Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita CiamisTA 2022/2023, Universitas Galuh Mewisuda 1712 Mahasiswa 

TA 2022/2023, Universitas Galuh Mewisuda 1712 Mahasiswa 

Sebanyak 1712 orang mahasiswa mengikuti prosesi wisuda ke 36 tahun 2022 di Universitas Galuh (Unigal), 29 dan 31 Oktober 2022.

Pada prosesi wisuda tahun ini, 1712 lulusan berasal dari Program Diploma (D3), Program Sarjana (S1), Program Magister (S2) dan Program Pendidikan Profesi. 

Rinciannya, Program D3 sebanyak 6 orang, Program S1 sebanyak 1426 orang, Program Magister (S2) sebanyak 186 orang dan Program Pendidikan Profesi Ners sebanyak 94 orang. 

Rektor Universita Galuh, Dr. Dadi, M.Si, mengatakan, hari ini merupakan hari yang sangat istimewa bagi para wisudawan dan keluarga wisudawan.

“Karena dapat mengikuti prosesi penting dari pencapaian suatu jenjang akademik di Perguruan Tinggi,” katanya.

Untuk itu, Dadi atas nama Pimpinan dan Keluarga Besar Universitas Galuh, mengucapkan selamat kepada para wisudawan. 

Menurut Dadi, para wisudawan telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di kampus. 

Pencapaian tersebut adalah bukti kerja keras dan dedikasi yang tentu tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak, terutama orangtua atau keluarga dan orang-orang tercinta. 

Kepada para orang tua, wali, dan keluarga wisudawan, Dadi mengucapkan selamat atas keberhasilan putra putri, suami atau istri wisudawan.

“Dengan gelar akademis dan kompetensi, kami mengharapkan lulusan Unigal dapat terus berkarya, memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” katanya.

Universitas Galuh Fasilitasi Program MKBM

Pada kesempatan ini, Dadi juga menyampaikan bahwa layanan akademik di Unigal difasilitasi berbagai program yang menjamin kualitas proses pendidikan.

Hal itu mengacu pada visi ‘unggul dan berwawasan global’ dan semangat merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Dari 8 Program MBKM, Universitas Galuh melaksanakan 6 Program MBKM, yakni Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Program Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan,.

Kemudian Program Kewirausahaan, Program Bina Desa atau KKN Tematik, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

“Baik yang diselenggarakan oleh Kemdikbud-Ristek maupun yang diselenggarakan secara internal oleh Universitas Galuh,” katanya.

Hal tersebut, kata Dadi, merupakan komitmen Unigal untuk mengimplementasikan kebijakan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Berdasarkan hasil penelusuran dan testimoni dari berbagai mitra MBKM Universitas Galuh, program MBKM memberikan dampak positif, baik bagi mitra maupun bagi mahasiswa sendiri.

Program MBKM Terfavorit

Salah satu program MBKM yang paling banyak mahaiswa minati adalah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, baik Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri maupun Luar Negeri.

Pada semester ganjil TA.2021/2022, Unigal telah menerima sebanyak 22 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Dalam Negeri di luar Pulau Jawa untuk kuliah selama 1 semester di Universitas Galuh.

Kemudian, mengirimkan sebanyak 21 mahasiswa Unigal untuk kuliah selama semester ganjil TA.2021/2022 di berbagai Perguruan Tinggi Dalam Negeri di luar Pulau Jawa. 

Sedangkan mahasiswa yang mendapatkan kesempatan kuliah pada semester ganjil TA.2021/2022 di luar negeri sebanyak 5 orang, yaitu di STI West Negros University of Philippines. 

Sementara itu, pada semester genap TA 2021/2022, Universitas Galuh menerima sebanyak 40 mahasiswa dari Poltek Triguna Tasikmalaya untuk kuliah selama 1 semester di Universitas Galuh.

Kemudian, mengirimkan 6 mahasiswa Universitas Galuh untuk kuliah di STI West Negros University of Philippines selama 1 semester.

Dan menerima sebanyak 9 orang mahasiswa dari STI West Negros University of Philippines untuk kuliah selama 1 semester di Unigal. 

“Pada semester ganjil TA 2022/2023 ini, Unigal mengirimkan sebanyak 27 orang mahasiswa untuk belajar 1 semester di berbagai Perguruan Tinggi Dalam Negeri di Luar Pulau Jawa,” katanya. 

Program PPG dan Program PPN

Universitas Galuh telah melaksanakan berbagai program pada berbagai jenjang pendidikan, baik program pascasarjana, sarjana, dan diploma.

Saat ini juga, Unigal telah membuka Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Program Pendidikan Profesi Ners (PPN) dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami telah melakukan berbagai improvisasi peningkatan kualitas kinerja akademik melalui pembelajaran yang bermutu, dengan memperhatikan kualitas lulusan yang adaptif terhadap berbagai perubahan,” kata Dadi.

Salah satu upayanya adalah menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga dalam kegiatan TRI DHARMA Perguruan Tinggi.

Mitra Luar Negeri Universitas Galuh

Dadi juga menyampaikan daftar mitra luar negeri yang telah bekerjasama dengan Universitas Galuh dalam berbagai bidang, terutama dalam pelaksanaan TRI DHARMA Perguruan Tinggi. 

  1. Huachiew Chalermprakiet University of Thailand 
  2. Burapha University of Thailand 
  3. Ghent University of Belgium 
  4. Interuniversity Cooperation, Beijing College of International Education, Capital Normal University of China 
  5. Universiti Kebangsaan Malaysia 
  6. Hikari International Indonesia of Japan 
  7. Hamad bin Khalifa University of Qatar 
  8. Association Arab Universities of Jordania 
  9. Shandong (Zhangqik) Online Education Institution of China 
  10. STI West Negros University of Philippines 
  11. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia 
  12. Fatoni University of Thailand 
  13. Tham Wittaya Foundation School Yala of Thailand