Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruToyota Land Cruiser FJ55, SUV Pertama Toyota yang Masih Eksis!

Toyota Land Cruiser FJ55, SUV Pertama Toyota yang Masih Eksis!

Toyota Land Cruiser FJ55 memiliki sejarah panjang. Land Cruiser FJ55 sebagai SUV legendaris Toyota kini mencapai anniversary mereka. Meski merupakan seri yang hadir sejak lama, namun spesifikasi mobil ini telah mengalami perubahan.

Tahun 2022 ini merupakan anniversary ke-70 tahun untuk Land Cruiser FJ55. Hal itu membuatnya menjadi salah satu mobil legendaris di Indonesia.

Apabila menilik sejarahnya, Land Cruiser FJ55 ini merupakan SUV pertama dari Toyota. Model terbaru Land Cruiser FJ55 sudah mengalami banyak ubahan, lebih canggih dan bertenaga.

Baca Juga: All New Toyota Vios Akirnya Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?

Sejarah Toyota Land Cruiser FJ55

Land Cruiser FJ55 adalah mobil SUV yang memiliki sejarah panjang. Jika kita menoleh ke belakang, mobil ini menjadi model SUV pertama yang Toyota rilis.

Sebelum memiliki nama Land Cruiser, terlebih dahulu Toyota menamakan SUV satu ini dengan Jeep BJ. Versi awal Jeep BJ memiliki bentuk yang mengotak.

Kemudian Land Cruiser ini mulai berubah bentuk, yakni seperti SUV umumnya setelah keluar generasi FJ55. Jeep BJ sendiri sebenarnya hadir untuk keperluan militer Jepang.

Pada saat itu Jeep BJ bermesin tipe B berkapasitas 3.4 L yang mampu menghasilkan daya 84 hp juga torsi 25 Nm. Pada tahun 1954, Jeep BJ mulai mengemban nama Land Cruiser.

Pembuatan Land Cruiser generasi pertama menggunakan varian mesin baru tipe F. Pada tahun 1955, generasi yang kedua Land Cruiser meluncur dengan nama J20. Kemudian untuk desainnya dengan masyarakat umum, menjadi jauh lebih “bersahabat”.

Awalnya FJ55 hanya akan beredar di pasar Amerika Utara dan Australia. Tetapi, dalam prosesnya mobil ini berkembang pesat dan tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga: Toyota AYGO X 2022 Jadi City Car yang Siap Diajak Berpetualang

Spesifikasi Land Cruiser FJ55

Mobil SUV Toyota Land Cruiser FJ55 ini memiliki panjang 4.675 mm dengan lebar 1.735 mm, serta tingginya yang mencapai 1.865 mm.

Land Cruiser FJ55 menggunakan sistem terrain yang sebelumnya sudah ada pada FJ45. Untuk mesinnya berupa tipe F legendaris dengan kapasitas 3.878 cc, 6 silinder segaris, dan sistem bahan bakar karburator.

Kemudian pada tahun 1975, mesin tersebut berganti menjadi 3F berkapasitas 4.230 cc 6 silinder segaris seperti pada FJ56V. Daya mesin juga ikut meningkat menjadi 135 hp.

Tapi, torsi dari mobil ini justru berkurang menjadi 271 Nm dengan transmisi yang menggunakan manual 4 percepatan.

Pada Land Cruiser modern saat ini sudah menggunakan mesin bensin V6 3.500 cc V35A-FTS dan juga diesel V6 3.300 F33A-FTV. Keduanya menggunakan satu opsi transmisi Direct Shift-10 AT.

Baca Juga: Toyota C-HR Hybrid dengan Fitur TTS Siap Rilis Tahun Depan?

Harga Land Cruiser FJ55

SUV Land Cruiser FJ55 sudah berhenti produksi sejak beberapa tahun lalu. Namun memang series Land Cruiser ini masih terus berlanjut hingga saat ini.

Untuk Land Cruiser generasi terbaru, harganya mulai dari RP 600 juta hingga Rp 2 miliar. Itu tergantung dengan tipe yang Anda pilih.

Sedangkan untuk Toyota Land Cruiser FJ55 hanya bisa Anda dapatkan versi bekasnya dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 150 jutaan bahkan hingga lebih dari Rp 300 juta. (R10/HR-Online)