Sabtu, November 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiTiktok Academy untuk UMKM yang Lebih Maju di Indonesia

Tiktok Academy untuk UMKM yang Lebih Maju di Indonesia

Tiktok Academy untuk UMKM memang cukup menjanjikan. UMKM akan sangat terbantu atas kehadiran Tiktok Academy di Indonesia. Hal itu Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop UMKM) sambut dengan baik.

Tiktok merupakan platform video singkat yang sangat populer. Popularitas dari platform ini melonjak tajam saat pandemi melanda.

Semakin hari pengguna Tiktok terus bertambah. Tidak hanya untuk seru-seruan, nyatanya Tiktok saat ini juga menjadi platform yang sangat menjanjikan untuk para pelaku UMKM.

Mereka memiliki Tiktok Academy yang sangat bermanfaat untuk para kreator di dalamnya.

Baca Juga: Cara Daftar TikTok Affiliate, Dapatkan Cuan Hanya dengan Aplikasi

Sambutan Baik Tiktok Academy untuk UMKM Lebih Maju

Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop UMKM) menyambut baik kehadiran Tiktok Academy di Indonesia. Kehadiran Tiktok Academy ini sedikit banyak membantu pembangunan UMKM yang merupakan kerja sama semua kalangan.

Dra. Dwi Andriani Sulistyowati, M.AB. Asisten Deputi Pengembangan SDM Kemenkop UMKM mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan butuh dukungan kalangan swasta, LSM, media, dan berbagai pihak lainnya untuk mematangkan UMKM.

Hal ini ditanggapi positif perihal kerjasama luar negeri dalam pembangunan UKM. Sebelumnya sejumlah pengusaha Malaysia, UKM Malaysia, dan Tiktok Partner dari negara Jiran tersebut sudah terlebih dahulu mengembangkan pasar UMKM melalui TSP (Tiktok Shopping Partner).

Baca Juga: Cara Top Up Koin TikTok Melalui Aplikasi dan Website Resmi

Memiliki Statistik yang Menjanjikan

Studi yang pernah BangkokPost (2021) lakukan terhadap perkembangan Tiktok di ASEAN mengungkap bahwa layanan konten keuangan mengalami lonjakan hingga 6.780 kali.

Secara total, ada lebih dari 240 juta pengguna Tiktok di ASEAN. Dari jumlah tersebut, sekitar 99,1 atau sama dengan 42% pengguna aktif berada di Indonesia.

Indonesia bahkan menjadi negara dengan pengguna Tiktok terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan total 136,4 juta pengguna. Dari sisi UKM persentase, pengguna platform online di kalangan UMKM masih sedikit.

Kehadiran Tiktok Academy untuk UMKM bisa sangat bermanfaat. Sebab, hingga kini pemanfaatan Tiktok masih didominasi oleh pengusaha besar yang menawarkan produk impor.

Padahal, produk UMKM Indonesia sendiri memiliki kualitas yang tidak kalah dari impor, baik dari segi kualitas maupun penampilannya.

Baca Juga: Cara Mengubah Alamat TikTok Shop Sesuai Tujuan Pemesan

Membantu Mengembangkan UMKM dan Para Pemasar

Pada dasarnya, Tiktok Academy merupakan tempat para kreator yang juga pelaku UMKM belajar memasarkan produk mereka dengan efektif.

Terdapat dua strategi utama yang berkembang, yakni Tiktok Shop Partner atau TSP dan juga Multi Channel Network atau MCN.

TSP merupakan suatu proses kemitraan antara Tiktok dengan para UMKM. Tujuan dari TSP adalah agar para pelaku UMKM dapat berjualan dengan lancar di Tiktok.

Pada intinya, kerjasama ini akan membantu pembinaan para UMKM untuk mulai membuka toko di Tiktok, membuat konten menarik yang mengajak orang untuk membeli.

Sedangkan di sisi lain, MCN akan membantu mengembangkan para talent atau “host” Tiktok yang merupakan para pengguna aktif. Mereka akan membantu memasarkan produk Anda secara efektif. Selain itu penghasilan akan diperoleh lewat sistem komisi.

Relasi yang terjalin antara “host” atau para pengguna aktif Tiktok pada akhirnya membuka lapangan pekerjaan bagi generasi muda. Dengan adanya Tiktok Academy untuk UMKM, maka para pelaku memiliki wadah promosi yang lebih besar. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar