Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita BisnisUsaha Ternak yang Menjanjikan, Modal Kecil dengan Masa Panen Cepat

Usaha Ternak yang Menjanjikan, Modal Kecil dengan Masa Panen Cepat

Usaha ternak yang menjanjikan di masa mendatang banyak pilihannya. Ya, sektor ternak masih jadi ladang yang menjanjikan untuk mengembangkan usaha. Bisnis ternak hewan merupakan salah satu peluang usaha yang potensial.

Terlebih lagi, ada berbagai jenis hewan yang dapat Anda jadikan sebagai binatang ternak. Mulai dari kambing, ayam, sapi, sampai berbagai jenis ikan maupun burung, Hewan-hewan tersebut bisa Anda jadikan sebagai binatang ternak atau dilakukan budidaya.

Bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat, namun binatang ternak juga memberikan keuntungan lain. Mulai dari telur, susu, bahkan bulunya. Selain hanya butuh modal kecil, bisnis ternak juga terbilang cukup mudah.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Gurame yang Baik dan Benar, Bisa Raih Cuan Banyak

Usaha Ternak yang Menjanjikan dan Menguntungkan, Paling Cepat Panen

Peluang bisnis ternak masih terbuka luas. Sebab, kebutuhan terhadap konsumsi protein hewani kian bertambah sejalan dengan peningkatan penduduk serta kesadaran akan pentingnya mengonsumsi protein.

Namun, banyak yang memandang sebelah mata bisnis peternakan binatang ini, terlebih masyarakat Indonesia. Sebab, usaha satu ini identik dengan bekerja ditempat yang tidak higienis dan kotor. 

Mayoritas orang lebih memilih untuk duduk seharian di dalam ruang ber-AC yang nyaman. Padahal, budidaya binatang ternak dapat menjadi peluang usaha dengan keuntungan besar. 

Dengan tingkat kompetisi yang tidak sekeras persaingan di pasar, potensi untuk meraih keuntungan tentu sangat besar. Anda mungkin juga tidak menyadari apabila ternak adalah salah satu sektor bisnis yang cukup relevan untuk tahun-tahun ini maupun yang akan datang.

Lantas, apakah hanya ayam saja hewan yang jadi opsi bisnis pada bidang peternakan? Tentu saja tidak. Sebab, terdapat pilihan bisnis ternak paling menguntungkan dengan masa panen cepat.

Ternak Ayam

Usaha ternak yang menjanjikan dengan masa panen cepat yang pertama adalah ternak ayam. Ternak ayam memang terbilang salah satu peternakan yang sangat menguntungkan.

Baik petelur maupun daging ayam, semuanya dapat diolah untuk Anda jadikan beberapa menu. Hal ini menjadikan ayam banyak peminatnya.

Terlebih saat mendekati bulan puasa serta lebaran. Akan ada begitu banyak pembeli ayam ini. Bahkan kerap Anda lihat satu orang dapat membeli lebih dari 2 ekor ayam.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Gabus, Usaha Budidaya yang Makin Diminati

Burung Puyuh

Burung puyuh mampu bertelur di usia 35 hari dan produktif di umur 40 sampai 50 hari.

Meskipun harga jualnya lebih rendah daripada telur pada umumnya, namun keuntungan yang Anda dapatkan juga cukup menggiurkan.

Kelemahan budidaya burung puyuh ini yaitu mudah stress. Sehingga, Anda mesti menjauhkan kandang dari kerumunan serta pemukiman penduduk.

Ternak Kelinci

Selain dapat Anda pelihara, kelinci juga banyak peminatnya lantaran punya daging yang lezat. Meskipun harga kelinci konsumsi lebih murah daripada kelinci hias, namun paling tidak binatang satu ini punya harga lebih tinggi dari hewan ternak yang lain.

Ternak Ulat Hongkong

Usaha ternak yang menjanjikan selanjutnya adalah bisnis ulat hongkong. Pasalnya, bisnis satu ini punya permintaan cukup tinggi di pasaran. 

Mengandung kira-kira 62% protein, binatang ini kerap jadi alternatif pakan bagi peternak udang windu, burung arwana, bahkan landak mini. Anda juga dapat memulai usaha ini meskipun hanya punya tempat terbatas.

Ternak Kroto

Kroto alias telur semut rangrang merupakan binatang kecil yang punya kandungan protein serta gizi yang bagus untuk bibit ikan maupun burung kicau. Binatang satu ini kerap dijadikan sebagai pakan oleh para pecinta burung.

Sebab, kandungan di dalam kroto dapat meningkatkan kualitas kicauan. Dengan begitu banyaknya orang yang masih menekuni hobi memelihara burung kicau, pastinya kesempatan besar merintis bisnis ternak kroto ini.

Terlebih ternak kroto tak perlu lahan yang besar untuk menjalankannya. Modal yang Anda butuhkan juga tidak besar.

Baca Juga: Ternak Ayam Potong yang Menguntungkan, Berikut Ini Caranya!

Ternak Bebek

Selain ayam, bebek juga termasuk jenis hewan ternak yang cepat tumbuh. Bebek juga merupakan jenis unggas yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan. 

Mulai dari telur, daging, bahkan bulu bebek pun punya harga jual. Apabila Anda menekuni usaha ini, kemungkinan besar suatu saat Anda jadi petani sukses.

Terdapat banyak jenis bebek yang dapat Anda pelihara. Seperti bebek potong, bebek petelur, serta bebek peliharaan. 

Pada dasarnya, pilihan usaha ternak yang menjanjikan dan cepat panen banyak jenisnya. Tetapi, secepat apa saja bisnis ternak yang Anda mau, semua tidak ada hasilnya tanpa kerja keras serta niat yang sungguh-sungguh. Sehingga, pelajari benar-benar apa saja yang jadi keperluan maupun kebutuhan usaha ternak paling cepat panen dan juga potensial. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar