk mengevakuasi reruntuhan rumah yang tertimpa pohon tersebut.

“Tim yang kami kirim dibekali dengan alat gergaji senso untuk membantu evakuasi dan sekaligus mencatat data kerugian warga yang tertimpa musibah. Selanjutnya kami sampaikan ke Pemkab Pangandaran dan instansi terkait,” jelasnya.

Sementara itu Camat Kalipucang Pangandaran, Bangi membenarkan, kejadian pohon tumbang menimpa rumah warga yang menyebabkan genteng hancur. Ia pun mengingatkan potensi bencana yang bisa saja terjadi akibat hujan deras dan angin kencang.

“Kami minta masyarakat yang ada di daerah pelosok, terutama rumah yang dikelilingi oleh pohon tinggi dan besar agar tetap waspada. Mengingat akhir-akhir ini rentan kejadian bencana alam salah satunya pohon tumbang,” katanya. (Entang/R7/HR-Online/Editor-Ndu)