Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Merawat HP Android supaya Awet dan Tahan Lama, Simak!

Tips Merawat HP Android supaya Awet dan Tahan Lama, Simak!

Tips merawat HP Android supaya awet penting Anda lakukan. Supaya HP Android tetap awet, memang perlu tips khusus untuk merawatnya. Dengan begitu, smartphone Android Anda tidak akan mudah rusak seiring dengan lamanya pemakaian.

Smartphone Android merupakan salah satu perlengkapan yang hampir setiap orang memilikinya. Sebab, berbagai macam aktivitas saat ini membutuhkan ponsel Android untuk mendukung kelancarannya. Mulai dari kebutuhan pendidikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki eMMC Android yang Rusak Tanpa Ribet

Tips Merawat HP Android supaya Awet, Wajib Coba!

Seiring lamanya penggunaan smartphone, biasanya smartphone Android akan mengalami penurunan dalam hal performanya. Baik itu dari daya baterainya hingga fungsi pada fitur-fiturnya.

Meskipun demikian, Anda harus bisa menjaga supaya HP Android Anda bisa tetap awet dan tidak mudah rusak meskipun sudah lama digunakan.

Berikut ini tips merawat HP Android supaya awet dan tidak mudah rusak yang perlu Anda terapkan.

Gunakan Charger Original

Cara merawat HP Android pertama yaitu pastikan Anda mengecas menggunakan charger yang original. Perlu Anda tahu, jika Anda mengecas HP menggunakan charger yang tidak sesuai standar kualitas HP, maka HP Anda akan menjadi cepat panas.

HP yang panas tentunya juga akan mudah mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan pengecasan dengan menggunakan charger yang asli.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan power bank yang terlalu sering. Sebab, hal tersebut akan membuat HP kita menjadi cepat rusak.

Fungsi power bank sebenarnya hanya sebagai alat charger HP Anda pada saat sedang dalam situasi urgent. Jadi, sebaiknya Anda menggunakannya saat urgent sebagai tips merawat HP Android supaya awet.

Baca Juga: Tips Mengisi Baterai HP dengan Cepat, Mudah dan Tidak Ribet

Jangan Sampai Mengecas Baterai  Saat Sudah 0%

Saat mengoperasikan smartphone, jangan membiarkan daya baterai Anda habis hingga 0% lalu mengisinya. Kebiasaan seperti ini tidak baik untuk kesehatan HP Android Anda.

Perlu Anda ketahui, mengisi daya baterai HP ketika baterai 0% dapat menjadikan daya baterainya menjadi rusak.

Sebab, pada saat Anda mengisi daya baterai pada angka  0% tegangannya bisa menjadi bertambah lebih banyak. Dengan begitu, baterai bisa menjadi lebih tertekan.

Idealnya, baterai HP berada pada kapasitas 30-80% supaya tetap memiliki kinerja yang baik. Dengan begitu, pada saat baterai HP Anda sudah ada pada angka 30% segeralah mengisi dayanya.

Berikan Proteksi atau Perlindungan

Tips merawat HP Android supaya awet selanjutnya yaitu dengan memberikan proteksi. Jika Anda memiliki HP Android, maka sebaiknya Anda memberikan proteksi dengan aksesoris ponsel berupa screen guard.

Proteksi ini mudah sekali Anda jumpai di pasaran, baik online maupun offline. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan screen guard pada HP Android Anda agar layar HP Anda bisa terlindung dari goresan.

Selain anti gores, sebaiknya Anda juga memberikan perlindungan berupa anti crack. Proteksi ini mampu melindungi ponsel Anda dari benturan.

Selain itu, ponsel Anda juga bisa terlindungi pada saat terkena cipratan air, sebab tidak akan mengenai body ponsel.

Install Aplikasinya Seperlunya

Saat ini memang banyak sekali aplikasi menarik yang bisa Anda pasang pada smartphone Android Anda. Maka dari itu, tak heran jika banyak pengguna yang memasang berbagai macam aplikasi pada HP Androidnya.

Apabila aplikasi tersebut kurang bermanfaat, sebaiknya Anda uninstall saja supaya tidak membuang ruang penyimpanan pada Android Anda.

Dengan demikian, Android Anda tidak akan lemot dan dapat pengguna pakai dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Update GPU Android, Optimalkan Kualitas Grafis

Bersihkan Cache

Cache atau file temporary yang muncul dari browser atau aplikasi HP Anda sebenarnya memiliki fungsi tertentu. Antara lain untuk mengingat perintah yang Anda lakukan pada HP Anda.

Akan tetapi, jika HP Android menyimpan banyak cache, maka akan memakan banyak memori HP Android Anda.

Maka dari itu, supaya memori Android Anda tidak penuh sebaiknya Anda menghapus atau membersihkan cache yang terdapat pada browser atau aplikasi yang Anda gunakan.

Dengan melakukan pembersihan cache aplikasi dan browser, maka bisa meminimalisir crash saat menjalani aplikasi dengan HP Android Anda.

Cek cache setiap aplikasi dan bersihkan secara rutin agar ruang penyimpanan HP Android Anda menjadi lebih longgar.

Dengan menerapkan berbagai macam tips merawat HP Android supaya awet ini, maka HP Android Anda akan tidak mudah rusak seiring lamanya pemakaian. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar