Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita BanjarWarga Terdampak Banjir di Kota Banjar Sudah Kembali ke Permukiman 

Warga Terdampak Banjir di Kota Banjar Sudah Kembali ke Permukiman 

harapanrakyat.com,- Warga terdampak banjir di Kota Banjar, Jawa Barat, yang sebelumnya mengungsi sudah kembali ke permukiman atau rumahnya masing-masing, Kamis (27/10/2022).

Sebelumnya, sebanyak 22 warga mengungsi karena rumahnya terendam banjir, akibat luapan air sungai Ciseel dan Citapen pada Rabu (26/10/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kusnadi mengatakan, kondisi banjir sudah mulai surut. Sehingga, 22 warga sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Rumah Terendam Banjir, Puluhan Warga Batulawang Kota Banjar Diungsikan

Selain itu, sungai Ciseel yang sebelumnya meluap ke pemukiman penduduk di Dusun Karangsari, Batulawang, dan Sungai Citapen di wilayah Purwaharja, debit airnya juga sudah mulai menurun.

Sehingga, kondisinya sudah memungkinkan untuk warga terdampak banjir kembali ke rumahnya masing-masing. Meski ia mengimbau agar warga terdampak banjir dan lainnya harus tetap waspada, karena sekarang ini masih dalam situasi musim penghujan.

“Dari pemantauan di lapangan, kondisi banjir dan debit air sungai sudah surut,” kata Kusnadi kepada HR Online, Kamis (27/10/22).

Baca Juga: Polisi dan BPBD Evakuasi Bayi dan Lansia Korban Banjir di Kota Banjar

Sementara terkait solusi antisipasi terjadinya luapan air sungai Ciseel tersebut, menurutnya memang cukup sulit. Pasalnya, lokasi pemukiman penduduk berada di wilayah bantaran sungai.

Akan tetapi, luapan air Sungai Citapen di wilayah Purwaharja masih bisa diupayakan. Yaitu, dengan cara membuat sodetan baru, agar air tidak semua masuk ke Sungai Citapen.

Baca Juga: 22 Warga Mengungsi Akibat Banjir, BPBD Kota Banjar Sebut Tak Ada Korban Jiwa

“Namun untuk pembuatan sodetan tersebut harus ada koordinasi dengan pihak BBWS Citanduy,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai antisipasi, Kusnadi meminta kepada masyarakat dan semua pihak, agar lebih waspada. Karena, saat ini masih dalam situasi musim penghujan yang turun cukup tinggi.

“Antisipasi kami mengingatkan agar lebih waspada dan tetap siaga,” ucapnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)

Diskominfo Kota Banjar