Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TasikmalayaUpacara Sumpah Pemuda di Tasikmalaya Digelar di Tengah Situ Sanghyang

Upacara Sumpah Pemuda di Tasikmalaya Digelar di Tengah Situ Sanghyang

harapanrakyat.com,- Upacara Sumpah Pemuda di Tasikmalaya dilakukan di tengah Situ Sanghyang, Jumat (28/10/2022). Para peserta upacara berdiri di atas rakit bambu.

Peserta upacara terdiri dari para pemuda Tanjungjaya, Polisi, TNI dan perangkat Pemerintahan Kecamatan hingga desa se-Kecamatan Tanjungjaya.

Untuk sampai ke tengah Situ Sanghyang mereka menaiki rakit bambu. Ada empat rakit yang mereka gunakan sebagai pijakan saat menggelar upacara. Bendera merah putih pun berkibar di tengah Situ Sanghyang.

“Kami melakukan upacara peringatan Sumpah Pemuda di tengah Situ Sanghyang menggunakan rakit. Memang hal ini tak biasa. Namun biar ada sedikit tantangan saja,” kata Adriana Nugaraha, salah seorang pemuda Tanjungjaya.

Baca Juga: Pelaku Perdagangan Manusia di Tasikmalaya Jual Korban Rp 75 Ribu

Sementara itu, Plt. Camat Tanjungjaya, Usep Gunawan mengatakan, pihaknya bersama para pemuda melaksanakan upacara Sumpah Pemuda dengan lokasi mengambil tengah Situ Sanghyang.

“Upacara berlangsung khidmat. Ini untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan menumbuhkan semangat kepemudaan, Selain itu, juga agar mendongkrak potensi pariwisata Situ Sanghyang yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid 19,” terang Usep.

Inspektur upacara, Kapolsek Tanjung Jaya Ipda. Jajat Jatnika mengaku memiliki pengalaman yang berbeda ketika upacara di tengah Situ Sanghyang.

“Sangat berbeda dan pengalaman baru upacara di tengah situ, Semangat jiwa nasionalisme dan cinta tanah air semoga tertanam dalam benak pemuda bangsa,” tandasnya. (Apip/R3/HR-Online/Editor-Eva)

Diskominfo Kota Banjar